10 Jenis Durian Asli Tanah Air yang Bikin Indonesia Jadi ‘Rajanya Duren’

oleh Diah
11:12 AM on Feb 25, 2016

Walaupun ada yang tidak suka akan baunya, namun tidak sedikit yang menyukainya. Bahkan tergila-gila dengan rasa manis yang dihasilkan oleh buah dengan ciri khas kulit berduri ini. Durian adalah jenis buah yang sangat banyak peminatnya di Tanah Air.

Mungkin Anda mengira bahwa durian tidak memiliki banyak jenis atau hanya ada satu jenis, yaitu yang banyak dijual di pasaran saja. Ternyata, jenis dari buah durian ini lumayan banyak, lho. Bahkan Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki ragam durian terbanyak. Berikut ini adalah jenis-jenis durian yang asli dari Indonesia.

Baca Juga
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi
Cantiknya Istri 6 Pemimpin Daerah di Tanah Air Ini Dijamin Bikin Kamu Terpesona dan Ngiri

1. Durian Mimang

Durian Mimang adalah buah yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Durian ini memiliki ciri khas kulitnya yang terkesan kempes.

Durian Minang [image source]
Durian Minang [image source]
Jika Anda membukanya, maka akan mendapati buah durian yang memiliki ketebalan sekitar 2-3 centimeter dari bijinya. Selain itu, buah dari Durian Mimang yang sangat manis dan legit ini pernah menyabet juara 2 di kontes durian se-Asia Tenggara.

2. Durian Candimulyo

Durian Candimulyo atau yang dikenal dengan nama lain Durian Candy ini adalah jenis durian yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Ciri khasnya adalah ukurannya lumayan besar dan biji di dalam buahnya kecil. Suatu hal yang tidak seimbang bukan?

Durian Candimulyo [image source]
Durian Candimulyo [image source]
Untuk buahnya, rasa dari buah Durian Candimulyo ini adalah percampuran antara manis dan sedikit pahit atau getir. Jadi ketika Anda memakannya, jangan terlalu berharap akan mendapatkan rasa manis di seluruh buah yang juga berukuran besar ini.

3. Durian Matahari

Durian yang berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat ini merupakan buah durian yang memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau kecoklatan dengan ketebalan sekitar 0,5-1 cm. Durinya besar-besar, runcing, jarang dan sedikit bengkok.

Durian Matahari [image source]
Durian Matahari [image source]
Buahnya tebal, kering, berlemak, manis dengan tekstur halus dan aromanya cukup tajam. Sayangnya, buah durian jenis ini tidak tahan terhadap serangan hama penggerek dan juga penyakit busuk akar.

4. Durian Montong

Durian satu ini adalah jenis durian yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan untuk satu biji dengan balutan daging di atasnya saja, dijual dengan harga yang cukup mahal jika dikurskan dalam Rupiah. Buah asli Kalimantan ini memiliki ciri khas dagingnya yang cukup besar dengan rasa manis dan juga beraroma harum ketika dibuka.

Durian Montong [image source]
Durian Montong [image source]
Selain itu, ciri khas lainnya adalah bentuknya tidak bulat penuh, melainkan sedikit lonjong dengan tidak beraturan. Jika sudah siap petik, Durian Montong dapat memiliki berat kurang lebih 13 kilogram.

5. Durian Petruk

Dapat dikatakan bahwa Durian Petruk adalah gabungan antara Durian Montong dengan Durian Candimulyo, karena bentuknya yang lonjong dan rasanya yang setengah manis dan pahit jika dirasakan. Durian yang memiliki nama latin Durio Zybethinus Kultivar Petruk juga memiliki aroma yang tajam seperti Durian Montong.

Durian Petruk [image source]
Durian Petruk [image source]
Buah durian asli Jepara, Jawa Tengah, ini merupakan salah satu durian bibit unggul yang banyak digemari para petani durian. Hal ini karena daging buahnya tidak lembek dan tebal, serta bijinya kecil.

6. Durian Bawor

Jika Anda ingin membeli Durian Montong, maka harus mengetahui benar-benar ciri khasnya. Karena Anda dapat salah membeli di penjual yang mengatakan bahwa durian yang dijualnya adalah Durian Montong. Hal ini dikarenakan ada satu jenis durian yang memiliki kemiripan dengan Durian Montong Kalimantan, yaitu Durian Bawor yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur.

Durian Bawor [image source]
Durian Bawor [image source]
Durian satu ini memiliki ciri khas hampir sama dengan Durian Montong Kalimantan, yaitu buahnya manis dan tebal serta bijinya yang relatif kecil. Durian Bawor sendiri juga memiliki 2 jenis lainnya, yaitu Durian Bhinneka Bawor yang merupakan hasil silangan dan Durian Bawor Berkaki Empat.

7. Durian Ajimah

Durian Ajimah ini juga dikenal dengan nama Durian Bung Karno atau Durian Sukarno. Hal ini disebabkan jenis satu ini sangat digemari oleh presiden pertama Indonesia tersebut. Durian yang berasal dari Ciomas, Bogor, ini memiliki ciri khas berduri besar dan jarang, serta kulitnya tipis berwarna hijau agak abu-abu.

Durian Ajimah [image source]
Durian Ajimah [image source]
Daging di dalamnya berwarna kuning muda dan terkesan kering, serta memiliki tekstur berserat. Walaupun didominasi warna manis, namun ada sedikit pahit yang akan terasa di lidah ketika Anda memakannya.

8. Durian Bokor

Jenis durian satu ini berasal dari Sukahaji, Majalengka, Jawa Barat. Durian Bokor memang tahan terhadap serangan penyakit busuk akar, namun tidak kuat akan serangan hama pengerek. Ciri khas dari Durian Bokor adalah memiliki bentuk bulat panjang berwarna hijau sedikit kekuningan dan duri berbentuk kerucut besar dan jarang.

Durian Bokor [image source]
Durian Bokor [image source]
Dagingnya memiliki ketebalan sedang dan berwarna kuning, serta mempunyai tekstur halus atau tidak berserat. Rasa dari buahnya sangat manis dan aromanya harum menyengat.

9. Durian Bubur

Durian bubur adalah jenis durian yang berasal dari Brongkol, Semarang, Jawa Tengah. Ciri khasnya adalah bentuknya yang bulat memanjang dengan duri runcing rapat di sekelilingnya berwarna kuning kehijauan.

Durian Bubur [image source]
Durian Bubur [image source]
Buahnya manis, besar, tebal, padat, kesat dan beraroma harum serta dalam satu ponge atau belahan terdapat 1-5 buah di dalamnya. Ukurannya cukup besar atau sekitar 4-5 kilogram jika sudah siap panen.

10. Durian Lay

Durian Lay adalah jenis durian yang berasal dari lereng perbukitan di pedalaman Kalimantan Tengah. Ciri khas dari buah satu ini adalah memiliki warna buah sedikit oranye pucat dengan rasa manis seperti ubi, namun kurang legit dan dagingnya tebal serta mempunyai sedikit kandungan alkohol di dalamnya. Baunya juga tidak begitu menyengat.

Durian Lay [image source]
Durian Lay [image source]
Selain di Kalimantan Tengah, Durian Lay juga dapat ditemukan di Kalimantan Timur. Buah satu ini juga dikembangbiakkan di Queensland, Australia.

Selain daftar jenis durian di atas, masih banyak lagi jenis lainnya yang tentunya kurang begitu banyak didengar oleh masyarakat Indonesia. Hmm … jadi ingin menyantap durian, nih.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA