in

Pakai Hijab Sampai Punya Mesin ATM, Ini Hal Nyeleneh yang Dilakukan Ramyadjie Priambodo

Trik untuk menghindari penipuan rasanya sudah bertebaran di internet. Sayangnya, sang penipu selalu lebih cerdas dan punya trik baru untuk mengelabuhi para korbannya. Enggak jarang, dengan kata-kata manis, tanpa sadar sang korban sudah kehilangan uang puluhan bahkan ratusan juta.

Ternyata selain model telepon dan sms, para penjahat juga beraksi terjun langsung ke mesin ATM. Seperti yang dilakukan oleh Ramyadjie Priambodo, salah seorang politikus dari partai Gerindra. Tertangkapnya Ramyadjie sendiri karena adanya laporan dari bank swasta kepada Polda Metro Jaya terkait kejahatan skimming. Berikut kronologi serta hal aneh yang dilakukan oleh Ramyadjie Priambodo dalam menjalankan aksinya.

Kronologi ditangkapnya Ramyadjie Priambodo

Ramyadjie Priambodo [Sumber gambar]
Setelah laporan masuk dan diterima Polda Metro Jaya pada 26 Februari lalu, Polda Metro Jaya melakukan penyelidikan dan menjadikan Ramyadjie sebagai tersangka. Ia langsung dibekuk saat sedang berada di apartemen di daerah Jakarta Selatan. Dari penangkapan ini polisi menemukan sejumlah barang bukti seperti data nasabah, alat skimming, kartu putih, laptop, handphone, masker, jilbab, serta mesin ATM.

Punya mesin ATM di dalam kamarnya

Mesin ATM di rumah Ramyadjie Priyambodo [Sumber gambar]
Seperti yang sudah disebutkan di atas, jika mesin ATM adalah satu dari banyak barang bukti yang dimiliki oleh Ramyadjie. Ternyata, alasan dirinya menyimpan mesin tersebut di kamarnya adalah untuk mempelajari kelemahan dari mesin tersebut. Melansir detik.com, mesin ATM itu dibelinya dari seseorang dan sudah dalam kondisi mati saat ditemukan pihak berwajib. Saat polisi menanyakan perihal dari mana ia mendapat mesin tersebut, ia masih belum mau mengakuinya. Hingga sekarang, pihak polisi masih terus menggali data mengenai asal-usul mesin uang itu.

Menyamar sebagai perempuan saat beraksi

Penyamaran sebagai perempuan [Sumber gambar]
Dalam melakukan aksinya, Ramyadjie kerap menyamar sebagai seorang wanita dengan mengenakan jilbab. Penyamarannya ini bisa dilihat dari rekaman CCTV ketika ia beraksi di ATM yang terletak di wilayah Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan. Tak hanya itu, untuk menyempurnakan penampilannya sebagai perempuan ia juga menggunakan masker, sehingga tak tampak wajahnya. Ya, jika dilihat sekilas memang benar-benar mirip dengan sosok wanita.

Sudah puluhan kali berhasil kuras ATM

Barang bukti Ramyadjie Priambodo [Sumber gambar]
Dengan pengetahuannya seputar kelemahan ATM dan alat skimming yang ia punya. Ramyadjie ternyata telah beraksi puluhan kali. Berdasarkan tulisan yang bersumber dari suara.com, pria 37 tahun ini sudah 50 kali melakukan pembobolan uang nasabah bank. Target wilayah yang menjadi sasaran pembobolan dilakukan di Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan. Terakhir saat nahasnya ia harus tertangkap pasca menguras uang 300 juta Rupiah pada akhir Februari lalu.

BACA JUGA: Jangan Abaikan Peringatan ATM Error, Bisa Jadi Itu Modus Kejahatan

Nah, untuk kalian yang rajin berinteraksi dan mengambil uang di ATM, pastikan selalu membuta laporan jika menemukan hal yang dirasa janggal dan tidak biasa. Pasalnya, sekarang para penipu semakin canggih dan akan menerapkan metode apapun demi bisa menguras uang korbannya. Tetap hati-hati ya, guys!

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Sukses Jadi YouTuber di Korea Selatan, Begini Kabar Terkini Bajindul

Viral Pria Cuci Uang Pasca Banjir di Sentani, Begini Cara Benar Membersihkannya