Namanya Kenitu, tapi banyak pula yang menyebut buat ini dengan nama genitu, kernatu, manecu dan lain sebagainya. Buah dengan rasa manis ini memang punya banyak nama alias, tergantung daerah masing-masing. Tapi ternyata, buah ini punya nama Indonesia yaitu sawo duren atau sawo apel.

Tapi, apalah arti sebuah nama, yang penting buah ini enak rasanya. Ya nggak? Daging buahnya yang lembut dan manis bikin para penikmatnya ketagihan. Tapi, di beberapa tahun terakhir ini buah kenitu justru jarang ditemui. Padahal, buah satu ini nggak cuma enak, tapi juga banyak manfaat.

Daunnya bisa dijadikan obat untuk beragam penyakit

Daun Kenitu [Sumber Gambar]
Kita mungkin sudah banyak mendengar tentang tumbuhan yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Tuhan memang selalu menciptakan sesuatu yang berfaedah, salah satunya kenitu. Selain kita bisa menikmati buahnya yang lembut dan enak, daunnya yang melimpah juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bagi banyak penyakit. Kita kita telaten, kita bisa menggunakan rebusan daun kenitu untuk mengobati diare, diabetes, hingga reumatik.

Sahabat para pria

buah kenitu [Sumber Gambar]
Buat para pria, mungkin beberapa masih belum tau tentang manfaat buah kenitu juga bisa untuk menambah keharmonisan rumah tangga. Jadi, sebelum bertempur, ada baiknya memakan buah kenitu terlebih dahulu. Menurut penelitian, buah kenitu memiliki kesamaan dengan Titan Gel yang mampu menambah kestabilan stamina. Perannya juga sebagai tonik atau obat kuat.

Buah potensial tapi kalah tenar

Kenitu [Sumber Gambar]
Nggak seperti iklan ekstak kulit manggis yang tiap hari masuk tv, buah kenatu ini justru nggak banyak diketahui masyarakat soal manfaatnya. Pada tahun 2013, sebenarnya sudah dilakukan penelitian tentang pengembangan ekstrak daun dan buah kenitu untuk dijadikan obat herbal terstandar diabetes mellitus. Penelitian tersebut dilakukan untuk menguji aktivitas antidiabetes ekstrak etanol daun kenitu. Sayangnya, hingga saat ini manfaat buah kenitu tak kunjung popular juga. Mungkin butuh waktu beberapa saat hingga buah satu ini nggak kalah ngehits dengan ekstrak kulit manggis.

Cemilan buat mereka yang lagi diet

Kenitu [Sumber Gambar]
Orang yang sedang berdiet biasanya justru terangsang untuk makan, makin ditahan makin nggak karuan hasrat untuk makan. Nah, buat kalian yang lagi menjalankan program diet, nggak ada salahnya mengganti camilan dengan buah kenitu. Yuph, buah satu ini bersahabat banget buat menjaga berat badan tubuh. Hal itu karena kenitu rendah akan lemak dan dan kalori. Buah satu ini juga mengandung banyak serat hingga cukup untuk kebutuhan harian. Dengan mengkonsumsi cukup serat, kita akan cepat merasa kenyang dan mencegah perut cepat keroncongan.

Kini jarang dijumpai

pohon kenitu [Sumber Gambar]
Dulu, buah kenitu mudah sekali dijumpai. Pohonnya yang tinggi menjulang biasanya ada di pinggir-pinggir jalan. Bahkan, di pasar-pasar juga begitu banyak penjual yang menjajakan buah satu ini dengan harga murah. Tapi kini, sejak mulai maraknya pembangunan, pohon-pohon di pinggir jalan juga tak lagi dijumpai. Para pedagang buah ini juga tak sebanyak buah lainnya. Bahkan, beberapa situs menyebutkan bahwa buah ini sudah mulai langka. Barangkali di beberapa daerah masih bisa ditemukan buah ini, tapi tentu nggak semelimpah dulu ya. Semoga kelak ada yang membudidayakan dengan serius.

BACA JUGA: Rukem, Buah Legendaris Paling Nikmat di Masa 90an yang Kini Hilang Ditelan Bumi

Itulah beberapa hal tentang buah kenitu. Selain enak, buah ini juga terbukti memiliki banyak manfaat. Sayangnya, hingga saat ini kenitu masih nggak sepopuler buah obat lain. Semoga kelak nasib buah ini bisa seperti manggis ya.