Raffi Ahmad dan Nagita Slavina adalah salah satu pasangan selebriti yang tajir melintir. Selain program yang mereka ambil di televisi seabrek, video di kanal YouTube yang tak pernah meleset dari trending, hingga kegiatan keartisan lainnya, orang tua Rafathar Malik Ahmad ini juga berbisnis.

Jika disuruh menyebutkan bisnis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina bakal enggak habis-habis. Bisnis makanan, baju, hingga property dimiliki oleh mereka. Itu baru yang tercium dan terungkap di depan publik, belum bisnis mereka yang memang sengaja tak ingin diberitahukan kepada khalayak. Meskipun begitu, tak semua bisnis yang mereka pegang berjalan mulus, lho.

RA Jeans dan Gigieat Cake [sumber gambar]
Dari deretan bisnis yang dijalankan oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, beberapa di antaranya yang terkenal adalah RA Jeans, Gigieat Cake, Mango Bomb, hingga Kopi Mertua. Kebanyakan bisnis Raffi dan Gigi memang bergerak di bidang food and beverages, tak ayal jika eksistensinya enggak lama.

Bisnis kuliner Raffi Ahmad dan Nagita Slavina [sumber gambar]
Beberapa bisnis yang dibuka Raffi dan Gigi gara-gara tren sudah tak terdengar lagi kabarnya. Seperti halnya RaDen Food dan Bakmi RN yang kala itu diluncurkan Raffi Ahmad karena makanan dalam cup alias mangkok yang mudah dibawa ke mana-mana sedang hits.

Bisnis Raffi Ahmad yang bangkrut [sumber gambar]
Dua bisnis kuliner Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tersebut sudah tak pernah lagi terlihat di peredaran. Netizen yang bergabung dalam forum detik dari detik.com mengatakan sudah banyak gerai RaDen Food dan Bakmi RN yang tutup permanen di beberapa kota. Dikutip dari seleb.tempo.co, Raffi Ahmad mengaku memang banyak gagal ketika berbisnis. “Bisa tahun ini untung banget, tahun depannya bangkrut,” ugkap Raffi. Ia juga menyatakan bahwa dirinya masih belum bisa disebut pebisnis. Sebab, menurutnya definisi pebisnis sesungguhnya adalah ketika seseorang bisa mempertahankan usahanya hingga 10 atau 20 tahunan. “Ini masih belajarlah, masih merintis,” ungkapnya.

BACA JUGA: Beda Ruben Onsu-Sarwendah dan Raffi Ahmad-Nagita Slavina Ketika Menyantap Jajanan Kaki Lima

Selain itu, pada tahun 2017 lalu, Raffi Ahmad dan rekan-rekan artinya sempat ingin merintis e-commerce bernama panaya.id. Sayangnya, sebelum berkembang bisnis tersebut tak sempat diteruskan oleh Raffi Ahmad dan kawan-kawan.