Sebagian besar orang memanfaatkan WC bukan hanya untuk urusan ‘buang hajat’. Bagi para laki-laki, toilet adalah salah satu tempat ngerokok paling nyaman. Sementara cewek juga kerap memanfaatkan toilet untuk berbenah make up, dan masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan di WC.

Dan rupanya, karena kebiasaan memanfaatkan WC untuk banyak hal, banyak pula yang dibuang seenaknya di lubang closet. Padahal nih, harusnya WC adalah tempat untuk membuang hajat saja, bukan hal lain. Sebaiknya, mulai sekarang ubah kebiasaan itu demi kebaikan kita sendiri. Sebagai wawasan saja, berikut ini adalah lima benda yang haram dibuang di WC.

Kondom

Kondom [sumber gambar]
Menggunakan kondom memang cara ampuh untuk menjaga kesehatan seksual baik pria mau pun wanita. Jika kalian memang salah satu pengguna kondom, harusnya nggak cuma bisa memakainya, namun juga bijak saat membuangnya. Karena bentuknya yang kecil, biasanya orang sangat meremehkan saat membuang benda tersebut. Bahkan nggak jarang pula yang membuangnya di lubang WC. Padahal hal itu sangat terlarang. Kenapa? Karena kondom terbuat dari latex yang akan menjadi racun pada air dan juga tanaman.

Pembalut

Pembalut [sumber gambar]
Menstruasi rutin dialami oleh setiap wanita, namun nyatanya nggak semua bisa bijak dalam membuang pembalut sisa. Mungkin selama ini kita sudah sering melihat peringatan dilarang membuang pembalut di WC, tapi tak sedikit yang abai dengan larangan tersebut. Buktinya, masih saja ada perempuan yang dengan seenaknya memasukkan pembalut ke dalam lubang WC dengan alasan praktis. Tapi taukah kalian dampak buruk membuang pembalut di WC? Bukan cuma rawan membuat WC buntu, tapi juga rawan merusak lingkungan serta ekosistem kelautan. Bahan pembalut tentu saja akan sulit hancur saat dibuang melewati sistem saluran air yang bermuara di laut.

Puntung rokok

Puntung rokok [sumber gambar]
Perhatian nih, buat para bapak-bapak dan mas-mas yang biasanya suka menghabiskan sisa rokok di toilet dan membuangnya begitu saja di lubang WC. Diharapkan ke depannya jangan sampai membuang benda kecil tersebut di WC. Memang sih, kesannya remeh, ukurannya bahkan nggak lebih dari seruas jari. Terlebih puntung rokok juga mudah hancur. Tapi yang jadi masalah adalah, jika rokok jatuh ke WC justru akan meracuni air resapan. Bahan kimia yang terkandung dalam rokok akan jadi polusi pada air resapan, ngeri banget kan?

Obat kadaluarsa

Obat obatan [sumber gambar]
Yang sering diabaikan karena terkesan remeh lainnya adalah obat kadaluarsa. Buat kalian yang pernah membuang obat di WC, segeralah bertaubat dari perbuatan tersebut. Meski terkesan remeh, namun membuang obat dalam WC rupanya sangat fatal akibatnya. Tak jauh beda dari membuang puntung rokok dalam WC, membuang obat juga membuat air resapan jadi tercemar zat kimia. Ngeri banget kan? Mengingat selama ini kita juga pasti masih terus memanfaatkan air resapan untuk kehidupan sehari-hari. Bisa bayangin kalau kita mandi atau minum air yang sudah dicemari oleh obat kadaluarsa? Jangan sampai ya!

Kapas

Kapas [sumber gambar]
Kamar mandi biasanya jadi tempat favorit para cewek untuk touch up make up. Di antara kalian mungkin juga membutuhkan kapas untuk memperbaiki riasan, dan setelahnya pernah buang kapas di lubang WC? Jika pernah, maka jangan lakukan hal itu lagi di masa yang akan datang. Hal itu karena kapas merupakan bahan yang membuat WC rawan tersumbat. Sulit banget menguraikan kapas, apalagi jika sudah menumpuk. Butuh biaya yang sangat besar jika kapas sudah membuat WC tersumbat. Oleh sebab itu, mending bijak dalam membuang sampah.

BACA JUGA: 5 Fakta Tentang Toilet Ini Bisa Menghindarkanmu Melakukan Hal yang Sia-sia

Itulah beberapa benda yang haram dibuang di WC. Dan sebaiknya, kalian tidak melakukan hal lain di WC selain ‘urusan hajat’. Biasakan diri untuk lebih peduli pada lingkungan, karena apa yang kita tanam itulah yang kita tuai. Bayangin jika alam juga nggak peduli lagi sama kita, bisa bertahan?