Categories: Trending

5 Batu Mulia yang Harganya Sama Seperti Satu Kontainer Akik!

Batu akik pernah bikin gila banyak pria di Indonesia. Di kantor, di pasar, di jalan-jalan, percakapan para pria selalu tentang bacan atau kalsedon. Tak cukup dengan itu, banyak juga bengkel-bengkel kaget yang menawarkan jasanya untuk membentuk batu bongkahan menjadi akik yang cantik. Kini, akik bagai gelombang cinta yang sudah mulai hilang gempitanya dan perlahan berganti dengan tren baru.

Baca Juga : 10 Artis yang Tergila-gila Pada Batu Aki

Batu akik sulit untuk dijadikan investasi, menjadi salah satu alasan kenapa ia akhirnya ditinggalkan. Berbeda dengan batuan mulia seperti permata yang tidak akan pernah hilang pamornya. Bahkan harganya sangat stabil meski dolar berada di angka Rp 20 ribu. Selain nilai, kesan permata yang sangat wah diakui mulai zaman Firaun sampai detik ini.

Setidaknya ada 5 jenis permata yang hingga saat ini adalah yang paling mahal di dunia. Saking mahalnya, satu buahnya mungkin bisa ditukar dengan se-kontainer akik. Berikut ulasannya.

1. The Orange

Permata ini ukurannya tidak sampai sebesar jari orang dewasa, namun harganya benar-benar gila. Dilelang dalam acara Christie Geneva’s Magnificent Jewels tahun 2013 lalu, permata ini dihargai $ 35,5 juta. Padahal menurut perkiraan permata 14,82 karat ini hanya mampu berada di angka $ 21 juta saja.

The Orange jadi salah satu batuan mulia paling langka dan mahal di dunia [Image Source]
Dilihat dari karakteristiknya, The Orange berbeda dengan permata lainnya. Seperti namanya, dominasi warnanya adalah orange dengan garis-garis abstrak keren di bagian dalamnya. Menurut Francois Curiel, seorang ahli permata kenamaan, The Orange adalah batu mulia super langka yang jumlahnya bisa dihitung dengan jari. The Orange sendiri mungkin hanya bisa dilihat sekali seumur hidup saja bagi banyak orang.

2. The Princie

Permata satu ini punya bentuk yang bagus dan simetris. Terutama dari sisi-sisinya dibentuk dengan sangat apik. The Princie konon sudah berusia 300 tahun dan sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Rumah lelang Christie di New York pernah menaksir harga The Princie yang konon sanggup mencapai angka $ 40 juta.

Punya uang $ 40 juta, pilih beli batu ini atau rumah mewah plus mobil keren? [Image Source]
Menurut riwayatnya, The Princie ditambang di India. Lalu dibeli oleh miliuner asal Italia bernama Renato untuk istri keduanya. Setelah sang istri meninggal, The Princie jadi rebutan anak-anak Renato. Terutama pria bernama Amedeo yang beberapa waktu lalu mengklaim berlian satu ini. Mengingat harganya yang sangat fantastis, tak mengherankan jika permata satu ini jadi huru hara besar di keluarga itu.

3. The Vivid Pink

Warna merah mudanya yang ranum serta pendaran sinarnya yang aduhai membuat Vivid Pink jadi impian para wanita di dunia. Sayangnya, untuk memboyong benda satu ini uang yang harus disiapkan sangat banyak. Yakni sekitar $ 46 juta kontan. Permata satu ini pun memang pernah dilelang dan yang bikin terkejut pembelinya bukanlah wanita sosialita atau artis, melainkan pria kolektor bernama Laurence Graff.

Kental dengan nuansa girly, berlian ini justru dibeli pria [Image Source]
Graff mengaku sangat kebelet ingin membeli permata ini sejak dulu. Sehingga, meskipun harganya sangat gila namun ia tetap saja membelinya. Si kolektor ini pun berbangga dan mengatakan jika Vivid Pink adalah berlian paling indah yang pernah disentuh olehnya. Nah, fakta uniknya, Graff dulu adalah seorang murid bengal yang dikeluarkan dari sekolah. Beranjak dewasa ia menjadi tukang bersih-bersih di sekolah. Namun siapa sangka pada akhirnya malah dirinya yang memiliki salah satu permata paling mahal di dunia.

4. The Wittelsbach

Jika membayangkan batu safir berwarna biru saja sudah bikin kita terkagum-kagum sampai melongo, tunggu sampai kita bisa memegang Wittelsbach. Bisa jadi kita bakal pingsan seketika. Bukan hanya karena bentuknya yang sangat indah dan memukau, tapi juga harganya yang fantastis.

Akui saja jika berlian seharga $ 80 juta ini benar-benar bikin lupa diri [Image Source]
Dilihat sekilas Wittlesbach nampak seperti batu safir biru biasa. Namun ketika diamati lekat-lekat maka terpampanglah perbedaannya yang mencolok. Wittlesbach lebih jernih, namun birunya pekat, serta yang paling menawan adalah cahaya berpendarnya yang memuaskan mata. Berlian satu ini pernah terjual hanya $ 23,4 juta pada tahun 2008. Kemudian dijual kembali pada tahun 2011 dan menyentuh angka $ 80 juta. Pembelinya sendiri adalah Sheikh Hamad bin Chalifa dari Qatar.

5. The Pink Star

Tahukah alasan kenapa para wanita yang girly dan feminin gemar dengan warna merah muda? Selain karena kesannya soft dan lembut, ini juga merupakan warna dari berlian paling mahal sedunia. Yup, bernama Pink Star, batuan mulia ini dihargai hingga $ 83 juta.

Nyatanya, ada orang gila yang rela mengeluarkan $ 83 juta untuk batu ini [Image Source]
Pink Star sendiri dimiliki oleh rumah berlian Isaac Wolf. Dikatakan jika Wolf berjuang sangat keras untuk membawa si mahal ini ke galerinya. Ia harus bersaing dengan banyak sekali rumah permata lainnya. Usahanya tak sia-sia dan akhirnya mendapatkan permata yang sering dijuluki ratunya berlian ini. Diperkirakan Pink Star mungkin hanya satu-satunya di dunia.

Baca Juga : 10 Fakta dan Mitos Seputar Batu Akik yang Perlu Kamu Tahu

Tak yakin kamu akan tetap berburu akik ketika bisa mendapatkan salah satu dari batu mahal di atas. Bagaimana tidak, satu buah dari mereka mungkin bisa ditukarkan dengan banyak sekali batu akik apalagi yang kelasnya biasa. Bisa satu kontainer penuh tuh. Namun yang bikin heran tentu saja adalah melihat hakikat dari berlian ini. Sejatinya mereka hanyalah batu biasa, namun kenapa bisa dihargai lebih mahal dari rumah atau mobil yang lebih besar ukuran dan manfaatnya? Ini jadi bukti jika sebenarnya bukan batunya yang mahal, tapi hasrat dan kebanggaan manusianya.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago