in

5 Barang Tak Biasa yang Jadi Ekspor Andalan Korea Utara

5. Reaktor Nuklir

Sebagai salah satu negara yang memiliki nuklir, maka Korea Utara tidak melewatkan hal ini pula untuk dimanfaatkan dari sisi ekonomi. Yup, apalagi kalau bukan menjual reaktor-reaktor nuklirnya. Jangan dikira tidak ada yang minat, ada lho beberapa negara yang serius melakukan transaksi mengerikan ini dengan negaranya Kim Jong un tersebut. Salah satu yang ketahuan adalah Iran dan Syiria.

Sampai damai yang kekal belum tercapai, maka bisnis nuklir Korea Utara akan masih tetap diminati [Image Source]
Sampai damai yang kekal belum tercapai, maka bisnis nuklir Korea Utara akan masih tetap diminati [Image Source]
Syiria sendiri pernah membangun kompleks nuklir mereka di Al-Kibar yang akhirnya diluluhlantahkan oleh Israel pada tahun 2007 lalu. Hampir semua suku cadang dan peralatan yang dipakai berasal dari Iran. Nilai jual belinya sendiri hampir $ 2 miliar. Sama seperti misil balistik, selama perang dan perseteruan masih ada, maka kemungkinan Korea Utara menjual hal-hal seperti ini pun masih tetap besar.

Kira-kira ada kah negara-negara di dunia yang menyamai Korut soal barang-barang ekspor? Hmm, sepertinya belum ada ya. Namanya juga Korea Utara, mereka punya keunikan nyleneh sendiri yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain.

Baca Juga : 7 Pasukan Militer Paling Mematikan di Seluruh Dunia! Indonesia Masuk Enggak ya?

Meskipun katanya negara ini begitu dibenci dan bahkan dikucilkan dari pergumulan internasional, toh ternyata negara ini masih bisa melanjutkan pemerintahan. Meskipun cara-caranya lewat hal gila seperti ekspor barang-barang tak biasa tersebut.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

7 Pasukan Tentara yang Mengirim Anak-Anak ke Medan Perang!