in

5 Barang Tak Biasa yang Jadi Ekspor Andalan Korea Utara

4. Methamphetamine

Methamphetamine merupakan salah satu jenis obat-obatan terlarang yang begitu melegenda namanya. Ia sering digunakan sebagai pengganti ekstasi dengan efek yang lebih gila. Sedikit saja mengonsumsi Methamphetamine, maka si pengguna akan merasa terbang, sulit tidur, tekanan darah naik, jadi lebih emosi dan sebagainya. Ya, Methamphetamine ini juga mengakibatkan efek kecanduan yang juga tidak main-main.

Perdagangan obat-obatan terlarang ini juga jadi andalan Korea Utara untuk mengisi pundi-pundi kas negara [Image Source]
Perdagangan obat-obatan terlarang ini juga jadi andalan Korea Utara untuk mengisi pundi-pundi kas negara [Image Source]
Nah, siapa sangka jika obat-obatan terlarang ini juga merupakan komoditi ekspor Korea Utara.  Bahkan konon bisnis barang haram tersebut sudah berlangsung sejak tahun 70an. Pertanyaannya, bagaimana bisa sebuah negara melegalkan hal-hal semacam ini? Ya, karena yang kita bahas adalah Korea Utara, maka sepertinya tidak perlu heran dengan hal-hal semacam ini.

Mekanisme penjualannya sendiri katanya lewat duta besar yang ada di berbagai negara, khususnya yang jadi pelanggan. Nah, untuk melindungi praktik ini, Korea Utara memanfaatkan hak imunitas diplomatis. Pembuatan, packing dan sebagainya, diproses di dalam negeri lewat industri-industri kecil.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

7 Pasukan Tentara yang Mengirim Anak-Anak ke Medan Perang!