in

5 Barang Tak Biasa yang Jadi Ekspor Andalan Korea Utara

2. Patung

Kalau kamu ke Korea Utara, pasti akan menemukan dua patung besar di salah satu sudut kotanya. Patung ini adalah Kim Il Sung dan Kim Jong Un, dua mantan pemimpin Korut. Uniknya, siapa pun yang ingin melihat patung ini harus menundukkan diri dan memberikan penghormatan. Masih berhubungan dengan patung, ternyata benda artistik seperti ini juga jadi komoditi andalan Korea Utara.

Mungkin patung ini dijadikan contoh bagi negara-negara yang berminat [Image Source]
Mungkin patung ini dijadikan contoh bagi negara-negara yang berminat [Image Source]
Kalau di Indonesia patung-patung yang dikirim ke luar negeri statusnya sebagai barang seni dan cinderamata. Namun, di Korea Utara sama sekali berbeda. Ya, ini adalah semacam mega proyek dengan nilai kontrak yang besar. Salah satu hasil karya terbesar yang pernah mereka buat adalah patung Robert Mugabe si presiden Zimbabwe. Kabarnya, sang presiden memesan dua patung dirinya yang dibuat di Korut dengan harga sekitar $ 5 juta.

Tak cuma itu, kembali ke tahun 2000an, Korea Utara juga menerima pesanan pembuatan monumen perang dari Namibia dengan nilai proyek sebesar $ 60 juta. Pengerjaan patung-patung ini sendiri ada di Mansudae Art Studio yang memperkerjakan 4 ribu orang seniman.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

7 Pasukan Tentara yang Mengirim Anak-Anak ke Medan Perang!