5 Barang Tak Biasa yang Jadi Ekspor Andalan Korea Utara

oleh Rizal
15:00 PM on Oct 5, 2015

Lantaran berbagai alasan, Korea Utara menjadi salah satu negara yang tidak diprioritaskan di dalam hal apa pun. Lebih-lebih soal ekonomi. Sudah lama negaranya si Kim Jong Un ini dikucilkan oleh dunia. Salah satunya lewat aksi embargo yang dilakukan negara-negara barat. Kenapa hal ini dilakukan tentu ada alasannya, namun yang paling utama adalah masalah ideologi serta kepemilikan senjata semacam nuklir dan sebagainya.

Baca Juga : 10 Fakta Tentang Korea Utara Yang Bikin Kamu Tercengang

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

Dari fakta tersebut kita mungkin bertanya-tanya, dari mana sumber pendapatan negara ini? Ya, meskipun dikucilkan sedemikian rupa di kancah perekonomian dunia, ternyata Korea Utara punya aktivitas perdaganganan internasional berbentuk ekspor yang cukup menguntungkan. Uniknya, barang-barang yang dikirim ke luar negeri bukanlah yang mainstream alias unik dan nyleneh.

Nah, kira-kira barang-barang apa saja sih yang sering diekspor Korea Utara yang katanya tidak biasa itu? Berikut ulasannya.

1. Misil Balistik

Sempat disinggung di bagian pembuka, salah alasan kenapa Korea Utara dimusuhi banyak negara di dunia adalah gara-gara kepemilikan senjata berat. Meskipun demikian, hal tersebut justru menguntungkan di sisi yang lain. Ya, siapa sangka jika ini jadi salah satu komoditi ekspor paling menghasilkan. Misil balistik adalah salah satu andalan mereka di pasar dunia. Setidaknya, tiap tahunnya Korut menghasilkan sekitar $ 10 juta dari penjualan misil ini.

Penjualan mMisil balistik jadi salah satu pemasukan terbesar Korea Utara [Image Source]
Penjualan mMisil balistik jadi salah satu pemasukan terbesar Korea Utara [Image Source]
Pelanggannya sendiri rata-rata adalah negara-negara rawan konflik, misalnya saja Pakistan dan Iran yang konon adalah pelanggan setia Korea Utara. Karena persenjataan berat adalah pendapatan yang tergolong besar, maka Korut pun tidak henti-hentinya untuk memproduksi benda mematikan yang punya daya hancur luar biasa ini. Namun, Korea Utara tak selamanya bisa mengandalkan persenjataan ini. Ketika perang sudah tidak lagi dibutuhkan, tentu deretan misil balistik mereka akan kadaluarsa dalam artian tidak lagi digunakan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia
BACA JUGA