Categories: Trending

7 Alasan Kenapa Orang Jaman Sekarang Banyak Uang Tapi Cepet Bokek

Hemat pangkal kaya, ungkapan itu seharusnya jadi panutan kita untuk hidup hemat. Tapi sayangnya di jaman sekarang kebutuhan tersier sepertinya lebih mendominasi pengeluaran kita ya. Dari beli paketan, urusan jalan-jalan sampai biaya pacaran yang sampai menguras kantong.

Sebenarnya di jaman sekarang kita cukup makmur. Dibanding jaman dulu, uang saku kita di jaman sekarang lebih banyak. Hanya saja entah kenapa kantong sering bolong dan kita sering banget kehabisan uang. Konon, sejak beberapa dekade terakhir, orang tua masa kini banting tulang mengumpulkan tabungan demi anak-anaknya, karena kecenderungan anak-anak yang sulit menabung.

Dan mau tahu alasan apa saja yang bisa buat orang bokek di jaman sekarang. Intip rangkuman Boombastis berikut ini ya!

1. Beli Paketan Internet

Jaman sekarang kurang update? Apa kata dunia! Sepertinya ungkapan ini membuat kita diwajibkan untuk terus memperbarui informasi ya. Dari info politik, olahraga sampai gosip selebriti terbaru. Belum lagi dengan virus social media yang mulai menjalar semua kalangan. Alhasil internet jadi kebutuhan prioritas di tiap bulan.

Beli paketan internet [imagesource]
Meski wifi sudah ada di banyak tempat umum tapi rasanya kurang afdol kalau belum punya paketan sendiri. Dan sayangnya harga paketan internet di Indonesia ini cukup membuat kantong tipis.

2. Susah Nabung

Kehidupan di perkotaan memang selalu banyak godaan bagi mereka yang ingin hidup hemat. Dengan banyaknya hiburan tiap hari membuat kita banyak tergoda untuk mengeluarkan lembaran uang dari dompet.

Susah nabung [imagesource]
Niatnya mau nahan agar lebih hemat, tapi apa daya jebol juga dan jadi melarat. Tabiat hura-hura dan jalan-jalan membuat kita makin susah nabung, benar tidak?

3. Keseringan ngafe

Kafe memang jadi salah satu tempat nongkrong andalan buat muda-mudi perkotaan. Namun sekaligus jadi tempat rutin buang uang setiap bulannya. Sadarkah jika kebiasaan ngopi di kafe setiap malam ini ternyata sedikit-sedikit menggerogoti finansialmu?

Keseringan ngafe [imagesource]
Apalagi jika kalian memilih kafe menengah ke atas, dipastikan totalan untuk ngafe pasti cukup besar. Untuk menyiasatinya kalian harus mematok jadwal ngopi dalam sebulan. Jadi tidak akan keseringan dan membuat kantong jebol ya.

4. Gadgetnya banyak

Satu lagi penyebab orang jaman sekarang cepet bokek, yaitu terlalu banyak gadget. Kadang sudah punya 2 ponsel mereka masih nambah tablet. Banyak gadget banyak pengeluaran lho. Pulsa untuk komunikasi ditambah biaya maintenance gadget, juga menambah pengeluaran kalian.

Gadget banyak [imagesource]
Jadi jika kalian memang pecinta gadget, siasati dengan membuat pengeluaran terkontrol dan tidak banyak buang di pulsa. Bisa dengan memanfaatkan wifi gratisan, atau bolehlah minta Tethering wifi dari ponsel teman. Jadi bisa sedikit hemat kan ya.

5. Pacarannya mahal

Ini nih, pengeluaran yang paling sulit dibendung. Biaya pacaran! Lebih susah lagi kalau kalian dapat pasangan ‘mahal’. Dari salon, tempat nongkrong sampai gaya keseharian kelas atas membuat kalian mau tidak mau harus mengikuti.

Pacarnya mahal [imagesource]
Apalagi kalau pacar kalian terlalu manja sampai ingin minta dibayari. Alhasil biaya bulanan jadi double trouble dong!

6. Rumput tetangga lebih hijau

Tetangga punya gadget keluaran terbaru ikutan beli, teman punya baju keren ikutan pesen tanpa melihat kondisi keuangan pribadi. Sangking pingin ikutan ngetren kita lupa dengan budget yang ada. Alhasil keuangan jadi amburadul dan bisa-bisa besar pasak dari pada tiang lho.

Rumput tetangga memang lebih hijau [imagesource]
Kita memandang mereka lebih enak mengeluarkan uang, bisa beli ini itu. Tapi tunggu dulu, kita cuma melihat dari luar saja lho ya. Kita tidak tahu kerja keras apa yang mereka lakukan untuk mendapatkan benda itu. Jadi jangan keburu nafsu, karena rumput tetangga itu selalu lebih hijau kok.

7. Fangirling atau nuruti hobi

Ini yang bahaya, kalau kita sudah buta karena idola. Ada konser dengan harga setara tiket gaji sebulan pun langsung dijabanin, beli pernak-pernik idola sampai-sampai menghabiskan pemasukan selama sebulan.

Nuruti Hobi [imagesource]
Benar-benar pemborosan tapi namanya juga sudah dibutakan cinta. Mau bagaimanapun susah untuk membendungnya. Yang ingin hidup hemat, pastikan berpikir ribuan kali untuk buang uang untuk hal sepele seperti ini ya.

Nah itu tadi 7 alasan orang jaman sekarang cepet bokek. Apa kalian juga salah satunya? Kalau kalian alasan apa yang membuat uang di dompet cepet nipis?

Share
Published by
Happy

Recent Posts

Perempuan Asal NTT Ini Melahirkan Sendiri dan Memutilasi Anak Hasil Hubungan Gelapnya

Tak jarang karena kesenangan sesaat, ada nyawa yang harus direlakan. Seperti yang terjadi di Nusa…

3 months ago

Mahasiswi UI Sekaligus Tiktoker Rahma Azzahra Meninggal Setelah Alami Kecelakaan di Tol

Kabar duka datang dari seorang Tiktoker bernama Rahma Azzahra Putri Hariyadi. Ia meninggal dunia di…

3 months ago

Polemik Uang Konsumsi dan Transport Pelantikan Anggota KPPS yang Diduga Disunat

Pemilihan umum atau Pemilu sudah makin mendekati hari H. Namun, beberapa hari lalu ada dugaan…

3 months ago

Profil dan Rekam Jejak Tom Lembong yang Namanya Mencuat Jelang Pilpres 2024

Nama Thomas Trikasih Lembong, atau lebih dikenal sebagai Tom Lembong, kembali mencuat setelah debat cawapres…

3 months ago

Komika Felix Seda Dikecam Netizen Setelah Lontarkan Pelecehan Verbal kepada Najwa Shihab

Nama komika Felixus Juang Seda, atau lebih dikenal sebagai Felix Seda, tengah menjadi pembicaraan hangat.…

3 months ago

Ada-Ada Saja, Orang Jatim Ini Mau Jual Ginjalnya Buat Modal Nyaleg

Sudah menjadi rahasia umum jika biaya kampanye sangatlah mahal. Kebutuhan kampanye memang membutuhkan banyak biaya.…

3 months ago