Categories: Trending

5 Bangunan Yang Tak Hancur Meski Diterjang Bencana

Bencana dan peperangan mewarnai sejarah kehidupan manusia. Baik konflik antar manusia hingga fenomena alam menyebabkan kerusakan tak terhindarkan. Ribuan nyawa dan air mata menjadi saksi bahwa peradaban manusia terus bergerak dari kehancuran demi kehancuran.

Namun, diantara kehancuran tersebut ada beberapa bangunan yang tetap berdiri megah. Ada yang meyakini bangunan tersebut berdiri karena konstruksi bangunan yang mantap. Ada juga yang menyakini itu semua karena keajaiban.

Baca Juga :6 Bangunan Bersejarah Paling Megah di Dunia

1.The Brandenburg Gate, Jerman

Gerbang Brandenburg adalah bangunan yang langsung diingat semua orang ketika berkunjung ke Berlin. Gerbang ini menjadi simbol berpisahnya Berlin dan Jerman pada saat perang dingin. Selain gerbang ini, Jerman juga dibagi dua oleh tembok Berlin kala itu.

The Brandenburg Gate (via)Oddee

Pada tahun 1945 ibukota Jerman dihujani oleh bom dan peluru. Gencatan senjata tersebut mengenai benteng bersejarah ini, hingga salah satu kepala patung kudanya rusak. Namun, benteng ini tetap berdiri meski mengalami beberapa kerusakan kecil. Benteng tetap dijadikan landmark dari Jerman hingga sekarang.

2. Sanno Shrine

Bangunan ini awalnya adalah pintu masuk menuju sebuah kuil. Sanno Shrine terletak sekitar 800 meter dari lokasi jatuhnya bom Nagasaki. Pada 9 Agusutus 1945, bom Nagasaki berhasil meluluhlantakkan Jepang.

Sanno Shrine (via)Oddee
Via southtopia.tumblr.com

Namun bangunan ini tetap berdiri kokoh meski bangunan lainnya rubuh berantakan. Selain Sanno Shrine, pohon yang ada di sebelahnya pun masih baik-baik saja. Padahal, bom Nagasaki adalah salah satu bom nuklir paling berbahaya dalam sejarah manusia.

3. Menara Pisa

Menara Pisa adalah bangunan kebanggaan Italia. Bangunan ini diselesaikan pada tahun 1372 dan menjadi salah satu bangunan paling terkenal di dunia. Pada masa Perang Dunia II, Italia berada di bawah jajahan Jerman. Menara Pisapun dijadikan benteng pertahanan.

Menara Pisa (via) Oddee
Via Solitary Wanderer

Pada musim panas 1944 pasukan Amerika datang untuk menggempur Jerman. Mereka sudah menetapkan sasaran dan akan menghancurkan Menara Pisa lewat bom yang ada di pesawat. Namun Sersan Leon Weckstein yang berada beberapa ratus meter dari menara Pisa malah terkagum-kagum dengan Menara Pisa dan memutuskan tidak jadi melakukan serangan. Menurutnya, menara tersebut terlalu indah untuk dihancurkan.

4. Masjid Baiturrahman, Aceh

Desember 2004 adalah tahun kelam bagi Indonesia. Kala itu Pulau Sumatera dihantam gempa 9,1 skala richter dan tsunami yang sangat dahsyat. Lebih dari 230.000 orang meninggal dunia dan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal.

Masjid Baiturrahman (via)Oddee

Namun, dalam sebuah potret dari udara, di tengah kota Lhoknga, tampak sebuah bangunan yang megah berdiri. Bangunan itu adalah Masjid Baiturrahman yang menjadi kebanggaan bumi Nanggroe Aceh. Banyak media asing, termasuk Discovery Channel yang meliput tentang kejadian ajaib ini.

5. Bomb Dome, Jepang

Bomb Dome yang terdapat di Hiroshima adalah sebuah bangunan yang menjadi simbol perdamaian. Bangunan ini dibangun pada tahun 1915 dan digunakan sebagai Prefectial Industrial Promotion Hall atau gedung promosi barang-barang industri Jepang.

Bomb Dome (via) Oddee

Ketika Jepang digempur sekutu dengan bom, bangunan ini ikut terkena serangan. Namun, rangka-rangkanya masih berdiri dengan kokoh. Pemerintah Jepang memutuskan untuk membangun kembali agar bangunan ini dikenang sebagai simbol perdamaian.

Secara logika, ketika bangunan lain hancur lebur, memang sulit percaya bahwa bangunan ini berhasil bertahan. Namun, sejarah telah membuktikan bahwa bangunan-bangunan ini berdiri dengan begitu kokoh. Meski beberapa diantaranya mengalami kerusakan ringan.

Bagaimana menurut Anda? Apakah ini merupakan kekuatan arsitektur bangunan atau memang keajaibanlah yang menyelamatkan bangunan tersebut? (HLH)

Share
Published by
Centralismo

Recent Posts

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago

Putra Raja Thailand Kembali Setelah 27 Tahun Diasingkan, Jadi Penerus Takhta Selanjutnya?

Kembalinya Vacharaesorn Vivacharawongse, putra tertua kedua Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, ke Thailand pada awal bulan…

1 month ago

Terungkap Situs Jual Beli Sertifikat Gelar Habib, Penipu Raup 18 Juta

Belakangan ramai perihal terungkapnya kasus penipuan lisensi gelar “habib”, di mana seorang pemuda memperjualbelikannya dengan…

2 months ago

Waduh! Anggaran Baju Dinas DPRD DKI Mencapai 3 Miliar, Ternyata Ada Pin Emas 24 Karat

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuat heboh publik lantaran anggaran dana pembelanjaan untuk pakaian dinas dan…

2 months ago

Gus Samsudin dan 2 Saksi Ditetapkan Jadi Tersangka Setelah Pembuatan Video Kontroversial

Nama Samsudin Jadab, atau lebih dikenal sebagai Gus Samsudin, kembali mencuat ke permukaan. Bukan lagi…

2 months ago

Alice Norin Bagikan Kisah Lawan Kanker Sarkoma hingga Operasi Laparoskopi

Kabar tak mengenakkan datang dari artis Alice Norin. Artis 36 tahun ini mengungkapkan bahwa dirinya…

2 months ago