Negeri Tiongkok dari dulu memang selalu menarik perhatian dunia. Entah dari teknologinya, peraturan kerja yang cukup ketat dan lain sebagainya. Tapi ada satu yang dilupakan yaitu peraturan hidup sehari-hari.

Kalau kalian melihatnya, mungkin bakal geleng-geleng sendiri. Pasalnya, aturan-aturan ini dijamin tidak akan Sahabat Boombastis temukan di negara manapun. Contohnya seperti aturan-aturan di bawah ini nih.

Kartun Winnie The Pooh yang haram hukumnya disiarkan di channel televisi

Seluruh dunia pasti setuju jika Winnie the Pooh adalah tontonan menyenangkan bagi semua kalangan. Namun anggapan ini akan ditolak mentah-mentah oleh pemerintahan di China. Alasannya pun cukup lucu sebenarnya. Adalah tokoh kartun ini kerap disamakan oleh Presiden China yaitu Xi Jinping.

Winnie The Pooh [Sumber Gambar]
Berawal dari sang presiden bertemu dengan Barack Obama, lalu masyarakat China mengunggah foto jika gaya mereka mirip dengan dua tokoh kartun. Xi Jinping sebagai Pooh sedangkan Obama adalah Tiger. Jadi, sejak itulah pemerintah langsung mensensor kartun beruang imut tersebut dari negaranya. Ckckck… ada-ada saja ya.

Alice in Wonderland pun juga dilarang disaksikan di China

Bagi yang sudah menonton Alice in Wonderland, pasti berpikiran jika film tersebut sangat seru. Di mana Alice berpetualang sambil berbicara dengan para hewan. Tapi sayangnya, keseruan tersebut tidak akan kalian dapatkan di negara yang penuh dengan panda itu.

Alice in Wonderland [Sumber Gambar]
Menurut pemerintahan di sana, Alice in Wonderland membawa dampak buruk bagi penontonnya. Dikarenakan, binatang yang ada di film tersebut bisa berbicara. Dan fenomena tersebut dianggap melecehkan derajat manusia yang dikatakan sebagai makhluk paling sempurna di muka bumi.

Avatar yang diblokir karena takut film lokal kalah bersaing

Tak hanya dua film di atas, Avatar pun juga jadi target dari pemerintah China. Film animasi yang disutradarai oleh James Cameron ini dilarang ditayangkan karena prestasinya sangat pesat. Di mana film yang rilis di tahun 2009 tersebut masuk ke dalam box office selama dua minggu tayang.

Avatar [Sumber Gambar]
Hal inilah membuat pemerintah sangat geram dengan tayangan tersebut. Jadi mereka memilih untuk memblokirnya. Ini dilakukan supaya film-film lokal mampu mengalahkan prestasi dari Avatar. Dan tentunya ingin film asal negaranya masuk ke dalam box office lalu dikenal oleh seluruh dunia.

Tentara China dilarang mencari pasangan melalui aplikasi online

Di zaman yang susah sekali mendapat jodoh, banyak orang berinisiatif untuk mencari pasangan di aplikasi online. Salah satunya adalah para tentara di China yang notabene tidak punya waktu untuk mencari pacar. Jadi, aplikasi online lah yang merupakan solusi untuk mengatasi kejombloan mereka.

Tentara dilarang cari pasangan lewat aplikasi [Sumber Gambar]
Tapi sayangnya, hal ini sangat diharamkan oleh pemerintah China. Alasannya karena ditakutkan para personel militer Tiongkok bakal membocorkan rahasia negara. Sehingga mereka diharuskan mencari pasangan melalui jalur biasa saja alias berkenalan secara langsung.

Para pendatang tidak boleh membawa obat batuk

Obat batuk bukan lagi menjadi barang biasa di China. Dilansir dari World of Buzz, larangan tersebut untuk mencegah orang-orang menyalahgunakan obat batuk sirup untuk dijadikan obat-obatan terlarang lainnya. Ya misalnya untuk memberikan efek halusinasi atau sebagai penyelundupan narkoba.

Obat batuk [Sumber Gambar]
Larangan ini diberlakukan setelah kejadian yang dialami oleh pelancong bermarga Zheng pada 4 Januari 2019 lalu. Ia ditangkap petugas bea cukai karena ketahuan membawa sebotol obat batuk sirup yang mengandung narkoba. Sehingga saat ini turis yang hendak ke China dilarang membawa obat batuk sirup dengan alasan apapun.

BACA JUGA : 4 Cara ‘Buas’ Pemerintah China Agar Pejabatnya Anti Korupsi, Indonesia Wajib Tiru!

Begitulah aturan nyeleneh dari Negera China yang tentunya tidak kita temukan di mana-mana. Cukup unik ya, namun untuk poin terakhir sangat masuk akal kok. Mana nih yang menurut kalian paling nyeleneh? Berikan pendapatmu di kolom komentar ya.