4 Cara ‘Buas’ Pemerintah China Agar Pejabatnya Anti Korupsi, Indonesia Wajib Tiru!

Kalau seperti ini sih dijamin gak akan berani buat korupsi

oleh Arief Dian
07:00 AM on Jun 20, 2017

Sampai saat ini, China menjadi salah satu negara dengan tingkat korupsi paling rendah di dunia. Semua itu tidak terlepas dari usaha pemerintahnya dalam memberantas pengurasan uang negara oleh para pejabat. Oleh sebab itu dibuat aturan-aturan super nyeleneh oleh negara ini agar pejabatnya tidak korup semua.

Masih soal kebijakan milik China itu, aneh memang tapi berkat aturan tersebut bisa dijamin kalau pejabat bakal takut setengah mati mengambil uang negara. Soalnya bukan hanya hukuman mati, penderitaan hidup juga bakal mereka terima nantinya. Lalu bagaimana cara China menakut-nakuti para pejabatnya itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Malas datang, jabatan melayang

Sangat berbeda dengan negeri ini, di negara komunis itu bisa dibilang peraturannya sangat ketat dan mengikat. Jangan harap bisa santai-santai atau tiduran saat sidang, di sana tidak ada istilahnya pejabat melakukan “korupsi waktu” seperti itu. Ancaman pemecatan di negara itu bisa dibilang sangat tinggi ketimbang yang lain, pasalnya bakal ada pengawasan ketat secara berkala yang dilakukan.

Malas rawan copot jabatan [image source]
Sampai ditemukan adanya kinerja yang menurun atau kedapatan bermalas-malasan, maka pemecatan bisa dengan mudah dilakukan. Sangat berbeda ya dengan negara ini, para pejabat yang ketahuan bermalas-malasan bukannya dipecat, malah makin kaya dibuatnya. Mestinya hal seperti ini patut dicontoh Indonesia.

Studi tour ke penjara buat mereka yang masih minat korupsi

Satu hal yang unik dari negeri tirai bambu ini, setiap calon pejabat bakal mendapatkan “kunjungan” sebelum mereka menjabat. Jangan dibayangkan kalau bakal seperti yang ada di Indonesia, keluar negeri atau ke tempat-tempat wisata, yang ada para calon pejabat itu harus melakukan safari ke penjara.

Safari penjara [image source]
Aturan tersebut diberlakukan wajib agar para calon pejabat itu tahu bagaimana keadaan para koruptor yang menderita di penjara. Tidak ada fasilitas mewah sama sekali, bahkan perlakuan untuk pelaku korupsi ini sudah seperti narapidana kelas kakap. Dijamin mereka bakal menyesal mengambil uang negara.

Menjadi seorang pejabat sama dengan jadi melarat

Aturan unik lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah China ini bisa dibilang perlu diacungi jempol. Potret perlakuan pada para pejabat di Indonesia dan China benar-benar berbeda. Jika di sini para pejabatnya diberikan fasilitas super mewah dan kelas lima, kalau di sana malah bagaikan neraka dunia. Ya, aturan wajibnya adalah para pejabat dilarang untuk hidup mewah.

hidup sederhana [image source]
Mulai dari pemakaman yang serba seadanya, hingga anggaran dan fasilitas yang serba dibatasi. Bahkan para pejabat sangat dilarang untuk bermain golf, karena olah raga tersebut identik dengan gaya hidup hedonis. Sampai seperti itu usaha China untuk menekan jumlah korupsi yang tinggi. Namun terbukti sekarang negara menjadi jajaran negara paling tidak korup di dunia.

Berani korupsi nyawa taruhannya

Sudah bukan lagi rahasia kalau negara ini mempunyai hukuman paling kejam di dunia bagai para koruptor. Ternyata tiga aturan di atas kadang tidak membuat jera para pelaku korupsi, oleh sebab itu hukum seperti ini harus dilakukan. Memang sih tampak sangat tidak manusiawi dan melanggar HAM, akan tetapi hukuman ini ternyata benar-benar bikin kapok para pengeruk uang negara.

eksekusi mati [image source}
Sudah sangat banyak para koruptor yang mengalami eksekusi ini, mulai dari ditembak, digantung hingga disuntik mati. Bahkan menurut Amnesty International ada 4 ribu orang mengalami eksekusi setiap tahunnya. Sampai saat ini negara ini menjadi algojo paling banyak di dunia. Ngeri bukan main deh buat para pejabat yang ketahuan korupsi di negara ini.

Memang hukuman mati sangat tidak relevan kalau diterapkan di Indonesia, namun beberapa aturan lainnya sangat bisa digunakan di negeri ini. Paling tidak hal tersebut akan membuat efek jera, salah satunya aturan para pejabat yang haram bermewah-mewahan. Kalau hal itu benar diterapkan, dijamin deh pengeluaran negara bisa sangat sedikit.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA