Jasa Besar Obama Bagi Dunia yang Mungkin Kamu Belum Tahu

oleh Aisyah Putri
14:08 PM on Jan 15, 2017

Beberapa hari yang lalu, Presiden Amerika, Barack Obama menyampaikan pidato perpisahannya kepada rakyat Amerika. Seperti pamitan seorang ayah kepada anaknya, masyarakat negeri Paman Sam pun seolah tidak rela dengan kepergian sang presiden kulit hitam pertama AS ini. Dua periode memimpin rupanya membawa kesan yang begitu mendalam.

Obama memang presiden impian. Ia meninggalkan banyak hal-hal baik selama menjadi kepala negara Amerika. Entah itu perbaikan ekonomi sampai hal-hal kecil semacam fasilitas kesehatan kepada rakyat. Sebenarnya tak hanya berjasa kepada Amerika dan rakyatnya, Obama juga memiliki kontribusi kepada dunia secara luas. Sayangnya, tak banyak orang yang mengetahui hal tersebut.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Lalu, jasa besar macam apa yang diberikan Obama kepada dunia? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

Menjalin Hubungan Baik dengan Negara-negara Islam

Menjalin hubungan baik dengan negara-negara Islam [Image Source]
Sebelum Obama menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, negara tersebut dikenal memiliki hubungan yang cukup buruk dengan negara-negara di Timur Tengah. Ini disebabkan kebijakan luar negeri George W. Bush, presiden AS sebelumnya, yang tidak ramah pada negara Islam. Pada masa pemerintahannya, Bush mencoba menginvasi Irak, mendukung serangan Israel terhadap Palestina, sampai mengisolasi Iran. Ketika Obama memimpin, AS sedikit demi sedikit mampu menjalin lagi hubungan baik dengan negara-negara Islam tersebut. Aksi Obama ini pun seolah membawa influence yang baik bagi dunia.

Berkawan Baik dengan Rusia

Obama dan Putin [Image Source]
Amerika dan Rusia memiliki sejarah yang buruk. Mereka merupakan musuh satu sama lain saat Perang Dunia II berlangsung. Meski perang telah berakhir lama, namun keduanya belum bisa menjalin hubungan baik layaknya negara-negara lain. Namun, Sejak Obama memimpin Amerika, hubungan AS dan Rusia semakin dekat dan terjalin dengan baik. Seumpama Obama keras terhadap Rusia, bisa saja perang dingin terulang lagi dan tentu saja ini bisa berdampak pada dunia.

Menghakimi Osama Bin Laden

Osama tewas [Image Source]
Pada tahun 2011, pasukan khusus yang mengejar Osama Bin Laden, pimpinan Al-Qaeda berhasil menangkapnya di Abbottabad, Pakistan dan membunuhnya di tempat. Al-Qaeda merupakan otak di balik serangan 11 September di New York yang membunuh ratusan orang. Selain di New York, Al-Qaeda juga diduga melakukan serangan teroris ke berbagai tempat di belahan dunia. Bagi dunia ini adalah salah satu prestasi besar yang dicatatkan Amerika dan Obama-lah yang memprakarsai hal itu.

Menjadikan Amerika sebagai Negara Ramah Lingkungan

Amerika negeri ramah lingkungan [Image Source]
Memang kebijakan-kebijakan ramah lingkungan yang dicanangkan Obama hanya berlaku di Amerika Serikat. Namun jika kita berbicara lingkungan, kerusakan di satu tempat dapat merusak tempat lainnya. Sehingga dengan dimulainya perbaikan lingkungan di Amerika Serikat akan berpengaruh pada lingkungan di seluruh dunia. Beberapa negara sudah mulai mencontoh kebijakan Obama terkait dengan lingkungan tersebut.

Beberapa kebijakan Barack Obama memang menuai pro dan kontra. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa apa yang dilakukannya itu berpengaruh bagi masyarakat luas dan menjadikan keadaan politik dunia lebih damai dibanding sebelumnya. Tak hanya Obama, sang istri, Michelle Obama, pun turut memberikan kontribusi pada dunia. Misalnya tentang kiprahnya di dunia pendidikan dan pemberdayaan perempuan secara global. Melihat apa yang sudah dilakukan Obama, sepertinya akan cukup susah bagi Amerika untuk memiliki presiden yang seperti ini lagi.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA