Tidak banyak orang yang benar-benar memikirkan tentang atap rumah. Ya iya sih, ngapain juga merenungi benda mati? Atap sendiri memiliki peranan penting pada rumah, yakni untuk melindungi penghuni dari panasnya matahari hingga guyuran hujan. Ternyata di samping itu, kita tetap perlu melakukan maintenance atau pemeliharaan yang mungkin makan biaya yang tidak murah.

Tapi, jangan salah gengs, sebenarnya ada beberapa atap yang bisa melindungi tuan rumah dari hal mematikan lho. Jadi sebenarnya memberi perhatian lebih terhadap atap genteng rumah bukanlah hal yang sia-sia. Kalau tak percaya, monggo ditengok ulasan berikut ini.

Mewarnai atap dengan nuansa putih

Kebanyakan genteng yang kita lihat menggunakan warna merah maroon atau pun coklat. Nah, tahukah sahabat Boombastis kalau mengubah warna atap/genteng dengan warna putih ternyata memiliki manfaat lebih? Memang sih kalau kita pikir-pikir warna tersebut bisa cepat kotor apabila sudah terkena debu sedikit. Tapi jangan salah Sahabat Boombastis, warna ini ternyata mampu mencegah terjadinya gelombang panas.

Atap berwarna putih [Sumber Gambar]
Hal ini dibuktikan dari studi yang dipublikasikan di Environment International, bahwa atap putih bisa menurunkan suhu hingga 3 derajat celcius. Dikarenakan warna putih dapat memantulkan panas kembali ke luar angkasa. Jika hal tersebut dilakukan oleh setengah saja penduduk dunia, tentunya bisa membantu mengurangi udara panas yang ditimbulkan ya.

Atap go green yang tidak timbulkan penyakit bagi pemilik rumah

Sahabat Boombastis mungkin sudah tahu dengan bahaya asbes, karena disinyalir dapat timbulkan beberapa penyakit. Ini semua karena asbes mengandung fiber beracun di dalamnya, sehingga bisa menimbulkan gangguan kesehatan terutama untuk paru-paru. Tapi, kalian tak perlu khawatir dengan ini semua. Pasalnya saat ini telah ada terobosan baru pengganti asbes bernama Atap Go Green.

Atap go green [Sumber Gambar]
Yap, sesuai dengan namanya, atap ini tidak menimbulkan efek berbahaya sedikit pun bagi pemilik rumah atau alam. Disebabkan bahan-bahannya terbuat dari formula baja ringan yang ramah lingkungan. Bahkan, atap go green ini juga mempunyai beberapa kelebihan seperti anti karat, terdapat lapisan untuk meredam sinar ultraviolet dan harganya pun juga lebih murah.

Menggunakan insulasi pada atap

Supaya enggak kepanasan di dalam rumah, kita bisa gunakan sebuah benda peredam. Benda tersebut dikenal dengan nama insulasi. Ia adalah primadona peredam panas yang biasa digunakan di bangunan-bangunan besar. Seperti gedung bertingkat atau pabrik. Namun, tak masalah kok kalau kita ingin menggunakannya di rumah.

Insulasi atap [Sumber Gambar]
Kalian bisa membelinya di toko bangunan atau online shop dengan beragam jenis. Yaitu aluminium foil, glasswool dan bubble foil. Tapi perlu diingat ya, sebelum memasang insulasi pada atap, kalian juga harus mempertimbangkan banyak hal. Contohnya bentuk atap dan banyaknya insulasi yang dibutuhkan.

BACA JUGA : Terpapar Asbes Setiap Hari, Awas! Penyakit Ini Bisa Menyerangmu Kapan Saja

Itulah atap-atap beserta propertinya yang berfungsi untuk menyehatkan pemilik rumah. Tak hanya bikin rumah adem, tapi juga menghindari gelombang panas yang bisa datang sewaktu-waktu. Dan juga menghindari pemilik rumah terkena penyakit seperti asbestosis yang biasanya dihasilkan oleh asbes. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?