in

Gelombang Panas Sering Menyerang Beberapa Daerah di Dunia, Apa Sih Penyebabnya?

Gelombang panas akhir-akhir ini telah menyerang beberapa belahan dunia. Bahkan, konon kabarnya, dilansir dari laman Deutsche Welle, kalau gelombang panas ini akan sambangi Indonesia lho Sahabat Boombastis. Judul artikelnya pun juga cukup mengerikan yaitu Indonesia Akan Didera Gelombang Panas Mematikan. Nah, hal ini pun membuat hampir seluruh warga Indonesia menjadi khawatir karena bisa saja peristiwa menakutkan itu tiba-tiba terjadi.

Namun, menurut Deputi Bidang Klimatologi BMKG yaitu Herizal, artikel tersebut hanya mengambil kesimpulan dari beberapa penelitian. Kemudian, di artikel tersebut juga tidak menyebutkan jika Indonesia akan terserang gelombang panas. Jadi, jangan khawatir ya Sahabat Boombastis karena peristiwa itu tidak akan datang ke negara kita. Nah, berbicara tentang gelombang panas yang ditakuti oleh seluruh dunia ini ternyata ada penyebab lho. Bukan semata-mata karena takdir dari Tuhan Yang Maha Esa.

Dari sisi BMKG India, penyebabnya adalah hal satu ini

India merupakan salah satu negara yang paling sering ditimpa oleh gelombang panas nih Sahabat Boombastis. Bahkan, pada tahun 2015 lalu, banyak korban jiwa yang diakibatkan fenomena alam menakutkan tersebut. Dikutip dari laman news.detik.com, jika gelombang panas sudah menelan korban jiwa hingga 1100 orang di wilayah Andrha, Pradesh dan Telanggana.

https://www.youtube.com/watch?v=mqXrNYSf7U0

Dari situ, Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMKG India bernama A. Fachri Radjab, jika gelombang panas ini terjadi karena perluasan pola musim di Negara yang terkenal dengan Taj Mahal tersebut. Akibatnya, suhu menaik hingga 5 derajat celcius dari yang seharusnya. Bahkan, ini juga terjadi pada malam hari Sahabat Boombastis. Sehingga enggak heran kalau gelombang panas sangat ditakuti oleh seluruh orang di dunia.

Ada faktor lain yang bisa terjadi di mana saja

Selain faktor perluasan pola musim, ada penyebab lain dari terjadinya gelombang panas. Adalah tekanan tinggi yang ada di bagian tertentu atmosfer. Hal ini pun diamini oleh Organisasi Meteorologi Dunia. Pada saat Jepang dilanda gelombang panas, salah satu anggota dari Organisasi Meteorologi Dunia tersebut mengungkapkan apa sebenarnya penyebab fenomena mematikan tersebut.

Kepada Cosmos Magazine, ia mengutarakan tekanan tinggi tersebut banyak terjadi pada saat musim panas. Lalu tekanan tinggi yang ada di atmosfer bumi akan bergerak lambat dan dapat bertahan di suatu area berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Jadi itulah mengapa gelombang panas bisa membuat banyak orang terserang sakit dan juga meninggal dunia.

Ternyata bisa juga diakibatkan dari perlakuan manusia

Siapa sangka, ternyata gelombang panas satu ini juga bisa terjadi karena perlakuan dari manusia lho. Hal ini dikatakan oleh Martin Tingley yang merupakan seorang ahli iklim di Harvard University. Ia menyebutkan kalau perbuatan buruk manusia banyak yang mengundang terjadinya gelombang panas.

Dari asap kendaraan bermotor [Sumber Gambar]
Contohnya seperti menggunakan kendaraan bermotor, tempat tinggal yang dibangun dengan banyak kaca dan juga boros dalam memakai listrik. Apalagi kebiasaan-kebiasaan itu banyak dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia. Wah, risiko terjadinya gelombang panas akan semakin besar. Ditambah pula dengan keadaan lapisan atmosfer yang semakin tipis setiap harinya.

Adanya gelombang panas yang terjadi di beberapa kawasan, membuat kita sebaiknya lebih waspada lagi. Memang beberapa peneliti menyebutkan kalau Indonesia tidak akan terkena fenomena itu lantaran keadaan atmosfer yang berbeda. Namun kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di kemudian hari. Sehingga mulai sekarang, alangkah lebih baik hindari melakukan hal-hal yang memicu terjadinya gelombang panas. Ingat, bumi kita sudah semakin tua lho.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Cerita Jafro Megawanto, Tukang Lipat Parasut yang Justru Sumbangkan Emas Bagi Indonesia

Jadi Biang Kerok Kegagalan Timnas, Inilah Dosa-dosa Shaun Evans yang Tak Terampuni