Kabar soal Menteri Sosial Juliari Batubara yang ditetapkan sebagai tersangka tersangka kasus dugaan korupsi bansos Covid-19 oleh KPK, Minggu (6/12/2020), memang cukup mengejutkan. Sebelumnya, hal serupa juga dialami oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo yang juga ditangkap KPK terkait dengan kasus ekspor benur.

Kasus korupsi yang terjadi pada dua menteri di atas sejatinya sangat disayangkan. Selain mengkhianati jabatan yang dimilikinya, perbuatan tersebut juga merugikan banyak pihak. Terutama negara sendiri. Tak sekali ini terjadi, beberapa kasus korupsi ini juga dilakukan oleh para menteri yang efeknya dirasakan oleh rakyat kecil.

Korupsi pengadaan sapi impor dan mesin jahit Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah

Mantan Mensos Bachtiar Chamsyah [sumber gambar]
Sosok Bachtiar Chamsyah sempat menjadi pesakitan KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan korupsi pengadaan mesin jahit dan sapi impor pada Kementerian Sosial 2004-2006. Kasus yang menjerat Menteri Sosial di era Presiden SBY itu diduga telah merugikan negara sebesar Rp37,8 miliar.

Proyek Hambalang dan Dana Hibah KONI yang dilakukan masing-masing Menpora

Menpora Andi Mallarangeng dan Imam Nahrawi [sumber gambar]
Dua Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di era presiden SBY dan Jokowi, yakni Andi Mallarangeng dan Imam Nahrawi pernah ditangkap KPK karena tindak pidana korupsi yang dilakukan. Andi Mallarangeng ditahan kasus dugaan korupsi proyek Hambalang atau Wisma Atlet, 6 Desember 2012. Sedangkan Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan korupsi dana hibah KONI pada 18 September 2018.

Menteri Sosial Idrus Marham terlibat kasus korupsi PLTU Riau-1

Mantan Mensos Idrus Marham mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK [sumber gambar]
Berganti ke era pemerintahan Presiden Jokowi, Menteri Sosial Idrus Marham ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas tindak pidana korupsi proyek PLTU Riau-1. Pengadilan Tinggi DKI sempat memperberat hukuman menjadi 5 tahun penjara setelah sebelumnya divonis 3 bulan kurungan pada April 2019. Idrus yang tak terima kemudian mengajukan banding dan hukuman dipangkas menjadi 2 tahun.

Kasus ekspor benur yang menyeret Menteri KKP Edhy Prabowo

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo (tengah) mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK [sumber gambar]
Kebijakan ekspor benih lobster atau benur yang selama ini menjadi polemik kian menjadi sorotan setelah Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditangkap oleh KPK. Ia pun akhirnya ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan ekspor benih lobster atau benur.

Dugaan kasus korupsi Bansos Covid-19 oleh Menteri Sosial Ari Batubara

Menteri Sosial Juliari Batubara memakai rompi oranye KPK [sumber gambar]
Menteri Sosial Juliari Batubara akhirnya ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan kasus korupsi dana bantuan sosial atau bansos Covid-19 untuk wilayah Jabodetabek tahun 2020. Tak sendiri, ada enam orang lainnya yang juga ditahan setelah terkena operasi tangkap tangan (OTT). Beberapa di antara mereka merupakan pejabat di lingkungan Kemensos dan pihak swasta.

BACA JUGA: Terciduk KPK, Inilah Para Bos BUMN yang Dianggap Sebagai Pengkhianat Oleh Sri Mulyani

Beberapa kasus serupa yang pernah terjadi selain di atas adalah tindak pidana korupsi dana haji 2012-2013 di Kementerian Agama yang dilakukan oleh Mantan Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali, dan Menteri ESDM Jero Wacik yang terjerat kasus dugaan pemerasan terkait kewenangannya dalam pengadaan dana operasional kementerian tahun anggaran 2011-2013.