Kisah masa lalu seseorang yang merintis kesuksesan mulai dari bawah, menjadi sebuah cerita yang menarik sekaligus inspiratif. Tak terkecuali para artis papan atas Indonesia, siapa sangka jika mereka dulunya harus berjuang keras untuk sekedar menyambung hidup hingga dikenal luas seperti saat ini.

Seiring berjalannya waktu, titik terang mulai menghampiri mereka bersamaan dengan kesuksesan yang diraih di panggung hiburan tanah air. Profesi baru sebagai seorang artis ternama telah berhasil mengubah kehidupan menjadi lebih mapan dari sebelumnya. Siapa saja mereka? Simak ulasan Boombastis berikut ini.

Tukul Arwana sempat jadi supir angkot di masa lalu

Tukul Arwana [sumber gambar]
Pelawak kondang Tukul Arwana ternyata sempat menjadi supir angkot sebelum dikenal sebagai artis papan atas nasional. Faktor ekonomi menjadikan dirinya harus bekerja keras demi mendapatkan uang sendiri. Bahkan saat menginjak bangku SMA, Tukul juga menekuni profesi sebagai kenek dan supir mobil. Kini, perjuangan kerasnya itu terbayar dengan kesuksesannya sebagai seorang pelawak sekaligus presenter kondang.

Dede Sunandar kenang masa lalu sebagai tukang cuci piring

Artis Dede Sunandar [sumber gambar]
Perjalanan karir komedian Dede Sunandar bisa dikatakan tidaklah mudah. Ia pernah bekerja sebagai cleaning service dan tukang cuci piring sebelum merintis karir di dunia hiburan. Sebagai pegawai, tentu saja Dede harus puas dengan gaji UMR yang ditetapkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Hal tersebut akan selalu dikenang oleh Dede yang kini telah sukses menjadi artis terkenal di Indonesia.

Opie Kumis sempat rasakan kerasnya hidup sebagai kuli bangunan

Opie Kumis [sumber gambar]
Di baik sosoknya yang jenaka dan kocak, siapa sangka jika komedian Opie Kumis sempat merasakan susahnya mencari sesuap nasi sebagai kuli bangunan dan tukang sendal di kereta. Pria bernama asli Muchtar Lutfi itu baru bersentuhan dengan dunia akting setelah lolos ikut casting yang dilakukan oleh Deddy Mizwar. Film Lorong Waktu menjadi debut pertamanya hingga kini dikenal sebagai komedian.

Iko Uwais pernah menjadi supir perusahaan provider sebelum dikenal

Iko Uwais [sumber gambar]
Profesi sebagai supir ternyata pernah dirasakan oleh Iko Uwais di masa-masa susahnya dahulu. Pria kelahiran Jakarta, 12 Februari 1983 itu menjadi supir truk untuk sebuah perusahaan provider telekomunikasi. Beruntung, kemampuan pencak silat yang dimilikinya berhasil mengantar Iko Uwais berjaya sebagai aktor laga di dunia perfilman nasional dan internasional.

Jatuh bangun Ruben Onsu merintis karir di dunia hiburan

Ruben Onsu [sumber gambar]
Hidup susah dan berjuang dari bawah juga pernah dirasakan oleh artis dan pengusaha Ruben Onsu. Pada tahun 1999 atau 2000, siapa sangka jika dirinya pernah menjadi petugas kebersihan parkir dan house keeping di sebuah hotel. Kegigihannya mengubah nasib, membawa Ruben terjun ke dunia hiburan dan sukses hingga saat ini. Tak hanya itu, ia juga dikenal sebagai pengusaha kuliner dengan beberapa cabang di Indonesia.

BACA JUGA: Tajir dari Lahir, 5 Artis Ini Tak Pernah Rasakan Nikmatnya Nasi + Kerupuk di Tanggal Tua

Perjuangan keras para artis di masa lalu kini terbayar sudah. Kesuksesan mereka berkarir di dunia hiburan tanah air, mampu memberikan kehidupan layak yang mungkin hanya menjadi impian belaka saat pertama kali merintis karir. Benar memang bahwa kesuksesan itu butuh perjuangan keras dan mau memperjuangkannya hingga akhir.