Kita perlu berterima kasih pada komedian Betawi dan komedian lokal lainnya. Dunia entertainment tak lengkap rasanya tanpa hadirnya sosok yang lucu dan menghibur. Mereka adalah para komedian yang selalu membuat para penonton tertawa lepas. Dari tahun ke tahun, di Indonesia selalu saja muncul komedian baru.

Namun silih berganti, para komedian Betawi ini tak terdengar candanya lagi. Mereka pergi karena usia dan penyakit sehingga harus mendahului kita. Inilah serentetan nama komedian Betawi yang berjasa dalam seni lawakan Indonesia.

Baca Juga :4 Kebaikan Olga Syahputra Semasa Hidup yang Membuatmu Terharu

1. Bing Slamet

Nama aslinya adalah Ahmad Syeh Albar. Lahir di Cilegon pada tanggal 27 September 1927. Namanya terkenal saat bergabung dengan Ateng, Iskak dan Eddy Sud dalam “Kwartet Jaya”, sebuah group yang lawakannya sudah melegenda di Indonesia.

Sebelum Bing roboh dari kejayaannya, ia masih sempat berpentas dengan grupnya itu. Dengan menahan sakit perut karena ulu hati membengkak, hingga akhirnya pingsan dan sempat dikira aksi komedi oleh penonton.

Bing Slamet, Komedian Legendaris - (c)wikimedia.com
Bing Slamet, Komedian Legendaris – (c)wikimedia.com

Seniman yang sebelumnya pernah bergabung dalam group musik “Eka Sapta” pada tahun 1963 ini, wafat pada tanggal 17 September 1974. Kepergiannya diantarkan iringan motor dan mobil sepanjang 4 km. Sebuah bukti bahwa ia tokoh komedian yang sangat dicintai. Bahkan untuk mengenang kepergiannya, penyanyi lawas Titiek Puspa menciptakan lagu berjudul Bing.

2. Benyamin Sueb

Pemeran “Babeh” dalam film “Si Doel Anak Sekolahan” ini lahir di Kemayoran pada tanggal 5 Maret 1939. Ia adalah seorang aktor, komedian, sutradara dan pencipta lagu. Hampir disetiap film yang dimainkan, dirinya menyanyikan lagu ciptaannya sendiri.

Lagu-Lagu Ciptaannya Sudah 75 Album - (c)wikimedia.com
Lagu-Lagu Ciptaannya Sudah 75 Album – (c)wikimedia.com

Komedian yang terkenal akan celotehannya “muke lu jauh” ini wafat pada tanggal 5 September 1955. Beliau terkena serangan jantung seusai bermain bola dan sempat koma beberapa waktu. Benyamin terkenal spontan dalam melawak di film.

Jadi, komedi atau lagu legendaris Benyamin Sueb yang kita nikmati, mungkin tidak pernah ada di skenario. Hanya sebuah improvisasi renyah yang malah menghibur kita semua.

3. Haji Bokir

Siapa yang tidak mengenal dengan beliau, wajahnya sering menghiasi layar kaca sejak tahun 1978. Pemilik nama lengkap Muhammad Haji Bokir ini sering sekali beradu akting dengan artis Suzanna. Beliau sukses memberikan nuansa lucu dalam sebuah film horor.

Sering Beradu Akting Dengan Aktris Suzanna - (c)uniqpost.com
Sering Beradu Akting Dengan Aktris Suzanna – (c)uniqpost.com

Seseorang yang sangat gigih dalam melestarikan kesenian “Topeng Betawi” ini wafat pada tanggal 18 Oktober 2002 silam. Sebelumnya, beliau sempat menderita penyakit darah tinggi yang cukup lama. Namun kenangan akan aksi lucunya masih saja melekat hingga saat ini.

4. Haji Bodong

Pemeran engkong dalam film “Si Doel Anak Sekolahan” ini mempunyai nama Haji Bodong. Beliau juga termasuk seniman Betawi yang sering tampil dalam acara lenong. Haji Bodong wafat pada tanggal 6 Mei 2012 di kediamannya, Kampung Dukuh, Jakarta Timur.

Pernah Bermain Di Film Si Dul Anak Sekolahan - (c)kabarpublik.com
Pernah Bermain Di Film Si Dul Anak Sekolahan – (c)kabarpublik.com

Sebelumnya, beliau sempat berjuang melawan penyakit komplikasi paru, gula dan sesak nafas yang dideritanya selama kurang lebih tiga tahun lamanya. Selama sakit ia tidak bisa beraktifitas dan hanya berbaring di tempat tidur. Meramaikan drama komedi keluarga Doel membuatnya diingat sebagai salah satu ikon komedian yang dekat di hati para pemeran maupun penonton.

5. Jojon

Nama aslinya adalah Djuhri Masdjan. Lahir di Karawang pada tanggal 5 Juni 1947. Beliau mempunyai ciri khas yang begitu melekat pada dirinya, yakni celana bretel menggantung dan kumis kecil yang bentuknya mirip seperti kepunyaan Charlie Chaplin, komedian asal Inggris.

Selalu Tampil Dengan Bentuk Kumis Andalannya - (c)tribunnews.com
Selalu Tampil Dengan Bentuk Kumis Andalannya – (c)tribunnews.com

Pada awal mula berkarir, Jojon bergabung dalam group lawak bernama “Jayakarta Grup” Cahyono, Hasanuddin, Esther dan Chalpin. Beliau wafat pada tanggal 6 Maret 2014 di Rumah Sakit Ramsey Premier Jatinegara. Saat itu, Jojon mengalami serangan jantung.

Ciri dan gelak candanya yang khas, membuat banyak orang terkejut harus kehilangan komedian senior itu. Jojon kerap menampilkan peran yang jadi bulan-bulanan sehingga mampu membuat orang tertawa.

6. Mpok Nori

Semua tentu mengenal sosok yang satu ini. Nama aslinya Nuri Sarinuri, seorang komedian wanita yang mempunyai suara lengkingan yang begitu khas. Beliau lebih dikenal dengan nama Mpok Nori dan sering bercanda dengan mengaku dirinya adalah Nikita Willy.

Mpok Nori kerap bergaya lincah. Meski sudah menua, tapi ia pede menggunakan wig atau riasan menor seolah ingin meniru artis cantik lainnya. Tapi semua itu bubrah ketika Mpok Nori menjerit geger hingga memancing gelak tawa.

Bercanda Dirinya Secantik Nikita Willy - (c)tribunnews.com
Bercanda Dirinya Secantik Nikita Willy – (c)tribunnews.com

Mpok Nori meninggal belum lama ini, tepatnya tanggal 3 April 2015. Sebelumnya beliau sempat mengeluh sakit karena asma yang dideritanya dan kemudian menjalani perawatan di Rumah Sakit Pasar Rebo. Namun sayang, takdir ternyata berkata lain.

Itulah tadi beberapa nama komedian legendaris Betawi yang sudah tiada. Segala canda dan tawa yang mereka berikan tentu akan selalu kita ingat. Semoga akan ada penerus dari seniman-seniman yang sangat lucu dan menghibur ini kelak.