Perkembang biakan media sosial di Indonesia akhir-akhir ini banyak menimbulkan polemik. Mulai dari hate speech, hujatan serta makian yang ditulis pada kolom komentar akun gosip @lambe_turah maupun akun pribadi artis yang bersangkutan. Tanpa sadar, netizen meluapkan pendapatnya tanpa berpikir bagaimana kira-kira perasaan objek yang mereka serang.

Hal ini pun membuat Boombastis.com ingin mengungkap 5 artis yang hampir mengakhiri hidupnya setelah mendapat banyak hujatan yang bisa juga disebut bully dari para netizen. Bukan karena cemen, tetapi memang sudah sepatutnya kita sadar bahwa bullying adalah hal yang berbahaya. Simak ulasan berikut agar Sahabat Boombastis (Saboom) sekalian bisa lebih mengerti.

1. Ratna Pandita, personel Duo Bunga yang tak tahan akibat hujatan Lucinta Luna yang merembet

Sudah bukan sesuatu yang baru lagi, ketika menyebut nama Lucinta Luna respon sebagian besar orang akan mengarah pada hal negatif. Lucinta Luna memang sedang hangat dibicarakan di tahun ini berkat dirinya yang tidak mengakui status transgender-nya. Alhasil, bullyan netizen pun merambat pada Ratna Pandita, kawan duetnya di Duo Bunga—grup dangdut yang sedang naik daun.

Berhari-hari mencoba tak menanggapi, Ratna pun tiba pada titik terpuncaknya. Ia sempat berpikir untuk bunuh diri menghadapi komentar netizen yang begitu pedas. Hal ini disampaikan oleh sang manager yang lalu diunggah oleh akun gosip @mak_rumpita. Ternyata, bukan hanya di Korea Selatan ya, artis bunuh diri berkat hujatan netizen, di Indonesia juga hampir terjadi.

2. Fedi Nuril, peran Fahri di Ayat-Ayat Cinta yang melegenda itu bawa sial pada dirinya

Masih ingat Film Ayat-Ayat Cinta yang meledak pada tahun 2008 lalu? Ya, itulah pertama kali Fedi Nuril dikenal publik oleh peran yang begitu mencengangkan. Ia memerankan karakter Fahri, seorang pelajar Indonesia yang melanjutkan studinya di Mesir. Di sana ia bertemu dengan dua wanita yang membuatnya dilema.

Fedi Nuril Ayat-Ayat Cinta [sumber gambar]
Karena film ini berasal dari adaptasi novel, banyak pembaca yang kecewa dengan film tersebut. Terutama sosok Fahri yang diperankan oleh Fedi Nuril, para pembaca merasa Fedi Nuril tak pantas memerankan Fahri yang ilmu agamanya sudah di atas rata-rata. Bahkan, banyak pembaca yang mendoakan Fedi Nuril segera mati dan masuk neraka. Fedi pun depresi berat akibat racauan netizen dan sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

3. Arumi Bachsin, sempat bikin satu Indonesia heboh

Berbeda dari kedua rekannya di atas yang merasakan krisis identitas akibat serangan netizen saja, Arumi juga berpikir untuk bunuh diri ketika sedang cekcok dengan orang tuanya. Dilansir dari kapanlagi.com, kala itu orang tua Arumi tak setuju dengan hubungan asmara putri mereka dengan Miller. Arumi pun geram dan melarikan diri dari rumah.

Arumi Bachsin Kabur [sumber gambar]
Seluruh masyarakat Indonesia pun ikut heboh dibuatnya. Bahkan, Kak Seto juga ikut turun tangan menangani permasalahan Arumi. Belum lagi komentar negatif netizen yang semakin menyudutkannya. Menyebut dirinya anak tak berbakti dan tak tahu balas budi kepada orang tua. Pikiran seorang Arumi  Bachsin pun berkelut dan menyebabkan dirinya pernah melakukan percobaan bunuh diri.

4. Aida Saskia, rumor percintaannya bocor ke publik

Tak seperti kebanyakan selebriti Indonesia lainnya, yang jika tercyduk sedang dalam hubungan spesial akan langsung mengonfirmasikannya dan go public sesaat setelah itu, pedangdut Aida Saskia menjalani hubungan asmara yang berbeda. Ia rupanya pernah menjalin cinta dengan alm. Zainuddin MZ. Melihat bagaiman sosok Zainuddin MZ dipandang selama ini membuat Aida dihujat banyak orang.

Aida Saskia Zainuddin MZ [sumber gambar]
Ia pun kerap sekali dibully secara verbal oleh orang yang tak sengaja berpapasan dengannya yang akhirnya membuat ia depresi. Dilansir dari tabloidbintang.com, ia pernah melakukan percobaan bunuh diri sebanyak lima kali, namun aksinya digagalkan. Untungnya, kini ia bisa melanjutkan hidup dengan baik.

5. Angela Lee, terlilit hutang hingga dicela netizen habis-habisan

Kasus pelik yang dialami Angela Lee pada penghujung tahun 2017 memang membuat publik heboh. Pasalnya, artis cantik ini terlibat kasus penggelapan uang senilai Rp12 miliar, belum lagi gaya hidupnya yang serba mewah. Ia sempat dituding melarikan diri setelah terlibat hutang sebelum akhirnya ditangkap pihak berwajib. Netizen pun kembali menghujani komentar pada akun instagram Angela Lee dengan hujatan.

Angela Lee Hampir Bunuh Diri [sumber gambar]
Ketika ia kembali menjalani proses hukum di kantor polisi, kuasa hukumnya menyatakan Angela Lee sudah pernah melakukan percobaan bunuh diri sebanyak tiga kali, seperti yang diwartakan oleh tempo.co. Angela juga menulis caption panjang dalam sebuah foto hasil unggahannya di akun instagram pribadinya, menjelaskan kasus yang sebenarnya terjadi menurut sudut pandangnya.

Ternyata, bermain di media sosial tidak selamanya menguntungkan ya, Saboom. Bisa jadi kata-kata yang keluar dari ketikan jari kita menghancurkan hidup seseorang, walaupun sebenarnya kenal saja tidak. Untungnya, 5 artis di atas masih mendapat dukungan moral dan banyak kasih sayang dari orang-orang terdekat sehingga mereka bisa hidup dengan baik sekarang.