Liburan ke luar negeri tengah menjadi budaya selebriti tanah air. Sekali memiliki waktu luang, mereka lebih memilih untuk mengunjungi negara Jepang atau beberapa di Eropa, daripada keliling negeri sendiri. Meskipun begitu, ada satu hal yang tak bisa memungkiri mereka bahwa Indonesia adalah rumah terbaik.

Ya, makanannya. Makanan Indonesia yang kaya akan cita rasa memang tak tergantikan di manapun. Maka dari itu, meski liburan ke luar negeri, 7 artis ini tak pernah absen membawa bekal makanan Indonesia untuk dinikmati di luar negeri. Enggak bisa jauh-jauh dari rumah, ya, memang!

Ayu Ting Ting, bawa nasi, ikan teri, hingga sambal sendiri

Beberapa hari yang lalu, Ayu Ting Ting baru saja tiba di Jakarta, usai berlibur sekeluarga ke Turki. Ia memboyong rombongan sejumlah kurang lebih 15 orang ke Negeri Kebab. Merasa tak cocok dengan makanan di sana, Ayu Ting Ting membawa beras hingga lauk-pauk agar tetap bisa mendapat energi yang cukup.

Makanan Ayu Ting Ting di Turki [sumber gambar]
“Kalau cerita lucu sih enggak ada, cuman di sana kita suka ribet dengan makannya doang. Untungnya kita bawa dari Jakarta kaya tempat nasi, terus bawa beras, bawa lauk, ikan asin, ikan teri, pokoknya semuanya di bawa, sambal, dan lain-lain,” ungkapnya, dikutip dari grid.id.

Anang dan Ashanty, tak pernah absen bawa cabai rawit dan mi instan

Beruntung Ashanty menjadi istri Anang, sebab suaminya tak suka pilih-pilih makanan. Hal yang harus ada dalam piringnya adalah cabai rawit, siap disantap dengan kudapan apapun. Berlaku pula jika mereka memutuskan untuk berlibur ke luar negeri sekeluarga.

Makanan Anang dan Ashanty di luar negeri [sumber gambar]
Ashanty mengaku rela membawa cabai rawit dan mi intan satu koper untuk suaminya—takut-takut tak cocok dengan makanan di negara yang akan dikunjungi. “Baju satu koper. Satu koper lagi mi instan, cabai rawit. Mikirnya, takutnya makanannya enggak masuk di lidah mas Anang,” ungkap Ashanty kepada wowkeren.com.

Joe Taslim dan Maia Estianty, segala makanan harus diberi sambal

Dua artis di atas ini memang cinta mati dengan pedas, terutama sambal. Joe Taslim dan Maia Estianty mengaku mereka memang pecinta pedas dan rasanya enggak afdol makan tanpa diberi sisihan sambal. Tak ayal, jika akan bepergian ke luar negeri mereka telah menyiapkan bekal sambal di kopernya.

Makanan Joe Taslim dan Maia Estianty di luar negeri [sumber gambar]
Dilansir dari lifestyle.okezone.com, Joe Taslim mengaku membawa banyak sambal ketika akan syuting di Eropa dan Afrika. Saking banyaknya, ketika pulang ke Indonesia, bekal sambalnya masih tersisa. Begitu pula Maia Estianty, ia serta Al, El, dan Dul, terbiasa membawa 3 macam sambal ketika ke luar negeri.

Nana Mirdad, borong bumbu masak lengkap!

Tak tanggung-tanggung, bukan hanya cabai rawit, sambal, atau mi instan, Nana Mirdad membawa segala macam bumbu masak ketika pergi berlibur ke Australia. Istri Andrew White ini mengemas bumbu-bumbu tersebut dengan rapi dan tahan bocor sehingga bisa lolos dari pihak imigrasi. Berbeda dengan Ayudia Bing Slamet dan Nia Ramadhani yang sambalnya

Makanan Nana Mirdad di Australia [sumber gambar]
tertahan pihak imigrasi, sehingga mereka tak bisa merasakan cita rasa Indonesia di luar negeri. Selain seringkali membawa bumbu masak ke luar negeri, Nana Mirdad juga sempat membagi tips agar bisa lolos dari imigrasi, loh. Yang penting, enggak perlu berbohong dengan pihak imigrasi dan menyatakan bahwa apa yang sudah dikemas memang aman.

Michelle Ziudith, rendang harus ada dalam kopernya

Sama seperti rekan-rekan selebriti lainnya, Michelle Ziudith mengaku lidahnya Indonesia banget. Sehingga, ia tak mudah untuk beradaptasi dengan makanan-makanan luar negeri. Beberapa tahun lalu, ketika menjalani syuting film London Love Story, dirinya menyiapkan banyak hal terkait makanan.

Makanan Michelle Ziudith di London [sumber gambar]
“Aku enggak bisa kalau enggak bawa nasi, lidahku Indonesia banget. Makanya aku bawa rendang dari Padang, sambal teri, dan sambal terasi,” ungkapnya, dikutip dari jadiberita.com. Ia juga tak lupa membawa cabai rawit hingga mi instan layaknya Anang dan Ashanty. Meskipun Michelle mengaku dirinya norak, ia tak bisa hidup di London beberapa hari tanpa itu semua.

BACA JUGA: Ibadah Umroh Hingga Tidur Seharian, Begini Cara 7 Selebriti Ini Sambut Tahun Baru 2019

Tak dapat dipungkiri, masakan Indonesia memang sangat kaya dengan rempah-rempah. Sehingga membuat penduduknya gampang tak cocok dengan masakan yang minim rasa. Membawa bekal dari Indonesia memang solutif banget jika kita akan berlibur ke luar negeri selama beberapa hari.