Tak seperti kebanyakan artis, Ayudia Bing Slamet memiliki bisnis yang tak banyak digeluti di Indonesia. Ia menyalurkan hobi fotografinya ke dalam bidang yang disukainya, yaitu persalinan. Menjadi ibu hamil dan mengalami persalinan untuk pertama kali membuat perasaan keponakan Adi Bing Slamet ini campur aduk.

Maka dari itu, ia tertarik banget untuk mencoba menjadi pengamat dalam persalinan orang lain. Sehingga, ia memilih birth photography sebagai bidang yang digelutinya. Awalnya, hanya rekan sesama artis saja yang ia abadikan momen persalinanya. Lama kelamaan, hobinya ini menjadi profesi dan banyak orang tertarik untuk menggunakan jasanya.

Ayudia Bing Slamet jadi birth photographer [sumber gambar]
Banyak pepatah mengakatan picture speaks more than words—gambar bicara lebih banyak daripada kata-kata. Melihat koleksi foto-foto Ayudia Bing Slamet dalam akun instagram @diabirthphoto membuat siapapun tak kuasa menahan air mata. Seolah gambar tersebut bicara pada mereka yang melihat, bagaimana keadaan genting di dalam ruang persalinan ketika Ayudia mengabadikannya. Terlebih lagi, ia selalu memberikan caption yang menyentuh hati. Sehingga, banyak orang yang tertarik menggunakan jasanya ketika akan melahirkan. Dikutip dari kumparan.com, Ayudia merasa terpacu ketika harus mengabadikan momen-momen unik dalam sebuah persalinan. “Iya, macem-macem (ekspresinya), karena ekspresi deg-degan bapaknya ada yang pucat. Semuanya candid, enggak ada yang ngatur,” ungkapnya.

Hobi jadi profesi Ayudia Bing Slamet [sumber gambar]
Pernah ia juga diutus mengambil momen persalinan dengan cara merekamnya. Namun, sebagai profesional, Ayudia Bing Slamet selalu mengadakan meeting dengan kliennya sebelum melaksanakan aksi jepret-jepretnya. “Kemarin juga ada kasus kayak mereka takut sama darah, jadi dari awal pas tech meet tanya dulu, takut enggak sama yang vulgar. Jadi, di folder enggak ada gambar yang serem-serem atau gimana,” bebernya. Ayudia pun menyatakan ia menghargai setiap keputusan kliennya, sehingga segalanya akan tampak lebih natural. Ia tak mengatur sang suami harus berada di posisi mana ketika menemani sang istri. Harus menggenggam tangan atau bagaimana, sehingga semuanya berjalan apa adanya ketika diabadikan. Orang yang melihat juga akan ikut merasakan apa yang sedang terjadi, meski hanya dari sebuah foto.

Persalinan Putri Marino [sumber gambar]
Baru-baru ini, banyak artis yang melahirkan buah hatinya, seperti Putri Marino dan Sharena Delon. Dua-duanya pun menggunakan jasa Ayudia Bing Slamet untuk mengabadikan momen persalinannya. Dalam sebuah foto Putri Marino, Chicco Jerikho, dan Surinala, Ayudia menceritakan bagaimana ia dihubungi oleh Chicco malam ketika Putri Marino kontraksi. Ia pun dengan sigap pergi ke rumah sakit bersalin untuk melihat kondisinya. Namun, karena apa yang dirasakan Putri Marino masih kontraksi awal, Ayudia kembali ke rumah sakit keesokan harinya dan berhasil menangkap momen persalinannya. Tangis Chicco dan Putri pecah ketika mendengar suara tangisan Surinala, hal ini juga berhasil ditangkap oleh Ayudia. Persis seperti adegan di film-film dan yang pasti membuat kita berlinangan air mata.

Berbeda dengan Sharena Delon yang sudah melahirkan untuk kedua kalinya. Ia tampak lebih tenang ketika akan menghadapi persalinannya. Tak banyak footage menangis, malah Sharena dan Ryan Delon tampak bangga ketika Sea sudah lahir ke dunia. Bahkan, Ayudia sendiri menulis bahwa Sharena menjadi sumber inspirasinya setelah melihat proses persalinannya. Tak hanya Putri Marino dan Sharena Delon, sebelumnya Ayudia juga sempat memotret persalinan Rachel Vennya, Tya Ariestya, Chua Kotak, hingga Aryani Fitriana. Sahabat Boombastis yang jago motret, bisa banget loh menjadikan bidang yang ditekuni Ayudia Bing Slamet sebagai fokus baru. Selain belum banyak saingan, kalian juga bisa mengalami banyak hal seputar prosesi persalinan. Agar bisa lebih menghargai perjuangan ibu sendiri.

Baby Sea (Sharena dan Ryan Delon) [sumber gambar]
Bagi sebagian orang, mungkin profesi fotografer masih dipandang sebelah mata. Sebab, banyak orang berpikir bahwa jeprat-jepret lewat handphone juga sama saja dengan fotografer yang menekuni bidang birth photography. Namun, sebagian kecil sudah ada yang menghargai profesi ini dan sedang dicari-cari, loh. Mau coba keberuntunganmu?