in

Aplikasi Ini Bisa Bikin Tampilan Presentasi Ciamik Lho, Cocok Buat Kantoran dan Kuliah

Melakukan presentasi dengan menggunakan aplikasi digital memang telah menjadi kebutuhan di era industri 4.0 seperti saat ini. Mungkin, banyak dari pengguna kerap memakai aplikasi PowerPoint yang memang sangat familiar digunakan oleh berbagai kalangan. Baik itu pekerja kantoran, mahasiswa, maupun siswa sekolah.

Meski demikian, aplikasi presentasi bukanlah melulu PowerPoint semata. Ada banyak yang bisa dipilih selain perangkat lunak besutan Microsoft tersebut. Salah satunya bahkan tersedia secara gratis karena berbasis open source (terbuka untuk umum). Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

LibreOffice Impress yang bisa digunakan tanpa biaya alias gratis

Bisa dibilang, LibreOffice Impress buatan LibreOffice memang benar-benar ditujukan sebagai aplikasi alternatif selain PowerPoint buatan Microsoft. Selain tersedia secara gratis, tampilan lembar kerja di komputer pun hampir mirip. Selain bisa disimpan dengan format LibreOffice Impress, perangkat lunak khusus untuk membuat presentasi itu juga mendukung format .pptx milik PowerPoint.

Prezi yang memiliki banyak pilihan animasi

Aplikasi alternatif berikutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Prezi yang berbasis cloud. Karena berbasis online, perangkat ini memungkinkan banyak orang untuk berkolaborasi mengerjakan sebuah proyek presentasi yang ada. Tak hanya itu, Prezi juga memiliki fitur editing yang mudah digunakan dan memiliki pilihan animasi yang menarik dan interaktif. Cocok untuk mereka yang bekerja secara tim yang melibatkan lebih dari satu orang.

Aplikasi Google Slide yang bisa dijalankan di ponsel pintar

Aplikasi berbasis online ini hadir sebagai alternatif sekaligus pesaing dari PowerPoint milik Microsoft. Sama seperti Prezi, Google Slide juga berjalan secara online dan memiliki penyimpanan cloud yang terintegrasi dengan Google Drive. Jika template bawaan dirasa masih kurang, Google Slide menawarkan pihak ketiga yang merancang template secara profesional.

Apple’s Keynote juga bisa menjadi pilihan

https://youtu.be/I8YEjI81NjA

Bagi pengguna Mac yang tidak ingin memakai PowerPoint, Apple telah menyediakan perangkat lunak bawaan yang bernama Keynote. Cara kerjanya hampir mirip dengan aplikasi presentasi besutan Microsoft tersebut. Hanya saja, ada perbedaan dari segi tampilan (user interface) pada layar kerja Keynote. Perangkat lunak itu juga cocok digunakan oleh pekerja kantoran, mahasiswa, maupun kuliah.

Menggunakan Visme dengan tampilan grafis yang profesional

Terakhir ada aplikasi Vizme yang memberikan ‘paket’ lengkap tak hanya berupa presentasi, tapi juga desain lainnya seperti infografis, visualisasi data, laporan, demo produk, dan resume. Semuanya bisa diakses melalui template bawaan yang telah disediakan. Untuk mendukung hal tersebut, Visme memiliki ribuan gambar kualitas bagus yang bisa diakses secara gratis, ratusan font, dan animasi.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Android Bikinan Orang Indonesia yang Melejit di Luar Negeri

Selain kelima aplikasi di atas, masih ada beberapa perangkat lunak lainnya yang bisa digunakan untuk membuat sebuah presentasi dengan tampilan yang bagus. Tentu saja, semua kembali kepada diri masing-masing. Karena aplikasi yang terbaik pun, belum tentu cocok dan sesuai dengan keinginan kita.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Viral Cara Mudah Ternak Lele Sekaligus Tanam Kangkung Sendiri dalam Satu Tempat di Rumah

Pusaka hingga Ajian, Inilah Kesaktian Para Wali Songo yang Terkenal di Tanah Nusantara