Kehadiran internet dan berbagai media sosial membuka peluang baru bagi banyak komikus muda untuk berkarya dan menyalurkan hobi. Tentu ada banyak sekali komik online yang bisa dibaca di berabagi media, mulai dari Instagram hingga Twitter. Salah satunya adalah Si Nopal. Kamu tau dengan sosok lucu ini bukan?

Kerap hadir dengan tingkahnya yang bikin ngakak, Nopal ini adalah hasil kerja kreatif komikus Indonesia. Tak hanya laris dan punya penggemar di medsos, Nopal sekarang bahkan dijadikan buku dan punya channel YouTube sendiri loh. Simak deh perjalanan Si Nopal dan sang kreatornya di sini.

Berawal dari komik yang dibuat pada 2015

Si Nopal ini pertama kali menyapa pembacanya pada tanggal 24 Agustus 2015. Dalam setiap episodenya, sang penulis hanya menyajikan komedi singkat nan receh dalam format komik strip 4 panel. Yang menjadi selling pointnya tentu kekuatan kata-kata dan ilustrasi dari si penulis. Karena jenaka, perjalanan Si Nopal banyak diikuti oleh pembaca dari berbagai kalangan, terutama anak muda.

Komik 4 strip Si Nopal [Sumber gambar]
Yang menjadi topik bahasan pun bukan hanya fenomena kehidupan sehari-sehari serta kehidupan para fans K-Pop juga. Sukses di media sosial, cerita Nopal ini kemudian dibukukan. Pionicon bekerjasama dengan penerbit Bukune merilis buku komik ini pada Oktober 2018 lalu.

Kemudian merambah ke Channel Youtube pada 2018

Sukses dengan komiknya, 27 April 2019, Si Nopal merambah ke dunia YouTube. Kartun ini punya dua pemeran utama, yakni Nopal sebagai kakak dan Cute Girl sebagai adiknya. Tak jauh beda dari serial di komik, Nopal dan Cute Girl bercerita tentang kehidupan sehari-hari dan dunia sekolahnya. Kamu sudah pernah menonton belum? Kalau belum, kamu harus banget melihat kartun ini.

Pasti gemas campur sedikit kesal saat mendengarkan si Cute Girl bernyanyi dan tertawa dengan khasnya. Saat ini ada 33 video yang sudah diunggah dalam kaanal Youtube ini. Jumlah subscribernya pun enggak kalah banyak, hampir 3 juta pelanggan. Video yang diupload pun sering nangkring di kolom trending Youtube Indonesia.

Digemari tak hanya di Indonesia, tapi juga negara tetangga

Tak hanya diminati di tanah air saja, animasi Nopal juga menjadi kesukaan negeri tetangga. Dalam satu episode berjudul ‘Kisah Aneh saat Berkemah!’, Cute Girl menyanyi lagu Hey Tayo yang liriknya sudah diganti dengan kata-katanya sendiri.

Melansir grid.id dari media Malaysia ohmymedia.cc, rupanya lagu tersebut viral di Malaysia hingga dijuluki sebagai ‘Demam Bahenol’. Netizen di Negeri Jiran ini penasaran dengan sang pengisi suara yang khas ini. Sampai saat ini, episode berkemah sendiri sudah ditonton lebih dari 20 juta viewers. Mantul enggak tuh?

Sosok di balik Nopal yang lucu dan menggemaskan

Tapi siapa ya kira-kira aktor di balik Nopal dan Cute Girl ini? Nah, ternyata Nopal diperankan oleh sang kreator sendiri, Naufal Faridurrazak, cowok kelahiran Bogor 1 November 1996. Sedangkan Cute Girl versi dunia nyatanya bernama Nadiah, adik kandung Naufal yang sekarang masih duduk di bangku SMK kelas 1.

Nadiah sendiri juga memiliki kanal YouTube sendiri, Si Nadiah. Di kanal tersebut, ia kerap mengunggah kegiatan sehari-harinya, contohnya saja beberapa tutorial cara bernyanyi atau berbicara ala Cute Girl.

BACA JUGA: Mengenal Nussa dan Rara, Animasi Asli Indonesia yang Akan Saingi Kartun Upin-Ipin

Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, semoga semakin banyak pula anak muda Indonesia yang berkarya di dalamnya, ya. Animasinopal ini adalah salah satu contoh kalau untuk menghibur dan berkarya itu tak perlu muluk, cukup dengan video berdurasi singkat, semua orang bisa senang. Tapi, jangan lupa juga kalau Naufal yang berhasil sekarang sudah membangun kariernya dari beberapa tahun lalu. Sukses memang tidak instan ya, Sahabat.