Sahabat Boombastis tentu sering melihat ibu-ibu hamil yang mengalami ngidam. Bahkan, banyak di antara mereka yang ngidamnya aneh-aneh. Seperti minta buah durian di tengah malam atau mangga muda yang harus dipetik langsung oleh suaminya sendiri. Gara-gara ini, banyak para suami yang kebingungan menghadapi keinginan belahan jiwanya.

Tapi, kali ini korbannya bukan suami, melainkan si ibu mertua. Tahu menantu kesayangannya ngidam Milo, ia rela mengejar truk susu tersebut sampai titik darah penghabisan. Dan ternyata, perjuangannya pun tak sia-sia, ia akhirnya mendapatkan susu tersebut agar bisa diminum menantu dan calon cucunya. Hmm.. sebenarnya mengapa sih ibu hamil suka sekali ngidam?

Adanya perubahan hormon pada tubuh

Nah, bagi orang-orang yang tanya mengapa ibu hamil suka sekali ngidam akan dijelaskan oleh Janet Pope, PhD, asisten profesor nutrisi dan diet dari Lousiana Tech University, Ruston, Amerika Serikat. Ia mengungkapkan bahwa penyebabnya adalah terjadinya perubahan hormon pada tubuh. Hal ini serupa dengan yang dialami oleh wanita yang tengah menstruasi gengs. Jadi, jangan kaget kalau wanita sedang banyak mau, mungkin ia sedang datang bulan.

Perubahan hormon pada ibu hamil [Sumber Gambar]
Oke, lanjut ke perubahan hormon. Biasanya keadaan ngidam ini juga sering terjadi berbarengan dengan masa mual dan muntah ketika usia kehamilan sudah 60 hari atau dua bulan. Tapi, hal ini tergantung pada kondisi ibu hamil itu sendiri ya. Sebab, ketahanan tubuh seseorang berbeda-beda. Ada yang hanya sampai empat bulan atau bahkan bisa hingga si jabang bayi lahir.

Sebagai bentuk untuk menghindari makanan yang dilarang

Lain halnya dengan yang dikatakan oleh Siobhan Dolan, MD selaku direktur medis March of Dimes Birth Defects Foundation. Ia mengatakan jika ngidam ini sebagai bentuk penghindaran dan perlindungan dari makanan. Yang artinya, ibu hamil cenderung takut jika mengonsumsi makanan tertentu dan akan berakibat pada perkembangan janinnya. Akhirnya, si ibu hamil menanamkan konsep untuk mengalihkan ketakutan itu dengan mengonsumsi makanan lain yang lebih aman.

Menghindari makanan yang dilarang [Sumber Gambar]
Contohnya sih seperti makanan pedas atau asam yang memang tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil. Sehingga, ibu yang sedang mengandung akan memikirkan makanan lain untuk ia konsumsi. Maka dari itu, tak jarang ibu-ibu hamil ini menginginkan makanan yang enak namun susah didapat. Jadi, yang sabar ya bapak-bapak sekalian…

Si ibu membutuhkan nutrisi tertentu

Pemicu lain dari ngidamnya seorang ibu yang sedang hamil yaitu sedang membutuhkan nutrisi tertentu. Dikutip dari laman Parents, hal yang diidamkan memang merupakan asupan yang sedang dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah kalori selama kehamilan. Misalnya saja kalau ingin buah, berarti si ibu memang sedang membutuhkan vitamin C.

Membutuhkan nutrisi tertentu [Sumber Gambar]
Lantas, apa ngidam akan hilang ketika sudah diberi yang diinginkan? Jawabannya adalah iya. Sebab, asupan yang ia butuhkan sudah ditelan, sehingga ngidamnya akan hilang dengan sendirinya. Ya meskipun yang diinginkan hanya dimakan seperempat, tapi itu sudah cukup bagi si ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya dan sang calon anak.

BACA JUGA : 4 Cerita Ibu Hamil dengan Ngidam Paling Aneh, Pasti membuatmu Tersenyum-senyum Sendiri

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan nih Sahabat Boombastis. Jika ibu hamil ngidam itu dikarenakan dari keinginan faktor pribadi. Bisa karena adanya perubahan hormon, menghindari makanan berbahaya hingga mencukupi kebutuhan nutrisi. Sehingga, bapak-bapak yang sedang menunggu kelahiran anak, jangan segan-segan untuk menuruti ngidam sang istri ya. Kalau enggak dituruti, nanti anaknya ngiler loh…