Inspirasi

Cerdas Level Internasional, Inilah Hebatnya Prestasi Para Pelajar Papua di Universitas AS

Wilayah Papua yang terbentang di ujung paling Timur Indonesia, Ternyata menyimpan beragam potensi besar. Selain hasil tambangnya dan SDA-nya yang melimpah ruah, tanah mutiara hitam ternyata memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berprestasi. Terutama dari generasi mudanya. Dilansir dari papuanews.id, anak-anak muda Papua tersebut sukses mengukir prestasi di bidang akademis di Amerika Serikat.

Tak tanggung-tanggung, salah satunya bahkan keluar sebagai juara umum dengan nilai terbaik setelah dinyatakan lulus dari West Nottingham Academy (WNA) Colora Maryland Amerika Serikat. Laman lintaspapua.com menuliskan, adalah sosok Marike Agustin Tenawe lulus sebagai Juara umum pertama (Valedictorian) dan diberikan kesempatan membawakan pidato tunggal mewakili seluruh siswa pada acara kelulusan yang berlangsung di aula West Nottingham Academy.

Anak-anak Papua yang mengharumkan nama Indonesia di bidang akademis [sumber gambar]
Sebagai lulusan terbaik, prestasi yang diraih oleh Marike terbilang sangat prestisius. Selain meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) sempurna dengan nilai 4.00, gadis muda asal Mimika, Papua itu berhasil mengalahkan dua orang lainnya yang berasal dari China dan Amerika Serikat dan menjadi juara umum kedua. Alhasil, prestasi ini pun membuat Marike diterima sebagai mahasiswi University of Rhode Island jurusan Ocean Engineering.

Selain Marike, ada 11 pelajar asal Papua lainnya yang juga dinyatakan lulus dari West Nottingham Academy (WNA). Mereka adalah Aprilia Burdam dan Ice Selegani (lanjut ke Oregon State University) , Pince Gombo, Lia Weya, Valentine Talenggen dan Vincensius Pekei (lanjut ke Washington State University), Mendison Wonda dan Bone Atek (lanjut ke Marshall University) dan Elvine Mote melanjutkan ke Universitas Tarumanegara.

Marike yang berhasil raih IPK sempurna 4.00 [sumber gambar]
Baik Marike Agustin Tenawe dan 11 pelajar asli Papua lainnya, dikirim Pemprov Papua untuk bersekolah di Amerika Serikat dengan beasiswa Otsus (otonomi khusus) Papua pada tahun 2016. hebatnya, mereka bisa menyelesaikan studi pada tahun ini (2019) dan lulus dengan prestasi yang memuaskan. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa anak-anak asli Papua mampu bersaing dengan anak-anak lainnya dari berbagai negara di dunia.

Semua prestasi yang telah diraih oleh putra dan putri ini tak lepas dari perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, di mana mereka telah memberikan dukungan dan beasiswa sehingga mereka dapat menyelesaikan studi tepat waktu. Tentu saja, hal ini memberikan dampak yang positif terhadap Papua. di mana mereka nantinya dapat mengabdikan diri demi kemajuan bidang pendidikan di tanah Papua.

Hasil kerjasama antara pemerintah Provinsi Papua dengan pihak Universits AS [sumber gambar]
BACA JUGA: George Saa, Pemuda Papua Rebutan Universitas Dunia yang Bertekad Teruskan Prestasi B.J. Habibie

Kisah di atas, menunjukkan bahwa setiap daerah pasti memiliki SDM yang cerdas dan berpotensi untuk memajukan daerah asalnya. Salah satunya adalah putra dan putri Papua yang sukses menunjukkan kualitasnya di tingkat internasional. Selain mereka, kesigapan pemerintah Provinsi Papua dalam menyediakan beasiswa juga patut diapresiasi. Semoga saja, kesuksesan yang ada bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya ya Sahabat Boombastis.

Share
Published by
Dany

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

24 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago