Entertainment

Kisah di Balik Viralnya Alif Cepmek yang Ternyata Berjuang di Tengah Ekonomi Sulit

Kamu nanyea, kamu bertanyea tanyea?” Kalau kamu membaca kalimat itu dengan nada, artinya sudah melihat video Alif Cepmek. TikToker ini kerap menirukan gaya bicara Dilan yang diperankan Iqbaal Ramadhan, sehingga membuatnya dijuluki Dilan KW.

Namun, kini ia lebih dikenal sebagai Dilan Cepmek. Mengapa bisa disebut begitu dan siapa sebenarnya Alif Cepmek atau Dilan Cepmek ini? Boombastis.com akan mengulas lebih jauh di bawah ini.

TikToker yang viral karena tirukan gaya Dilan

TikToker yang tinggal di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, ini rutin membagikan konten hiburan pada akun @alif_cepmek. Pengikut akun TikTok Alif sudah sebanyak 1,2 juta, sedangkan akun Instagram-nya @strong_alif mempunyai pengikut 45,7 ribu. Alif dikenal warganet awalnya menirukan gaya karakter Dilan, lengkap dengan pakaiannya berupa jaket jeans berwarna biru muda. Cara berbicara Dilan juga ia tirukan dan terdengar lucu. Dari sinilah ia dijuluki sebagai Dilan KW.

Selain gaya bicara seperti Dilan, ia juga populer karena mengatakan bahwa model rambutnya cepmek atau cepak mekar. Alif juga digadang-gadang mempopulerkan gaya rambut cepmek itu. Ia pun sekarang dikenal sebagai Dilan Cepmek atau Alif Cepmek. Slogan Alif lainnya yang terkenal lagi adalah kata “rawr“, ia sering menyelipkannya pada akhir perkataannya.

Membuat konten di gang sempit

Semenjak video Alif viral, ia kerap mendapatkan endorsement. Gayanya saat mempromosikan barang juga menirukan gaya Dilan karena hal ini adalah ciri khas Alif. Selain endorsement, Alif juga diundang ke berbagai acara TV dan akun YouTube terkenal seperti TransTV, Trans7, dan RCTI. Tidak heran, karena gaya lelucon Alif menyenangkan dan tidak menyinggung.

Walau banyak warganet yang menikmati konten menghibur Alif, tidak banyak yang tahu behind the scene pembuatan konten itu. Sebuah akun TikTok @babbyblue02 membagikan video saat Alif membuat konten. Pada video tersebut, terlihat Alif sedang membuat konten di gang sempit lokasi rumahnya. Video ini pun dibagikan kembali ke Instagram dan Twitter, mengundang iba dan ucapan semangat bagi Alif.

Putus sekolah saat SMP

Melalui sebuah acara televisi, Alif banyak menceritakan tentang kehidupan pribadinya yang tidak diketahui orang hanya dari menonton videonya di TikTok. Pria bernama lengkap Muhammad Alif Ari ini berusia 18 tahun dan putus sekolah ketika SMP kelas 2. Ia mengaku kala itu sang guru memintanya untuk memotong rambutnya yang panjang.

Alif Cepmek Dilan KW.

Setelah dipotong, rupanya ia disarankan untuk potong botak tetapi Alif tidak mau. Akhirnya ia pindah sekolah tetapi berhenti karena fokus mengedit video. Kini, Alif pun berencana untuk mengambil paket C untuk mengejar ketertinggalannya dalam pendidikan.

Berjuang di tengah ekonomi yang kurang

Ayah Alif berprofesi sebagai kuli bangunan yang pendapatannya tidak menentu. Menurut Alif, sang ayah mendapatkan Rp50.000 sampai Rp100.000 saat sedang ada pekerjaan. Sementara, sang ibu bekerja sebagai tukang cuci gosok baju.

Alif saat merekam di gang sempit.

Pendapatan Alif setiap bulan mulai dari Rp300.000, sampai paling besar Rp1 juta. Sementara, ia mengaku pernah mendapatkan endorsement dengan fee paling banyak yaitu Rp2,5 juta. Setelah Alif mempunyai pendapatan dari endorsement dan diundang program televisi, ia dapat membantu ekonomi keluarga. Ia juga akhirnya berhasil membeli motor.

BACA JUGA: Kenalan dengan Amanda Zahra, Viral karena Foto Selfie Dinilai Terlalu Seksi Dikritik Netizen

Pada sebuah acara televisi, Alif dijanjikan akan dibantu biaya pendidikan oleh Syahrul Gunawan. Semoga Alif dapat melanjutkan pendidikan dan tetap berkarya.

Share
Published by
H

Recent Posts

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

2 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

2 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

3 weeks ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

3 weeks ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

4 weeks ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

4 weeks ago