Categories: Trending

4 Alasan Mengapa Berkurban Bisa Dilakukan Oleh Siapa Saja!

Dua bulan setelah Idul Fitri biasanya akan banyak orang dari seluruh dunia yang melakukan Ibadah Haji di Mekkah. Selain Ibadah Haji, di beberapa negara Islam seperti Indonesia juga merayakannya dengan berkurban. Setelah Sholat Idul Adha akan diadakan pemotongan hewan berupa kambing, domba, atau sapi. Daging hewan kurban ini biasanya akan diberikan kepada siapa saja yang tidak mampu.

Baca Juga : 7 Hewan Dengan Bentuk Paling Aneh yang Ternyata Ada dan Nyata!

Berkurban di Indonesia selalu identik dengan orang kaya. Orang yang memiliki kelebihan materi akan membeli hewan kurban dan akhirnya disumbangkan ke masjid setempat. Akhirnya terbentuk dalam pikiran, jika berkurban artinya orang kaya. Jika tidak kaya tidak usah berkurban, toh juga bisa menikmati dagingnya.

Well, sebenarnya kita harus membuang jauh-jauh pikiran itu. Berkurban bukan perkara si kaya dan si miskin. Namun perkara apakah kita niat atau tidak. Berikut empat alasan mengapa berkurban bisa dilakukan oleh siapa saja!

1. Sekali Seumur Hidup

Berkurban mungkin bisa dilakukan lebih dari sekali. Bahkan ada yang setiap tahun seperti dijadikan langganan sebagai orang yang wajib berkurban. Meski hukumnya dalam Islam tidaklah wajib. Namun karena orang yang bersangkutan kaya raya, jadi mau enggak mau pasti berkurban.

Berkurban sekali seumur hidup [image source]
Sebenarnya kita semua bisa kok berkurban. Waktu yang sangat panjang (dari mulai tahu apa itu berkurban sampai sekarang) ini harusnya bisa kita lakukan untuk berpikir. Bagaimana ya caranya untuk bisa berkurban nanti tahun depan, atau lima tahun lagi. Jangan berpikir seperti ini: kira-kira siapa lagi ya yang berkurban? Tahun ini di kampung daging yang dibagikan banyak enggak ya?

2. Menabung Semampunya

Satu alasan klasik orang tak bisa berkurban karena alasan keuangan. Satu ekor kambing dihargai sekitar 2 juta rupiah. Uang yang cukup banyak bagi siapa saja. Terlebih yang ekonominya sangat susah. Namun masalah sebenarnya bukan karena harganya kambing tapi karena kita kadang enggak punya niat buat berkurban.

menabung sejak dini [image source]
Misal setahun ada 365 hari. Jika harga kambing 2 juta rupiah, dalam sehari kita bisa menyisihkan yang 5.500 rupiah. Masih terlalu berat? Oke kalau begitu sisihkan 4.000 rupiah selama dua tahun. Jika masih terlalu berat coba sisihkan 500-1000 rupiah setiap hari selama 10 tahun. Dijamin anda akan mampu membeli hewan kurban.

3. Ada Arisan Hewan Kurban

Di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai bermunculan orang-orang yang mengelola arisan kurban. Mereka biasanya melakukan iuran sebulan sekali. Lalu dalam setahun akan dibagi kepada siapa saja hewan kurban yang dibeli. Teknik ini akan membuat kita lebih mudah dalam berkurban.

Arisan hewan kurban [image source]
Kita hanya cukup membayar iuran yang ditetapkan. Lalu tunggu sampai akhir tahun apakah anda beruntung atau tidak dalam arisan ini. Jika tidak tahun ini berarti tahun depan. Tapi yang jelas kita semua punya kesempatan untuk berkurban. Tidak hanya menerima daging kurban dari orang lain.

4. Setiap Orang Berhak Bahagia dan Beramal

Berkurban artinya beramal. Dan beramal artinya membuat senang banyak orang. Setelah membuat senang banyak orang kita akan mendapatkan pahala yang melimpah. Kepuasan dalam berkurban pun tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Setiap orang berhak untuk bahagia dan beramal apa pun profesinya.

Berhak Bahagia [image source]
Tak peduli apakah ia seorang pegawai, seorang pengusaha, bahkan seorang pemulung yang susah makan setiap hari. Mereka berhak berbahagia dengan menjadi orang yang mengamalkan uangnya. Karena perkara amal tidak melulu masalah manipulasi orang kaya. Setiap orang bisa beramal, hanya saja niat untuk beramal kadang tak keluar dengan sempurna.

Baca Juga : 7 Gigitan Hewan Paling Kuat di Dunia, Tangan Pun Bisa Putus Dengan Mudah!

So, apakah anda berkurban tahun ini? Jika belum, tak masalah. Masih ada tahun depan, sisihkan uang jajan anda sedikit untuk nanti dibelikan hewan kurban. Jangan selalu menganggap kita tidak mampu. Kita mampu melakukan apa pun! Semuanya hanya bermodalkan niat yang kuat!

Share
Published by
Adi Nugroho

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

1 week ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

1 month ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

1 month ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago