Categories: Trending

5 Fenomena yang Terjadi Akibat Cuaca Dingin Ekstrem Ini Bikin Melongo

Enaknya tinggal di daerah beriklim subtropis adalah kita bisa menyaksikan cantiknya pergantian musim tiap tahunnya. Asyiknya Spring hingga syahdunya salju turun di Winter. Namun, belakangan kondisi di belahan utara tersebut mengalami suhu dingin ekstrem. Diketahui ini sebagai akibat dari global warming yang melanda dunia.

Yup, global warming membuat suhu dunia semakin dingin. Sebagai salah satu buktinya, coba deh tengok belahan bumi terdingin bagian utara, Artik. Seperti yang kamu tahu, es di sana sebagian mencair lantaran pemanasan global. Hal tersebut membuat beberapa negara mengalami suhu dingin yang ekstrem, termasuk Amerika dan sebagian Eropa.

Namun, kejadian ini tidak melulu dianggap musibah lho. Ada cukup banyak fenomena keren yang membuat kita berdecak kagum gara-gara suhu dingin ekstrem. Hal-hal unik apa saja yang tercipta? Simak ulasannya berikut.

1. Danau Beku Kristal

Pada tiap musim dingin hampir semua danau di Bumi belahan utara yang beriklim subtropis mengalami pembekuan. Tapi biasanya warna air danau berubah menjadi putih tulang dan terlihat seperti hamparan padang salju. Namun hal yang berbeda terjadi di sebuah danau di Slovakia.

Danau beku ini lebih bening dari kaca

Alih-alih berwarna pekat seperti perairan pada umumnya, air danau yang ada di pegunungan High Tatras ini mengkristal. Beku, tapi sangat bening.

 

Sehingga bagian bawah danau seperti bebatuan terlihat dengan jelas. Sebuah pemandangan yang keren sekali tentunya di mana kamu seperti berjalan di atas kaca sepanjang mata memandang.

2. Kebocoran Pipa Air di Siberia Berakhir Epic

Ada yang mengatakan jika musim dingin kemarin adalah salah satu yang paling ekstrem sepanjang sejarah. Banyak negara yang terkena dampaknya salah satu yang paling parah adalah Siberia. Sehubungan dengan kondisi super dingin tersebut ada peristiwa unik yang terjadi di salah satu kota di negara tetangga Rusia tersebut.

Lantaran cuaca dingin ekstrem, banjir saja bisa langsung membeku [Image Source]
Sebuah pipa air meledak tepat di tengah-tengah kota bernama Dudinka, menyebabkan air meluap hingga menggenangi jalan-jalan. Kejadian ini bertepatan dengan berhembusnya badai salju. Alhasil, air yang tergenang tadi berubah menjadi beku. Mobil-mobil yang tengah melaju atau parkir seakan terjebak dalam sebuah balok es padat hingga setinggi pintu.

Siberia sendiri adalah salah satu negara paling dingin di dunia. Salah satu kotanya yang bernama Oymyakon pernah mengalami suhu hingga -71,2 celcius.

3. Buih Membeku Berbentuk Lingkaran Sempurna di Sungai Scottish

Suhu dingin ekstrem memang bisa membekukan benda-benda unik yang mungkin belum pernah terbayangkan. Misalnya saja buih-buih yang ada di sungai Scottish di Skotlandia ini. Uniknya, bentuknya adalah lingkaran sempurna. Membuat sungai ini seperti ditutupi oleh deretan pancake dingin yang pasti enak kalau diberi sirup.

Fenomena unik yang hanya terjadi di beberapa tempat saja [Image Source]
Fenomena buih berbentuk lingkaran sempurna ini sebenarnya juga terjadi di beberapa tempat misalnya Antartica atau Laut Baltik. Uniknya lagi, hampir semua ukuran diameter buih-buih ini sama. Entah bagaimana proses kimia atau fisikanya, tapi ini jadi pemandangan keren yang tidak banyak ditemukan di dunia.

4. Snow Roller

Musim dingin aneh pernah terjadi di Amerika tahun lalu, menyebabkan sebuah fenomena unik bernama snow roller. Yup, seperti namanya, salju-salju bergelinding sendirinya dengan bentuk roda yang memiliki lubang di tengahnya.

Salju menggelinding ini juga terjadi karena cuaca dingin ekstrem [Image Source]
Seperti yang dilansir National Weather Service, kondisi ini terjadi lantaran beberapa hal. Misalnya intensitas cahaya, salju yang bervolume lebih padat, angin dan juga temperatur. Hingga menghasilkan salju dengan bentuk yang unik tersebut.

Fenomena ini sudah ada lebih dari 10 tahun dan cukup sering terlihat di beberapa wilayah di Amerika. Uniknya lagi, seperti yang mungkin pernah kamu lihat di film-film kartun, snow roller yang menggelinding ini bertambah besar diameternya ketika berputar. Tapi tak sampai ukuran yang sangat besar kok.

5. Air Mendidih Berubah Jadi Salju Seketika

Seberapa dingin sih cuaca yang menimpa Amerika bagian utara selama musim dingin tahun lalu? Cukup dingin untuk membuat sepanci penuh air mendidih berubah menjadi salju ketika dilemparkan ke udara. Hal ini dibuktikan sendiri oleh seorang meteorologist bernama Eric Holthaus. Berikut video unik tentang percobaan tersebut.

Pada video di atas ditunjukkan bahwa air mendidih yang disiramkan begitu saja langsung berubah menjadi debu-debu salju. Tentu saja ini adalah hal yang sangat ekstrem. Air mendidih pada suhu 100 derajat dan bisa langsung berubah jadi salju. Kalau bukan lantaran cuaca dingin yang sangat ekstrem hal ini tentu tak mungkin bisa terjadi.

Meskipun kita tinggal di iklim tropis bukan berarti fenomena suhu ekstrem tidak bisa terjadi. Es di kutub yang mencair akan perlahan membawa kita sekali lagi memasuki ice age. Saat hal tersebut terjadi, populasi manusia akan mengalami penyusutan lantaran banyaknya yang tak sanggup bertahan. Memang terdengar seperti lelucon, tapi hal buruk ini bisa saja muncul jika kondisi yang memungkinkannya terjadi terpenuhi.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

16 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago