in

Shin Tae-Yong, Calon Pelatih Baru Timnas yang Dipercaya Bisa Bikin Indonesia Moncer

Ada hal yang cukup menarik dari teka-teki soal siapa yang pantas melatih Timnas Indonesia, menggantikan posisi Simon McMenemy. Selain nama Luis Milla yang memang telah dikenal oleh masyarakat pecinta sepak bola Tanah Air, ada sosok Shin Tae-yong asal Korea Selatan yang juga digadang-gadang menukangi skuad Garuda.

Meski belum ada kepastian, pelatih asal Negeri Ginseng tersebut bukanlah sosok sembarangan. Dilansir dari bola.okezone.com, Shin Tae-yong merupakan legenda sepak bola Korea Selatan yang pernah merebut enam trofi di Liga domestik negaranya. Figur dari pria 49 tahun ini pun sangat menarik untuk disimak.

Sosok pelatih yang memiliki segudang prestasi

Dipercaya menukangi Timnas Korea Selatan [sumber gambar]
Setelah pensiun sebagai pemain sepak bola, Shin Tae-yong kemudian beralih menjadi pelatih dengan rekam jejak yang gemilang. Tercatat, ia pernah menorehkan juara Liga Champions Asia 2010 dan FA Korea 2011 saat menukangi klub domestik Korea Selatan, Seongnam Ilwa Chunma. Dari sana, ia kemudian dipercaya melatih Timnas Korea Selatan di ajang Piala Dunia 2018.

Dibidik oleh PSSI sebagai calon pelatih anyar Timnas Indonesia

Sosok yang dibidik oleh PSSI untuk menukangi Timnas Indonesia [sumber gambar]
Nama Shin Tae-yong masuk bursa sebagai calon pelatih Timnas Indonesia, selain sosok Luis Milla. Dilansir dari bola.okezone.com, kemungkinan Shin dan Luis Milla akan melakukan presentasi di hadapan Iwan Bule dan Komite Eksekutif (Exco) PSSI, pada medio Desember 2019 mendatang.

Rela tolak tawaran dari klub Jepang dan China demi perhatiannya pada Indonesia

Tolak tawaran dari pihak lain dan fokus terhadap tawaran PSSI [sumber gambar]
Demi asa terpilih sebagai juru taktik skuad Garuda, Shin Tae-Yong bahkan rela menolak tawaran dari sejumlah klub Liga Jepang dan China. Hal ini diutarakan oleh seorang jurnalis asal Korea Selatan, Seo Jae-won, yang menyebut bahwa pria 49 tahun itu yang tetap melihat tawaran dari Indonesia. “Pelatih Shin Tae-yong sudah bernegosiasi dengan sejumlah klub di J-League dan Liga Super China, tetapi ia memutuskan untuk mendengarkan tawaran dari PSSI,” ujarnya yang dikutip dari Sportal Korea.

Bakal jadi pelatih dari Asia kedua jika memang dipilih untuk menukangi Timnas Indonesia

Shing Tae-Yong dalam sebuah sesi konferensi pers [sumber gambar]
Jika suatu saat Shin Tae-Yong memang terpilih sebagai pelatih Timnas Indonesia, dirinya bakal menjadi orang Asia kedua yang menukangi skuad Garuda. Sebelumnya, Timnas Indonesia pernah dilatih oleh Choo Seng Quee yang berasal dari Singapura. Jelas, hal ini menjadi sebuah fakta yang menarik.

Langkah Indonesia yang meniru jejak Vietnam dengan memilih calon pelatih asal Korsel

Indonesia coba meniru jejak Vietnam yang menggunakan pelatih asal Korea Selatan [sumber gambar]
Menggunakan tenaga pelatih sepak bola asal Korea Selatan, juga dilakukan oleh Vietnam sejak 2017 silam. Di bawah asuhan Park Hang-seo, Vietnam sukses lolos ke final Piala Asia U-23 2018, semifinal Asian Games 2018, juara Piala AFF 2018, dan menembus perempatfinal Piala Asia 2019. Hal inilah yang coba ditiru oleh PSSI dengan membidik sosok Shin Tae-yong sebagai calon pelatih Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Jalan Terjal Simon McMenemy, Sarjana Olahraga yang Kini Jadi Cemoohan Suporter Indonesia

Melihat nama Shin Tae-Yong yang masuk bidikan PSSI sebagai calon pelatih Timnas Indonesia, jelas ada harapan besar yang ingin diraih di masa depan. Dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, bukan tak mungkin jika Shin Tae-Yong mampu menorehkan prestasi baru bersama skuad Garuda. Karena belum ditentukan, kita lihat saja ya Sahabat Boombastis.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Ratusan Anak Masuk RSJ Karena Main Gadget, Ada yang Usianya Masih 5 Tahun

Mengenal QNet, Bisnis Penipuan Berkedok MLM yang Sukses Dibongkar oleh Polisi