in

Sering Jadi Trending, Ternyata Ini Sumber Video Kanal YouTube Calon Sarjana

Kalau sering berselancar di dunia YouTube, kamu tentu kenal dong dengan channel yang satu ini. Namanya Calon Sarjana. Kanal ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan materi-materi perkuliahan, kebanyakan konten berisi informasi unik dan aneh dari berbagai belahan dunia yang dirangkum menjadi kompilasi kejadian. Dalam deskripsinya sendiri, si pemilik menulis bahwa channel ini bersisi video yang mengejutkan, kontroversial, misterius, lucu, aneh, dan keren.

Setelah kemunculan Calon Sarjana, ada banyak kanal sejenis yang juga membahas video serupa, seperti The Shiny Peanut. Bahkan, pamor Calon Sarjana membuka peluang untuk nama serupa seperti Calon Sutradara, Calon Ilmuwan, Calon Atlet, dan kanal YouTube Calon-calon yang lain.

Akun YouTube yang dibuat pada 19 Januari 2016 ini kini sudah mempunyai 10 juta pelanggan loh. Bayangkan saja berapa penghasilan yang mereka dapat dalam satu bulan. Padahal, berdasarkan penelitian para netizen, Calon Sarjana mengambil sumber video mereka dari sebuah kanal asal luar negeri. Mereka hanya mengubah suaranya saja menjadi versi bahasa Indonesia. Lebih lengkapnya, yuk baca ulasan berikut.

Disebut sebagai channel ghoib karena tidak tahu siapa pemiliknya

Kebanyakan YouTuber memakai nama asli mereka untuk berbagi setiap kegiatan yang mereka lakukan. Namun, untuk kasus Calon Sarjana sendiri tak ada yang mengetahui siapa pemiliknya. Meski videonya kerap nangkring di #TrendingIndonesia, banyak netizen yang mengatakan kanal ini sebagai kanal ghoib.

https://www.youtube.com/watch?v=PIBZewGdYbE

Hingga sekarang, di saat subscribernya sudah mencapai 10 juta, tak ada satu wajah pun yang diketahui sebagai pengelolanya. Kalau kata penulis sih, yang mengelola pastinya memang sangat pintar menjaga rahasia, sehingga tak satu orang pun berhasil mereveal sosoknya.

Calon Sarjana disebut sebagai plagiat ulung

Sudah menjadi rahasia banyak orang kalau video yang ada di YouTube calon sarjana bukanlah video original yang mereka buat. Video tersebut diambil dari berbagai sumber lain dari luar negeri dan berbahasa Inggris. Nah, Calon Sarjana hanya menerjemahkan judul ke dalam bahasa Indonesia,

Kanal YouTube Calon Sarjana [sumber gambar]
mengubah narasi dengan pengisi suara khasnya yang imut. Singkatnya, semua video sumber dimasukkan ke dalam video mereka, hanya dialihbahasakan saja. Makanya netizen banyak yang mengatakan bahwa Calon Sarjana adalah plagiat ulung.

Mengapa Calon Sarjana tidak terkena copyright?

Salah seorang pemilik kanal YouTube Azi Zurahman membahas perihal kanal Calon Srajana ini. Ia menjawab pertanyaan netizen terkait “apakah Calon Sarjana terkena copyright?” Karena bisa dilihat semua video yang ia buat diambil dari satu sumber, hanya mengubah narasinya saja.

Nah, menurut Azi, fair use (penggunaan video) seperti yang dilakukan oleh Calon Sarjana memang bisa terjadi di kalangan para konten kreator, asal dalam keadaan wajar. Dalam hal ini, si Calon Sarjana juga menyantumkan sumber dari mana ia mengambil video tersebut.

BACA JUGA: Meneladani Kerja Keras Youtuber Kaya Raya di Indonesia yang Sukses Membangun Karirnya

Semua orang bisa membuat kanal seperti milik Calon Sarjana. Kamu bisa mengambil sumber dari artikel-artikel populer dengan bahasan unik aneh. Namun jangan lupa, sertakan sumber saat kamu mengambil video tersebut.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Kontak Lens, Jangan Sampai Membahayakanmu

Misteri The Fed, Bank Sentral AS yang Sukses Kuasai Dunia Lewat Kebijakan Moneter