Lensa kontak atau contact lens biasanya digunakan sebagai alat untuk membantu penglihatan jika seseorang tak mau memakai kacamata. Tapi, tak jarang lensa juga untuk menunjang penampilan agar terlihat cantik. Sebagai gaya-gayaan saja agar mata terlihat berwarna ala-ala mata para bule.

Entah karena tergiur harga yang murah atau hanya kebetulan tertipu, banyak kasus contact lens yang membahayakan si pemakai. Salah satunya adalah kejadian yang dibagikan oleh akun Twitter Ilonna Putri Pertiwi. Dalam postingan –yang kini sudah dihapus—itu menunjukkan mata seorang remaja yang hampir buta karena contact lens abal-abal yang ia beli. Enggak mau kan jika hal yang sama juga terjadi padamu. Makanya, sebelum membeli, menggunakan, dan melepas lensa kontak, pastikan jika kamu memperhatikan hal ini,

Ketahui jenis lensa kontak yang mau kamu pakai

Ketahui jenis lensa yang kamu pakai [sumber gambar]
Di pasaran, ada dua jenis lensa yang tersedia, yaitu lunak (soft lens) dan keras (hard lens). Selama ini kamu mungkin lebih sering mendengar istilah soft lens karena lebih banyak peminatnya. Soft lens banyak digunakan karena tidak terlalu mengganjal saat dipakai, berbeda dengan hard lens. Namun, jika dilihat dari segi sehat atau enggaknya, hard lens ternyata lebih unggul satu level dibanding soft lens. Tapi, kembali lagi kepada kebutuhanmu, kamu butuh yang seperti apa?

Jangan tergiur dengan harga yang murah saat membeli

Ingat, jangan tergiur harga [sumber gambar]
Adanya online shop memang sangat membantu sekali. Berbagai macam barang dengan harga miring bisa didapatkan di berbagai toko online. Saat ingin membeli lensa kontak, jangan dulu tergiur dengan harga yang murah meriah karena bisa jadi kualitasnya juga tidak sebaik yang harganya mahal. Baiknya sih memang langsung datang ke optik terpercaya untuk membeli lensa kontak, jangan di online shop yang tidak kamu ketahui proses di baliknya (aman atau tidaknya).

Jika mata kamu minus, pastikan sesuai dengan kebutuhanmu

Sesuaikan dengan kebutuhan matamu [sumber gambar]
Fungsi utama lensa kontak ini memang untuk membantu penglihatan. Biasanya banyak digunakan oleh mereka yang minus matanya saat acara tertentu di mana tidak memungkinkan menggunakan kacamata. Nah, sebelum membeli pastikan bahwa lensa yang akan kamu beli sesuai dengan minusmu. Jangan sampai sudah ribet-ribet pakai lensa, eh masih terganggu juga~

Pastikan berapa lama durasi waktu yang dibolehkan untuk memakai lensa tersebut

Pastikan berapa lama penggunaannya [sumber gambar]
Saat memakai pun kamu harus paham betul berapa lama lensa kontak itu boleh digunakan. Karena setiap lensa kadang berbeda cara perlakuannya, ada yang sekali pakai harus langsung dibuang, ada pula yang bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Selain itu, saat memakai soft lens pastikan jika kamu selalu siap sedia obat tetes untuk mata agar tidak kering. Karena, mata yang kering dan tidak diberi pelumas bisa meningkatkan risiko infeksi.

Perhatikan kebersihan saat kamu menggunakan benda satu ini

Pastikan kebersihannya [sumber gambar]
Sebelum memakai kontak lens, pastikan kamu sudah mencuci tangan sehingga tak ada bakteri yang ikut masuk ke dalam matamu. Selain tangan, pastikan juga kalau wadah tempat menyimpan lensa kontak selalu dalam keadaan bersih dengan cara membilasnya dengan larutan atau cairan pembersih softlens. Lakukan hal ini secara rutin setiap kali Anda menggunakan softlens, atau bahkan setiap hari demi menjamin kebersihannya.

BACA JUGA: 9 Penyakit Mata Berbahaya yang Perlu Diketahui Pengguna Lensa Kontak

Yang terakhir, jangan lupa lepas soft lens-mu saat kamu akan pergi tidur. Karena banyak sekali kasus di mana soft lens masuk ke dalam mata karena kelalaian pemakainya. Jika terjadi sesuatu yang tidak beres, kamu juga harus berkonsultasi dengan dokter mata. Dengan begitu, kejadian seperti mata hampir buta, soft lens tertinggal di dalam mata, dan hal tak diinginkan lain tidak terjadi.