Categories: Olahraga

5 Insiden Paling Aneh di Sepakbola

Sepakbola tidak pernah lepas dari insiden. Mulai dari perkelahian antar pemain sepak bola, bentrok antar suporter, penganiayaan wasit, dan banyak lagi. Namun dari begitu banyak insiden, banyak juga lho yang aneh dan sangat-sangat jarang terjadi. Berikut 5 insiden aneh yang pernah terjadi dalam dunia sepakbola. Disimak yuk!

Baca Juga :7 Pemain Sepak Bola Eropa Yang Sukses Ini Ternyata Seorang Muslim Lho

1. Ball Boy Mencetak Gol

Seorang ball boy menjadi perbincangan pada pertandingan Divisi Satu Liga Brasil September 2006 antara Atletico Sorocaba vs Santacruzense. Awal kejadian yaitu saat tendangan striker Santacruzense, Samuel, keluar melalui sisi gawang Sorocoba dan hanya menghasilkan tendangan gawang. Ketika kiper Sorocaba ingin mengambil bola, seorang ball boy justru memasukkan bola ke gawang.

Ball Boy Mencetak Gol

Namun anehnya, sang wasit yaitu Silvia Regina de Oliveira, yang merupakan wasit wanita pertama di Brasil, mengesahkan insiden tersebut menjadi sebuah gol. Padahal Silvia menyaksikan ketika sang ball boy menendang bola dan masuk kedalam gawang. Pertandingan akhirnya berakhir imbang 1-1. Namun Federasi Sepakbola Brasil (CBF) kemudian menghukum Silvia beserta sang hakim garis.

2. Interupsi Presiden Federasi Kuwait

Pada pertandingan Grup 4 antara Prancis melawan Kuwait Di Piala Dunia 1982 di Spanyol, sempat terjadi kehebohan. Prancis sukses mencetak gol melalui Alain Giresse di akhir babak kedua, yang membuat Kuwait tertinggal 1-3. Sebenarnya pemain Kuwait sempat berhenti bermain sebelum Giresse mencetak gol. Dengan alasan mereka mendengar suara peluit dari tribun penonton. Hal tersebut membuat pemain-pemain Kuwait melakukan protes ke wasit asal Soviet, Miroslav Stupar.

Interupsi Presiden Federasi Kuwait

Tak hanya pemain, Presiden Federasi Sepakbola Kuwait, Sheikh Fahid Al-Ahmad Al-Sabah, menyuruh para pemain Kuwait untuk meninggalkan lapangan sebagai bentuk protes. Al-Sabah memberi perintah itu dari tribun VIP. Al-Sabah, yang merupakan adik raja Kuwait, bahkan turun ke lapangan dan melakukan protes ke wasit Stupar. Gol ketiga Prancis akhirnya dianulir Stupar, tapi Les Blues tetap mampu mencetak gol keempat melalu Maxime Bossis. Stupar akhirnya kehilangan posisinya sebagai wasit FIFA, dan akibat protes, Al-Sabah didenda US$10 ribu.

3. Gol Siluman

Insiden selanjutnya terjadi dipertandingan Partick Thistle melawan Dundee United di Premier League Skotlandia pada 1993. Dundee mencetak gol sah melalui striker Paddy Connolly. Kronologinya, dari jarak dekat, Connolly menendang bola hingga mengenai tiang pendukung di belakang. Lantas bola kembali ke luar gawang dan ditangkap bek Thistle, Martin Clark. Kemudian Clark memberikannya ke kiper Andy Murdoch.

Gol Siluman

Anehnya sang wasit yaitu Les Mottram memberi tanda bahwa pertandingan play on. Meski wasit sempat melihat ke hakim garis namun tetap memutuskan play-on. Mottram ternyata tidak melihat bola sudah memasuki gawang dan ke luar lagi. Beruntung Dundee tetap memenangi pertandingan tersebut.

4. Komentator Jadi Hakim Garis Darurat

Insiden aneh ini terjadi pada pertandingan Liga Inggris antara Arsenal melawan Liverpool pada September 1972. Awalnya hakim garis Dennis Drewitt tiba-tiba mengalami cedera otot. Mengingat belum adanya wasit keempat di masa itu, pertandingan terancam ditunda. Sontak Announcer di Highbury melalui pengeras suara bertanya adakah wasit berpengalaman di antara penonton.

Jimmy Hill

Saat lima menit pertandingan terhenti, seorang komentator sepakbola, Jimmy Hill, kemudian mendatangi wasit di pinggir lapangan. Dengan yakin Hill mengajukan diri sebagai hakim garis. Setelah disetujui, Hill mengganti jas dengan pakaian training berwarna biru. Ketika Hill berlari melewati lapangan, seluruh penonton di Highbury tertawa. Namun meski ditertawakan, ia tetap bisa menjalankan tugasnya dengan baik hingga pertandingan selesai.

5. Pesepakbola Ditangkap Polisi di Tengah Lapangan

Insiden aneh yang terakhir terjadi pada pertandingan liga amatir di Inggris, Oktober 2009. Pemain East End Park FC, Peter Cooling, ditangkap polisi di tengah lapangan saat pertandingan masih berlangsung.

Pesepakbola Ditangkap Polisi di Tengah Lapangan

Penangkapan ini tidak main-main, sebab sekitar 20 polisi datang dari berbagai arah dan mengepung Cooling. Pemain yang sedang menjalani debut dengan East End Park FC itu ternyata pengedar narkotika berbahaya yang kabur dari penjara South Yorks pada Januari 2009.

Demikian 5 insiden aneh yang terjadi di dunia sepakbola versi Boombastis.

 

Share
Published by
wahyu

Recent Posts

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago

Donny Kesuma Meninggal Dunia karena Penyakit Jantung

Berita duka menyelimuti dunia entertainment Indonesia saat Donny Kesuma meninggal dunia. Mantan aktor ini meninggal…

1 month ago

Selingkuh Berkali-Kali sampai KDRT, Ini Alasan Kurnia Meiga Dicerai Istri

Belakangan, nama mantan pesepakbola Kurnia Meiga tengah diperbincangkan publik. Awalnya ia viral lantaran video yang…

1 month ago

Caleg Ini Hentikan Aliran Air dari Sumur Miliknya Setelah Gagal, Ternyata Ini Alasannya

Masih banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapatkan akses air bersih dengan mudah. Seperti para…

1 month ago

Punya Senyum Manis, Perempuan Asal Solo Ini Disebut Mirip Banget dengan Pevita Pearce

Pernah dengar kalau setiap orang di dunia ini punya 7 kembaran, alias orang yang sangat…

1 month ago