Categories: Trending

5 Baju Adat Paling Unik di Indonesia

Jika berbicara tentang pakaian tradisional, Indonesia adalah juaranya. Sebab Indonesia memiliki banyak sekali suku bangsa yang masing-masing memiliki budaya dan tradisi sendiri. Tidak heran jika setiap propinsi di negara kita memiliki pakaian tradisionalnya sendiri, yang saat ini seringkali hanya dipakai pada saat acara pernikahan.

Baca Juga :10 Hal Gila Yang Hanya ada di Dubai

Masing-masing pakaian adat juga memiliki keunikan tersendiri. Ada yang terbuat dari bahan yang mewah dan hanya dipakai oleh raja dan oara bangsawan, ada yang terbuat dari serat kayu, ada yang hanya dipakai pada saat-saat tertentu, dan ada pula yang merupakan salah satu pakaian yang tertua di dunia.

Penasaran? Simak yuk 5 pakaian adat paling unik yang merupakan kekayaan budaya dari negara kita tercinta…

1. Pakaian Adat Ulee Balang dari Nangroe Aceh Darussalam

Secara adat, pemakaian busana Ulee Balang di propinsi ini hanya bagi kalangan raja dan keluarganya serta bagi kalangan pemuka agama.

Pakaian Adat Tradisional Ulee Balang

Pakaian Ulee Balang untuk raja sering mengundang decak kagum orang yang melihatnya karena pakaian ini memang sangat mewah dengan sulaman benang emas mulai dari tutup kepalanya. Bahkan tak jarang pakaian ini dilengkapi dengan aksesoris berbahan emas asli.

Sedangkan Ulee Balang untuk pemuka agama bentuknya lebih sederhana. Corak yang digunakan hampir sama dengan Ulee Balang untuk keluarga kerajaan namun tanpa balutan dari emas.

Selanjutnya : 2. Pakaian Aesan Gede dari Sumatera Selatan

2. Pakaian Aesan Gede dari Sumatera Selatan

Kemegahan pakaian Aesan Gede terinspirasi dari kejayaan jaman Sriwijaya dan Kesultanan Palembang Darussalam pada zaman dahulu.

Pakaian Adat Aesan Gede

Pakaian adat ini didominasi oleh warna merah dengan benang emas, yang berasal dari tenunan kain songket yang berwarna gemerlap dan keemasan, sesuai dengan citra kerajaan Sriwijaya pada zaman dahulu, yang dikenal masyarakat dunia sebagai Swarna Dwipa atau Pulau emas.

Bukan hanya pakaiannya saja, aksesoris yang melengkapi akaian Aesan Gede juga serba gemerlap. Sebut saja gelang gepeng, gelang kano dan gelang sempuru yang terdapat di tangan pengantin wanita, serta kalung tapak jajo yang menghiasi leher.

Untuk tatanan rambut dan mahkotanya, berupa sanggul Gelung Malang yang dipadukan dengan Mahkota Aesan Gede, Bungo Tusuk Cempako, Tusuk Teratai/Kembang Goyang dan Kelapo Setandan.

Sedangkan pengantin prianya memakai sarung songket dan celana satin bersulam benang emas sapu tangan segitigo, gelang, pending dan selop bersulam.

3. Pakaian Adat Paes Ageng dari Yogyakarta

Sudah bisa ditebak bahwa pakaian adat dari Yogyakarta terinspirasi dari busana tradisi Keraton Yogyakarta. Dahulu kala, Paes Ageng atau yang disebut dengan Kebesaran, hanya boleh digunakan oleh kerabat Kraton saja. Semenjak era Sultan Hamengku Buwono IX, Paes Ageng mulai diijinkan untuk dikenakan di luar Kraton. Tata rias Paes Ageng lalu berkembang, dan menjadi tren di kalangan masyarakat umum.

Pakaian Adat Paes Ageng

Paes Ageng memakai pakaian yang disebut dengan dodotan, yang terdiri dari kain cinde dan dodotan itu sendiri. Kain dodot memiliki ukuran 4-5 meter. Biasanya, kain dodot ini menggunakan motif semen raja yang memiliki makna agar pengantin mempunyai hidup mulia seperti raja. Motif cinde sendiri melambangkan penghormatan kepada Dewi Sri (dewi padi) yang melambangkan kemakmuran.

Tata rias Paes Ageng juga tidak sembarangan. Bagian dahi pengantin wanita dihias dengan paes (make up) warna hitam dengan sisi keemasan. Demikian pula rambutnya, yang berbentuk sanggul bokor. Demikian pula pakaian dan tata rias untuk prianya. Ada kuluk (topi), ukel ngore (buntut rambut menjuntai) dilengkapi sisir dan cundhuk mentul kecil.

Boleh dibilang, adat Paes Ageng ini cukup rumit, sebab mulai dari motif pakaian, tata rias, dan aksesorisnya merupakan sebuah perlambang dan memiliki makna tersendiri.

4. Pakaian Adat Perang dari Kalimantan Barat

Pakaian adat dari Kalimantan Barat terinspirasi dari pakaian adat Suku Dayak. Suku mulai mengenal pakaian yang disebut king baba (king = cawat; baba = laki-laki) untuk laki-laki, dan king bibinge untuk perempuan (bibinge = wanita).

Pakaian Adat Perang

Uniknya, pakaian adat ini berbahan kulit kayu yang diproses menjadi kain. Bahan utamanya adalah kulit kayu kapuo atau ampuro. Kulit kayu tersebut dipukul-pukul di dalam air menggunakan pemukul yang berbentuk bulat. Kemampuan mengolah kulit kayu menjadi kain oleh masyarakat merupakan kemampuan yang secara turun temurun diturunkan oleh nenek moyang.

Teknik menenun juga dikenal oleh masyarakat Dayak. Dan lagi, yang mereka tenun adalah berupa serat dari kulit pohon tengang. Untuk mendapatkan warna tertentu, mereka mencelup serat ini ke dalam air yang bercampur getah pohon tertentu.

Aksesoris yang menonjol dari pakaian adat Perang adalah berupa ikat kepala dengan hiasan yang berasal dari bulu burung enggang. Menarik bukan?

5. Pakaian Adat Bodo dari Sulawesi Selatan

Kita boleh berbangga bahwa baju tradisional dari Suku Bugis ini adalah salah satu busana tertua di dunia. Bentuknya berupa segi empat,dan biasanya berlengan pendek. Sedangkan bawahnya memakai sarung panjang.

Pakaian Adat Bodo

Sejarah baju Bodo ini cukup panjang. Sebab aturan berbusana bagi Suku Bugis tertuang dalam kitab Patuntung yang menjadi pedoman animisme dan dinamisme di sana. Awalnya baju bodo berasal dari kain kasa (muslin) yang tipis dan transparan. Namun dalam perkembangannya, bahan yang digunakan menjadi semakin bervariasi, termasuk dengan bahan sutera.

Ada aturan sendiri mengenai pemakaian warna baju bodo. Warna jingga hanya dipakai oleh perempuan umur 10 tahun, warna jingga dan merah darah digunakan oleh perempuan umur 10-14 tahun, warna merah darah untuk 17-25 tahun, warna putih digunakan oleh para inang dan dukun, warna hijau diperuntukkan bagi puteri bangsawan sedangkan warna ungu dipakai oleh para janda.

Baca Juga :10 Fakta Mengenai Negeri China Yang Bikin Anda Terbelalak

Share
Published by
wahyu

Recent Posts

Dubai Dihantam Hujan Badai Sebabkan Banjir, Puluhan Nyawa Melayang

Jakarta banjir, sudah menjadi “acara” tahunan yang membuat banyak warga menjadi lebih “santuy” saat menghadapinya.…

13 hours ago

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

2 days ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

4 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

6 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

3 weeks ago