Categories: Trending

10 Fakta Unik tentang Turkmenistan, Negara dengan Peraturan Sangat Aneh

Negara yang berada di Asia Tengah ini mempunyai nama yang diambill dari bahasa Persia yaitu Turkmenistan yang berarti ‘Tanah orang Turkmen’. Wilayahnya dipenuhi oleh warga yang beragama muslim sunni.  Sedangkan, ibukota dari negara ini adalah Asghabat.

Negara ini dikenal dengan berbagai aturannya yang eksentrik. Ingin tahu lebih jauh tentang Turkmenistan? Berikut fakta menariknya.

1. Larangan Mobil Hitam

Negara ini terkenal dengan aturan-aturannya yang eksentrik. Salah satu aturan yang terdengar aneh dan unik yaitu warna mobil. Disini, warga dilarang untuk membeli dan mempunyai mobil berwarna hitam.

Larangan Mobil Hitam

Konon, alasan utama negara yang terletak di Asia Tengah ini adalah aura negatif dari warna hitam. Disarankan memilih warna putih karena masalah keberuntungan. Warna hitam dianggap sebagai mendatangkan aura buruk. Larangan ini diresmikan saat presiden Turkmenistan melakukan konvoi dengan menggunakan mobil limusin putih ke acara-acara publik. Bukan hanya itu, pemerintah juga menata ulang tata kota menjadi serba putih.

2. Keharusan Punya Anak, Tapi Tidak Harus Punya Suami

Anak adalah anugrah terbesar bagi pasangan. Setiap orang yang sudah menjalin hubungan pernikahan pastinya rindu akan hadirnya momongan. Begitupun juga dengan warga Turkmenistan disini.

Keharusan Punya Anak, tapi tidak harus punya suami

Sudah menjadi keharusan bagi seorang wanita yang sudah menikah untuk mempunyai keturunan. Namun yang membedakan adalah kehadiran suami. Ketika kehadiran sang anak merupakan sebuah keharusan, namun hal ini tidak berlaku dengan adanya sang suami. Perempuan Turkmenistan, terutama yang hidup di kota, tidak begitu peduli dengan adanya pasangan atau tidak. Bahkan, beberapa dari mereka memilih untuk tidak bersuami.

3. Hampir seluruh wilayahnya gurun

Turkmenistan mempunyai luas 491.210 kilometer persegi. Dengan luasnya tersebut ternyata sebagian besar dari wilayahnya merupakan gurun pasir.

Hampir seluruh wilayahnya gurun

Negara yang terletak di pusat benua asia ini merupakan daerah dengan gurunnya yang terkenal yaitu bernama Karakum. Gurun inilah yang menyelimuti wilayah dari Turkmenistan.

4. Saluran Air Terpanjang Ada Disini

Meski sebagian besar wilayah Turkmenistan adalah gurun pasir, namun ia mempunyai saluran air yang cukup bagi rakyatnya. Bahkan Saluran yang dipakai untuk irigasi ini merupakan yang terpanjang di dunia.

Saluran Air Terpanjang Ada Disini

Keadaan dengan sekitarnya yang merupakan gurun pasir akan sangat susah untuk mencari air. Namun, saluran air Karakum selalu deras dengan air untuk pengairan yang dapat digunakan warga untuk kehidupan sehari-hari.

5. Produsen Karpet Terindah Sedunia

Banyak jenis karpet dengan berbagai gambar dan pola yang indah dan unik. Namun, hanya satu yang paling indah dan berkualitas yaitu karpet dari Turkmenistan. Sebagian besar orang tak tahu bahwa permadani dari negara gurun inilah yang paling baik. Hal tersebut dikarenakan hasil produksinya di berik merek yang berbeda-beda sehingga tak banyak yang tahu tempat asal dari produk terbaik tersebut.

Produsen Karpet Terindah Sedunia

Permadani ini merupakan tenunan dari benang wol, kapas dan sutra. Polanya yang khas ini membuat karpet asal Turkmenistan semakin mempesona. Produk ini ditenun secara tradisional oleh wanita negara ini. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, permadani ini dibuat melalui mesin. Tetapi, hasilnya tetap bagus dan tidak mengurangi nilai estetika dari produk nomor satu tersebut.

6. Festival Karpet Turkmen

Di negara ini banyak sekali festival unik yang sering digelar tiap tahunnya. Salah satunya adalah festival karpet Turkmen. Seperti yang kita tahu bahwa karpet di Turkmenistan adalah yang terbaik di dunia, sehingga di adakan festival ini.

Festival karpet Turkmen

Di dalam festival ini, semua warga Turkmenistan berlomba untuk membuat permadani terbaik. Tak hanya wanita yang tergabung, pria pun juga mengikuti festival ini.

7. Tiang Bendera Tertinggi di dunia

Tiap negara mempunyai bendera dan tiang bendera masing-masing yang berfungsi untuk upacara sakral kenegaraan. Yang membedakan negara ini dengan negara lain adalah luas bendera dan tinggi benderanya.

Tiang Bendera Tertinggi di dunia

Turkmenistan dinobatkan sebagai pemilik tiang bendera tertinggi dan juga bendera terluas diantara negara lain di dunia. Tinggi tiang benderanya mencapai 133 meter, sedangkan untuk ukuran benderanya yaitu 52.5 x 35 meter.

8. Larangan Memotret

Memotret sudah menjadi hal biasa dan bahkan menjadi hobi para petualang yang inigin mengabadikan momen yang berharga. Namun sayangnya, jika Anda berada di Negara ini, hal tersebut dilarang. Terutama menjepret gambar gedung-gedung pemerintah dan pemandangan saat bazar. Anda akan dikenai hukuman dan denda jika tertangkap memotret hal tersebut.

Larangan Memotret

Ada beberapa tempat yang bertanda larangan untuk mengambil foto, dan jika Anda tertangkap mengambil foto di area tersebut maka kamera Anda akan disita. Namun, ada juga area dimana Anda bisa mengambil foto, tapi Anda harus meminta izin untuk melakukannya. Walaupun ada aturan ini, layaknya orang Indonesia jika bertemu dengan turis asing, Anda sebagai wisatawan asing akan dimintai berfoto dengan warga setempat. Mengenai hal tersebut, Anda sebaiknya memperbolehkan untuk berfoto dengan mereka.

 9. Wajib Mengucapkan Khosh geldiniz! Pada Wisatawan

Ucapan ini seringkali dilontarkan untuk wisatawan asing. ‘Khosh geldiniz!’ Mempunyai arti senang bertemu dengan Anda. Ini adalah salah satu bentuk rasa sopan terhadap pendatang. Salah satu alasan bentuk kesopanan mereka adalah sebagai wujud praktek dari ajaran agama.

Wajib Mengucapkan Khosh geldiniz! Pada Wisatawan

Sebagian besar warga Turkmenistan adalah islam. Menghormati tamu merupakan hal wajib yang dilakukan, karena tamu dikirim oleh Allah SWT. Selain itu, di dalam agama Islam sudah tertera tentang kewajiban memuliakan tamu. Begitulah alasan mereka mengapa menyapa tamu dan melayani mereka sebaik mungkin merupakan sebuah keharusan. Keramatamahan pada tamu seperti ini sudah menjadi gaya hidup warga disini.

10. Tuntutan Bagi Istri Yang Tidak Bisa Memberi Keturunan

Harapan yang masih saja tertanam diantara warga Turkmenistan dalam pernikahan adalah lahirnya bayi. Tradisi dalam tahun pertama pernikahan adalah melahirkan seorang bayi. Jika tidak ada kelahiran dari sang istri di tahun pertama, maka akan menjadi hal buruk baginya.

Tuntutan Bagi Istri yang tidak bisa memberi keturunan

Tanpa kelahiran sang anak, perempuan harus siap-siap menghadapi tuntutan dari mertua. Ia bisa saja diceraikan hanya karena tidak mempunyai keturunan.

Beberapa fakta diatas adalah sebagian dari sederet fakta unik lainnya yang berada di Turkmenistan. Bagaimana menurut Anda? Apakah ada fakta unik lain tentang negara ini?

Share
Published by
Vyra Sofia

Recent Posts

Raja Charles III Menderita Kanker Ketika Menjalani Perawatan Masalah Prostat

Kabar tak mengenakkan datang dari keluarga Kerajaan Inggris. Baru beberapa bulan menjalani perannya sebagai Raja…

3 months ago

Diduga Terlibat Pencucian Uang Ratusan Miliar, Raffi Ahmad Beri Klarifikasi

Raffi Ahmad bukan hanya dikenal sebagai artis, tapi juga pengusaha. Kekayaan yang dimilikinya tak main-main,…

3 months ago

Curhat 10 Tahun Menikah Diselingkuhi Suami dengan Adik Ipar, Mamah Dedeh Peluk Ibu Ini

Ustazah Dedeh Rosidah, atau akrab disapa Mamah Dedeh, menjadi salah satu penceramah yang begitu disukai…

3 months ago

Perempuan Asal NTT Ini Melahirkan Sendiri dan Memutilasi Anak Hasil Hubungan Gelapnya

Tak jarang karena kesenangan sesaat, ada nyawa yang harus direlakan. Seperti yang terjadi di Nusa…

3 months ago

Mahasiswi UI Sekaligus Tiktoker Rahma Azzahra Meninggal Setelah Alami Kecelakaan di Tol

Kabar duka datang dari seorang Tiktoker bernama Rahma Azzahra Putri Hariyadi. Ia meninggal dunia di…

3 months ago

Polemik Uang Konsumsi dan Transport Pelantikan Anggota KPPS yang Diduga Disunat

Pemilihan umum atau Pemilu sudah makin mendekati hari H. Namun, beberapa hari lalu ada dugaan…

3 months ago