5 Hal ini Mungkin Akan Terjadi Jika Timor Leste Kembali ke Pangkuan Indonesia

oleh Rizal
07:11 AM on Feb 20, 2016

Hampir 20 tahun sejak Timor Timur memilih untuk melepaskan diri dari Indonesia. Apa kabar mereka sekarang? Ya, boleh dibilang cukup baik. Bahkan secara ekonomi mereka meningkat cukup signifikan dan hampir-hampir menyamai Indonesia. Meskipun sudah benar-benar berdiri sendiri, namun pada kenyataannya Timor Leste masih sangat bergantung dengan Indonesia. Terutama hal pendidikan atau pun arus barang-barang.

Baca Juga : 5 Hal Hebat yang Bisa Kita Contoh dari Timor Leste

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Lepas dari masalah ketergantungan ini, apakah mungkin bagi kedua negara ini untuk bersatu kembali? Jawabannya bisa ya atau tidak, tergantung banyak hal. Menyinggung masalah pemersatuan ini, Februari tahun 2014 lalu Xanana Gusmao pernah mengatakan kalimat yang cukup mengagetkan. “Timor Leste harus bergabung dengan Indonesia. Kamu butuh pemimpin baru.”Ucapan yang bikin kontroversi itu akhirnya ditepis oleh pihak Timor Leste dengan berbagai dalih.

Timor Leste sendiri sebenarnya cukup mungkin untuk bisa bergabung dengan NKRI. Mengingat mereka adalah mantan saudara senegara. Dan jika ini benar-benar dilakukan, maka akan banyak hal yang akan terjadi. Mungkin tidak melulu hal yang baik, tapi bisa juga sebaliknya.

1. Pendidikan Timor Leste Maju

Seperti yang kita tahu, selama ini Timor Leste banyak bergantung kepada Indonesia soal pendidikan. Terutama di level pendidikan tinggi. Bagi Timor Leste ini sebenarnya cukup menyusahkan lho, lantaran mereka sekarang beda negara, belajar di Indonesia tidak semudah yang dikira. Harus urus ini itu dan sebagainya.

Mahasiswa Timor Leste [Image Source]
Mahasiswa Timor Leste [Image Source]
Beda lagi kalau mereka masih satu negara, Timor Leste bisa menempuh pendidikan di Bumi Indonesia mana pun tanpa perlu ribet soal izin, birokrasi dan sebagainya. Bahkan, mungkin saja dengan sumbangan anggaran negara mereka bisa bangun banyak universitas di daerah sendiri. Dosen-dosennya juga bisa dipanggil dari Jawa atau pun daerah lainnya yang kompeten.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA