Categories: Trending

Keluar Dari Zona Nyaman, Traveling ke Penjara Alcatraz!

San Francisco tidak pernah berhenti membuat terobosan menarik di dunia pariwisata untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerahnya. Jika di tempat lain penjara adalah kawasan yang harus steril dari warga sipil, San Francisco malah membuat tur berkunjung ke kawasan penjara. Tak tanggung-tanggung penjara yang jadi destinasi wisata adalah penjara yang terkenal paling ketat yaitu Alcatraz.

Pulau Alcatraz begitu terkenal lewat film-film Hollywood yang menampilkan pulau ini dalam adegan filmnya. Alcatraz digambarkan sebagai pulau yang berisi penjara berkeamanan tingkat tinggi dan diperuntukkan bagi penjahat kelas kakap. Memang itulah yang terjadi, namun dibalik kegarangan image yang melekat padanya ternyata Alcatraz juga memiliki sisi yang feminin.

Pulau Alcatraz via Education Travel

Pulau ini adalah tempat yang bersejarah yang dikenal dengan sebutan The Rock. Di sana terdapat mercusuar tertua di pantai barat Amerika Serikat, benteng dan juga bangunan bekas penjara. Pulau ini kini berada dalam pengelolaan National Park Service.

Kini pulau yang terlihat angker itu menjadi salah satu destinasi wisata utama di San Francisco. Turis dapat berkunjung ke Museum Collection from Alcatraz yang menempati bangunan bekas penjara. Di dalam museum ini terdapat beberapa ruang koleksi yang dibedakan berdasarkan periodenya. Ada Military Period, Federal Prison, dan Indian Occupation.

Museum di dalam penjara Alcatraz via Gorilla Convict

Selain itu ada pula berbagai simbol sejarah di sana antara lain Water Tower, Barracks Building Bridges, Cell House, reruntuhan Warden’s House dan Officers Club, Parade Grounds, dan Building 64. Beralih ke sisi luar gedung, sisi cantik pulau mulai terlihat dengan adanya Alcatraz Historic Gardens Project, sebuah taman yang berisi flora dan fauna lokal. Pengunjung bisa mengikuti Garden Tours yang hanya ada pada hari Jumat dan Minggu pukul 09.45 waktu setempat.

Taman Bunga di Alcatraz via Dry Garden

Tak lengkap jalan-jalan tanpa belanja oleh-oleh. Nah di sana ada tuh gerai souvenir di Park Store. Aneka buku, video dan suvenir bertema Alcatraz dijual di sana. Bagi yang ingin liburan ke Alcatraz bisa datang kapan saja, pulau ini buka sepanjang tahun dan hanya libura pada perayaan Thanksgiving, Natal , dan tahun baru saja. Untuk menuju pulau ini traveler cukup naik feri dari Dermaga 33 yang terletak dekat Fisherman’s Wharf di San Francisco.

Share
Published by
Alfry

Recent Posts

Seorang Ibu Harus Kehilangan Bayinya karena Dipijat Nenek Buyut Sejak Baru Lahir

Siapa sangka sebuah pijatan yang bisa merelaksasi dan menyembuhkan penyakit pada orang dewasa, bisa berujung…

13 hours ago

Selebgram Chandrika Chika Ditangkap Usai Pesta Ganja Pakai Modus Baru Rokok Elektrik

Nama selebgram Chandrika Chika terseret pada kasus penyalahgunaan narkoba yang baru-baru ini terungkap. Tidak sendirian,…

2 days ago

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

5 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago