in

Mejeng di Times Square AS, Inilah Alasan Weird Genius dan Lathi Dikenal hingga Mancanegara

Mimpi grup musik beraliran Electronic Dance Music (EDM) Weird Genius untuk bisa menembus kancah internasional tampaknya telah menuai kenyataan. Setelah sukses dengan Lathi, kini wajah ketiga personelnya terpampang di sebuah baliho yang terletak di salah satu tempat paling ramai di Amerika Serikat, Times Square New York.

Hal ini diketahui dari unggahan video pada akun Twitter salah satu personilnya, Reza Arap, pada Minggu (12/7/2020). Sejak kemunculan pertamanya, Lathi telah mencuri perhatian karena corak musiknya yang mencampurkan EDM dengan lagu tradisional Jawa. Tak hanya itu, beberapa hal di bawah ini juga menjadi kunci sukses keduanya hingga dikenal dunia.

Kreativitas dan warna lagu “Lathi” yang memang fenomenal

Cover lagu Lathi [sumber gambar]
Warna lagu yang ada pada “Lathi” memang tergolong unik dan kreatif. Mengusung genre pop electronic dengan sentuhan Jawa berupa bunyi-bunyian instrumen tradisional, “Lathi” sukses menyihir penggemarnya dan telah didengar 19,8 juta kali di Spotify hingga dengan jumlah yang terus bertambah.

Ditonton dan didengar lebih dari jutaan orang di Spotify dan YouTube

Lagu Lathi yang ditonton hingga 74 juta kali di YouTube [sumber gambar]
Tak hanya berjaya di platform Spotify, “Lathi” juga telah ditonton hingga 74 juta kali di YouTube. Kesuksesannya membuat Weird Genius semakin dikenal hingga merambah negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Hong Kong, dan bahkan Taiwan. Di sana, Lathi menduduki peringkat teratas sebagai lagu yang sering diputar.

Lagu “Lathi” merajai tangga lagu di negara-negara Asia Tenggara

Ilustrasi Top Chart Lathi [sumber gambar]
Popularitas “Lathi” di Singapura membuat lagu tersebut masuk dalam daftar nomor 1 di Singapore Viral 50 pada Juni 2020. Sedangkan di Malaysia, single yang dipopulerkan oleh Weird Genius itu berada nomor 1 di Malaysia Viral 50 pada Mei 2020. Pencapaian ini bahkan membuat Lathi masuk dalam Global Viral 50 Spotify.

Semakin viral setelah digunakan di Tik Tok dan #LathiChallenge

Lathi Challenge oleh beauty vlogger Indonesia, Jharna Bhagwani [sumber gambar]
Lagu “Lathi” tak hanya menuai sukses di Spotify dan YouTube, tapi juga viral setelah digunakan di Tok Tok oleh seorang beauty vlogger Indonesia, Jharna Bhagwani. Saat itu, dirinya mengunggah video tutorial makeup di media sosialnya. “Embracing my Indonesian culture through the #LathiChallenge,” tulis wanita 17 tahun itu. #LathiChallenge pun kemudian banyak menginspirasi kreator lainnya untuk membuat konten sejenis.

Sosok ternama di balik kesuksesan Weird Genius

Ketiga personil Weird Genius [sumber gambar]
Keberhasilan Lathi yang mendunia tak lepas dari sosok ketiga personil Weird Genius yang punya karakter dan ciri khas masing-masing. Seperti Eka Gustiwana yang dikenal sebagai produser rekaman dan komposer ucapan pertama di Indonesia, Reza Arap yang berlatar belakang seorang musisi dan YouTuber, serta Gerarld Liu yang berprofesi sebagai DJ. Weird Jenius juga menggandeng rapper asal Surabaya, Sara Fajira.

BACA JUGA: Kisah Reza Arap yang Sempat Jadi Ojek dan Mati Suri Sebelum Kaya Raya Lewat YouTube

Kesuksesan lagu “Lathi” sempat menuai protes dari seorang tokoh agama asal Malaysia, Wan Dazrin, yang menuding hal tersebut sebagai bentuk pemanggilan setan dan hal ghaib lainnya. Meski demikian, Wan Dazrin telah mengeluarkan permintaan maafnya atas tuduhannya tersebut. Hingga kini, Weird Genius dan “Lathi” telah meraih kesuksesan dan diakui dunia.

Written by Dany

Menyukai dunia teknologi dan fenomena kultur digital pada masyarakat modern. Seorang SEO enthusiast, mendalami dunia blogging dan digital marketing. Hobi di bidang desain grafis dan membaca buku.

Leave a Reply

Emas Hingga Daging KW, Inilah Barang-barang Palsu Asal Cina yang jadi Olok-olokan Dunia

Klaim Batik Hingga Sengketa Natuna, 5 Hal Ini Dinilai Picu Amarah Rakyat Indonesia Pada Cina