Dewasa ini, banyak pilihan untuk menikmati kuliner khas Indonesia. Menjamurnya kafe-kafe yang menjual menu Indonesia pun menjadi daya tarik baru bagi mereka yang doyan nongkrong tapi ingin makan kenyang. Namun, eksistensi warung tegal (warteg) di negeri sendiri ini tidak kalah loh dengan tempat-tempat baru favorit kids zaman now.

Buktinya saja, masih banyak public figure yang sering menyantap makan siangnya di warteg. Bahkan, ada beberapa warteg yang jadi langganan para pejabat hingga artis loh guys! Nggak percaya? Simak ulasannya berikut ini. Siapa tahu kamu pernah makan di salah satunya.

1. Warteg 21, Favorit Para Presiden Indonesia

Warteg yang telah beroperasi semenjak tahun 1978 ini ternyata memang legendaris banget. Terbukti dari siapa saja yang pernah berkunjung ke sana. Mulai dari Presiden Megawati hingga Jokowi menjadikan warteg ini sebagai favoritnya.

Warteg 21 [image source]
Selain murah, menu yang disajikan cukup lengkap sehingga membuat banyak orang betah makan di sana. Selain para pejabat tinggi negara, artis-artis seperti Surya Saputra, Darius Sinathrya serta pesepak bola Bambang Pamungkas juga pernah menyantap makan siangnya di sini. Lokasi dari warteg ini dekat dengan SMAN 21, Jakarta Timur. Patut dicoba nih kayanya!

2. Warteg Warmo, Jadi ‘Langganan’ karena Buka 24 Jam

Tidak banyak warung yang biasa buka hingga seharian penuh, paling-paling mendekati tengah malam, mereka sudah beres-beres dagangan. Berbeda dengan Warteg Warmo yang terletak di Tebet ini. Kelebihan mereka adalah sanggup untuk melayani pelanggan hingga 24 jam.

Warteg Warmo [image source]
Tak ayal jika sederetan pejabat dan artis pernah mampir ke warteg milik seorang yang dulunya merupakan tukang becak ini. Terpampang jelas di dinding warung yang telah berdiri sejak 1970 ini foto-foto Dahlan Iskan, Rhoma Irama, serta Sammy Simorangkir ketika bertandang ke sana.

3. Warteg Mama Iyah, Dekat dengan Istana Negara

Selain enak dan murah, faktor yang menjadikan Warteg Mama Iyah jadi terkenal ini adalah lokasinya yang tidak jauh dari Istana Negara. Setiap hari silih berganti, para pelanggan warteg milik perempuan asal Bantul, Yogyakarta ini adalah orang-orang yang bekerja di Istana Negara.

Warteg Mama Iyah [image source]
Ia mengaku senang mendapat lokasi dekat dengan Istana Negara karena bisa bergaul dengan orang-orang di dalamnya, bisa berdiskusi tentang bagaimana keadaan Indonesia sekarang. Tidak mengejutkan lagi dengan lokasi tersebut, Mama Iyah memiliki langganan para menteri serta ajudan-ajudannya. Ia mengungkapkan bahwa yang rutin datang untuk makan di warungnya adalah Menperin Saleh Husin dan Menakertrans M. Hanif Dhakiri.

4. Warteg Bu Djunah, Pemiliknya Pernah Diundang ke Istana

Di antara sekian banyak warteg di Jakarta, mungkin Warteg Bu Djunah adalah satu yang paling beruntung. Tidak hanya menjadi langganan Presiden Jokowi, namun beberapa permintaan sang pemilik sudah dikabulkan pula oleh orang nomor satu di Indonesia itu. Salah satunya ketika ia meminta sang Presiden untuk membetulkan atap wartegnya yang sering bocor.

Warteg Bu Djunah [image source]
Ada satu hal lagi yang menjadikan Bu Djunah paling beruntung. Ia berkesempatan diundang ke Istana Negara untuk menyantap kuliner di sana serta memasak hidangannya. Hingga sekarang, ia masih tetap membuatkan kudapan untuk beberapa staf di Istana Negara, ungkapnya.

Setelah melihat ulasan di atas, terbukti kan bahwa warteg memang nggak ada matinya. Jadi, tidak perlu lari ke kafe untuk pamer di sosial media, berkunjung ke empat warteg di atas pun cukup, karena ada bukti jelas bahwa mereka pernah dikunjungi sosok terkenal di tanah air. Kita doakan juga semoga para punggawa warteg ini akan terus bertahan meski jaman telah silih berganti.