Bule Belajar Membuat Tempe Sampai Buka Warteg di London

oleh Ayu
11:08 AM on Mar 26, 2015

Bule belajar membuat tempe karena terlanjur cinta dengan rasanya dan akhirnya membuka warung sendiri di kampung halamannya, London. Ini adalah salah satu kisah menarik dari bule yang pernah singgah di Indonesia.

Sudah banyak bule yang jatuh cinta pada negara ini, mulai dari orang-orangnya, budayanya hingga makanannya. Salah satunya adalah tempe, lauk merakyat yang kita rasa sepele, tapi di lidah para bule ternyata ngangenin banget.

Baca Juga
Bikin Jantungan, Pajak Mobil “Wah” Ini Bisa Buat Sedekah Orang Sekampung
Inilah 10 Meme, “Yang, di Rumah Lagi Sepi” Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sekaligus Gagal Fokus

William Mitchell asal Inggris belajar membuat tempe via Detik

Setelah mendengar kisah bule jualan gorengan dan bule jualan burger demi membiayai pengobatan istri, kini kita melirik seorang bule Inggris yang belajar membuat tempe. William Mitchell, belajar langsung dari para pembuat tempe di Indonesia.

Native speaker berbahasa Inggris yang sempat tinggal di Indonesia sejak 1995 ini sering makan tempe. Tapi ketika dua tahun lalu ia bertolak pulang ke Inggris, William ‘gemas’ karena tak menemukan tempe yang bagus di negaranya.

Warung tempe William di London via Kompas

Melalui BBC Indonesia, William mengatakan bahwa ia belajar pada produsen tempe aslinya selama beberapa bulan di Indonesia. Ini dilakukannya supaya bisa membuat tempe berkualitas tinggi di Inggris.

Begitu sukanya pada tempe, kini bule Inggris itu bahkan memperkenalkan tempe pada warga London lewat ‘warteg’ miliknya. Sebenarnya hanya berupa warung pinggir jalan yang berjualan tempe, tapi ia bahkan menyebut ‘Authentic Indonesian Tempeh’ sebagai slogan di depan warungnya.

Tempe dikemas kebarat-baratan tampak lezat via Detik

Metode pinggir jalan ini ternyata berhasil memikat banyak orang London yang ingin makan tempe buatan William. Untuk produksinya sendiri ini, ia membuat beberapa jenis tempe seperti tempe kari yang dipopulerkan dalam akun Facebooknya. Menu lainnya dibuat seperti salad sayuran segar dengan tempe yang di-wrap dengan tortilla dan diberi saus alami homemade. Hmmm.. kedengaran lezat ya?

Memang makanan Indonesia itu tiada duanya, sampai bule pun ingin memboyongnya ke luar negeri. Nah, kita sendiri jangan sampai lupa melestarikan kuliner dari negeri sendiri ya?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA