in

Suka Makan Seafood? Awas, Ada Bakteri Mematikan yang Bisa Menghantuimu

Beberapa waktu lalu, ada kabar tidak mengenakkan dari dunia kuliner. Yaitu ada seorang pria berusia 71 tahun meninggal dunia secara tiba-tiba setelah menyantap tiram mentah di salah satu restoran yang terletak di Florida. Ternyata, selidik punya selidik kalau tiram tersebut terpapar bakteri berbahaya yang dinamakan Vibrio Vulnificus.

Sebenarnya, kasus ini tak hanya terjadi satu kali ini saja Sahabat Boombastis. Ada peristiwa lain lagi yang juga telah menelan korban. Dilansir dari grid.id, jika perempuan yang bernama Jeanette asal Amerika berperang melawan infeksi dari bakteri tersebut selama 21 hari. Namun apa daya, Tuhan berkata lain sehingga membuat Jeanette menghembuskan napas terakhir. Ini semua bermula dari ia mengonsumsi tiram mentah dengan perasan lemon.

Tiram mentah jadi penyebab Bakteri Vibrio Vulnificus [Sumber Gambar]
Cukup menakutkan memang karena bakteri tersebut bisa membuat orang meregang nyawa. Bahkan, dikutip dari grid.id jika bakteri tersebut tak hanya ditemukan pada tiram saja, tapi juga bahan makanan dari laut lainnya. Seperti kepiting, cumi, ikan dan makhluk laut lainnya. Sehingga, kita lebih baik berhati-hati jika ingin menyantap makanan yang berasal dari laut.

Bakteri vibrio vulnificus dapat mengancam nyawa karena ada alasannya Sahabat Boombastis. Menurut Dr. Jeff Duchin, selaku Kepala Penyakit Menular di Washington, jika bakteri mematikan tersebut bisa menyebabkan septikemia. Bagi yang belum tahu, septikemia merupakan perilaku bakteri yang bisa menginfeksi darah dalam jangka waktu pendek. Lalu bisa juga membuat orang yang terserang vibrio vulnificus mengalami gangguan pencernaan parah.

Meninggal karena Vibrio Vulnificus [Sumber Gambar]
Nah, sudah tahu kan bahayanya? Jadi kita perlu tahu juga nih tentang gejala bagi orang yang terjangkit bakteri vibrio vulnificus ini. Pada umumnya, orang yang terkena bakteri ini akan mengeluarkan gejala dalam waktu 24 jam setelah mengonsumsi makanan laut. Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah diare, perut kram, mual dan muntah, demam. Memang gejalanya sangat sepele namun sebaiknya untuk tidak diabaikan. Pasalnya, bakteri ini bisa menyebabkan kematian yang tak terduga seperti kedua peristiwa di atas.

Oleh karena itu, supaya kita tidak terjangkit bakteri tersebut, ada hal yang bisa dilakukan. Pertama adalah menghindari menyantap makanan laut yang mentah. Jadi lebih baik kita mengonsumsi yang matang saja agar tidak ada bakteri menempel. Kemudian yang kedua yakni sebisa mungkin untuk memasaknya bahan makanan tersebut sendiri. Dengan begitu akan lebih aman daripada membeli yang tidak diketahui bagaimana kebersihannya.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Younglex Babak Belur Digebukin Fans K-Pop! Netizen Bilang: Drama Apalagi Ini?

Hancur oleh Kecelakaan, Pemain Ini Bangkit dan Wadahi Pemain Bola Berkebutuhan Khusus