Sudah terlalu banyak bukti yang memperlihatkan, betapa bahayanya cairan miras aatau minuman keras bagi mereka yang meminumnya. Tak hanya membuat mabuk yang memang dilarang dalam agama, tapi juga efeknya yang dinilai bisa membahayakan tubuh. Hal inilah yang mendorong salah seorang ustaz melakukan tindakan untuk memusnahkan benda tersebut dengan caranya sendiri.

Dikutip dari antimiras.com, ustaz yang diketahui bernama Muhammad Ikhwan Abdul Jalil tersebut diketahui membeli semua miras yang tengah dijual pada sebuah warung. Tak hanya memborong semuanya, ia juga lantas menumpahkan seluruh isinya di hadapan sang penjual hingga habis tak tersisa. Alhasil, apa yang dilakukannya tersebut kemudian viral di dunia maya.

Proyek Akhirat yang menjadi fokus sang ustaz

Proyek Akhirat untuk menegakkan amar ma’ruf nahi munkar [sumber gambar]
Diketahui, peristiwa tersebut terjadi di Kawasan Wisata Pantai Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Adapun dengan apa yang dilakukan oleh sang ustaz sendiri, merupakan bagian dari “proyek akhirat.”, di mana tujuannya adalah untuk ber-amar ma’ruf nahi munkar (mengajak orang lain melakukan hal-hal baik dan menjauhi hal buruk). Alih-alih dilakukan dengan cara memaksa, sang ustaz malah memborong semua miras yang tengah dijual dan kemudian menumpahkan isinya.

Hanya menumpahkan dan tidak memecah botol

Selain menumpahkan isinya dihadapan penjual miras, tak lupa ustaz Ikhwan juga memberikan sedikit pandangan tentang miras yang sesekali diselingi dengan muatan ceramah agama. Pemilik warung pun tampak ikhlas dan menyimak apa yang diucapkan oleh sang ustaz. “Kalau kita sudah berhenti beramar ma’ruf nahi munkar lebih baik kita berhenti hidup. Dalam proyek akhirat amar ma’ruf nahi mungkar ini kita tidak main pecah-pecah, tapi kita tumpahkan,” ujarnya dalam video yang diunggah oleh akun Twitter Iskandar Fauzi tersebut.

Peristiwa yang kemudan viral di dunia maya

Peristiwa yang akhirnya viral di dunia maya [sumber gambar]
Apa yang dilakukan oleh ustaz Muhammad Ikhwan Jalil di atas, kemudian viral dan menjadi perbincangan hangat warganet di dunia maya. Beberapa dari mereka bahkan memuji aksinya itu karena dilakukan dengan cara yang santun. Tak lupa, sang ustaz juga mendoakan agar ibu penjual sekaligus pemilik warung tersebut agar senantiasa diberi berkah berupa materi dan lainnya yang bermanfaat.

BACA JUGA: Berdakwah di Club Malam, Ini Loh Sosok Gus Miftah yang Sedang Dibicarakan Banyak Orang

Melihat banyaknya kerugian daripada manfaat yang diperoleh dari miras, sosok ustaz Muhammad Ikhwan Jalil tergerak untuk memberantas benda tersebut dengan caranya sendiri. Tak hanya untuk kebaikan semua orang, tapi juga memberikan kesadaran bahwa sejatinya miras lebih banyak memiliki hal negatif dibanding positif. Gimana menurutmu Sahabat Boombastis?