in

Bikin Ngeri! Ini 4 Kejadian Ular Sembunyi di Rumah Warga yang Sering Terjadi Saat Musim Hujan

3. Ular piton masuk ke rumah warga

Salah satu warga Kecamatan Gunungsitoli, Sumatra Utara, kaget saat mendengar teriakan ular di rumahnya. Warga pun berbondong-bondong datang dan berusaha menangkap ular piton sepanjang 6 meter tersebut. Dengan modal keberanian yang besar dan kehati-hatian, warga menarik ular piton itu.

Penangkapan ular di sudut rumah warga [sumber gambar]
Awalnya, mereka agak kesusahan karena ular bersembunyi di bawah meja di sudut ruangan. Tapi akhirnya, tertangkaplah ular tersebut dan dimasukkan ke karung goni. Ular tersebut diduga sedang mencari mangsanya dan bisa datang ke daerah itu karena ikut hanyut saat parit banjir.

4. Ular masuk rumah warga dan menggigit saat ditangkap

Beruntung kejadian-kejadian sebelumnya tak memakan korban, tapi kali ini berbeda. Saat itu, banjir rob sedang terjadi di Berok Nipah, Kota Padang, Sumatera Barat, pada Senin (8/11/21). Para warga mendadak panik dan ketakutan saat melihat ular piton sepanjang 2,5 meter masuk ke salah satu rumah warga.

Tergigit ular saat menangkap [sumber gambar]
Beberapa orang pun gerak cepat menangkap ular tersebut. Sayangnya, dua orang bernama Ray dan Yudi harus terluka saat melakukan penangkapan. Ada yang tergigit di tangan, bahkan di telinga hingga mengeluarkan darah. Beruntung ular piton bukanlah jenis ular berbisa. Setelah ditangkap, ular tersebut dimasukkan ke dalam karung agar tak kembali berkeliaran.

5. Cara mencegah ular masuk ke rumah

Beberapa tempat yang kerap jadi incaran ular untuk sembunyi di rumah adalah sudut-sudut, lubang, sampai saluran air. Tempat-tempat tersebut mereka anggap aman karena bisa dijadikan tempat sembunyi, terlebih kalau gelap dan lembab.

Mencegah ular masuk rumah [sumber gambar]
Untuk mencegah ular masuk ke rumahmu, sebaiknya kamu selalu menjaga kebersihan rumah. Gunakan cairan pel yang berbau untuk menghindarkan ular masuk, karena mereka tidak suka dengan bau yang menyengat. Selain itu, hindari tumpukan barang bekas karena bisa dijadikan tempat sembunyi. Rutinlah membuang sampah agar tak ada tikus di rumah, yang bisa diburu oleh ular.

BACA JUGA: Banyak Ular Masuk ke Perkampungan Warga, Ini 4 Tanaman yang Bisa Mengusirnya

Apa yang harus dilakukan jika ular terlanjur masuk ke rumah? Pertama-tama, jangan panik apalagi berusaha menangkap sendiri. Langsung lapor Damkar dan pantau pergerakan ular selagi menunggu petugas datang. Berjaga-jagalah membawa benda yang kuat dan panjang. Usahakan tidak kontak langsung dengan ular, khususnya kepala mereka

Written by H

Viral Bikin Video Pakai Seragam Polri dan Bhayangkari, Ternyata Gadungan dan Diamankan Polisi

Guru Ponpes di Bandung Perkosa 14 Santriwati Sejak 2016, 4 Orang Sampai Hamil dan Melahirkan