Beberapa tahun terakhir ini sepertinya ular sudah mulai kebingungan mencari makan dan tempat tinggal. Buktinya banyak berita tentang ular yang tiba-tiba masuk ke perkampungan warga. Bahkan parahnya, hewan melata tersebut juga sempat-sempatnya memakan ternak warga. Mulai dari ayam hingga kambing yang ukurannya lebih besar daripada dirinya.

Kasus terakhir ular masuk ke perkampungan adalah di Bulan Februari lalu. Ada ular berjenis piton seberat 30 kg masuk ke rumah dan warung milik seorang warga di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Untungnya ular ini tidak melukai siapapun dan berhasil dievakuasi. Nah, untuk menghindari ular masuk ke perkampungan, lebih baik tanam beberapa tumbuhan berikut di sekitar rumah.

Tanaman lidah mertua yang sangat mudah dijumpai di mana-mana

Sahabat Boombastis pasti tahu dengan tanaman yang bernama Lidah Mertua. Yap, tanaman yang sangat mudah ditemukan di mana-mana ini ternyata sangat ditakuti oleh ular lho. Pasalnya, penampilannya agak menyeramkan jika dari pandangan hewan panjang tersebut. Daunnya yang keras, tegak, runcing dan mempunyai warna belang itulah membuat binatang berbahaya ini nyalinya jadi ciut.

Tanaman Lidah Mertua [Sumber Gambar]
Jadi, jangan ragu deh untuk menanam tumbuhan satu ini. Lagipula, cara mengurusnya pun juga cukup mudah kok. Hanya dengan menyirami tiga kali dalam seminggu. Selain itu tanaman dengan nama unik ini juga bisa diletakkan dalam ruangan, sehingga mempermudah kalian untuk mengurusnya.

Tanaman serai yang baunya bisa mengganggu penciuman ular

Tumbuhan selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghalau ular adalah serai. Pasti Sahabat Boombastis tak menyangka kan kalau tanaman satu ini dapat mengusir hewan tersebut? Ular tidak menyukai tanaman ini karena aromanya yang menurutnya sangat mengganggu indra penciumannya.

Tanaman Serai [Sumber Gambar]
Sehingga ia tidak akan mendekat ke rumah kalau sudah tahu ada tanaman yang sebenarnya baunya sangat harum ini. Maka dari itu, kalian lebih baik tanam deh serai ini di sekitaran rumah. Ingat! Bukan ular saja lho yang bisa diusir oleh tumbuhan satu ini. Nyamuk, caplak dan kutu juga tak berani dengan serai.

Bawang merah dan putih yang baunya sangat dibenci oleh ular

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah dan putih juga bisa digunakan untuk mengusir ular. Eh, tapi bukan bawangnya saja yang diletakkan di sudut rumah seperti mengusir drakula ya. Namun, bawang-bawang ini ditanam beserta daun-daunnya.

Bawang merah dan putih [Sumber Gambar]
Dari sini, bawang putih dan merah akan menciptakan aroma-aroma yang tidak sedap bagi hewan apapun. Salah satunya adalah si ular yang bisa mengancam nyawa ini. Ketika ular membau aroma ini, pastinya ia akan menjauh dan indra penciumannya terganggu sementara.

Bunga Gumitir yang akarnya bisa bikin hewan tak betah di dekatnya

Selain tiga tumbuhan di atas, ada tanaman cantik yang ternyata bisa digunakan untuk menakuti ular lho. Namanya adalah Bunga Gumitir. Tanaman dengan warna jingga atau kuning ini mempunyai ‘senjata tajam’ untuk mengusir hewan apa saja yang berani mendekatinya. Yaitu terletak pada akarnya yang kuat dan menancap sangat dalam.

Bunga Gumitir [Sumber Gambar]
Di mana akar tersebut bisa mengeluarkan aroma menyengat yang bisa bikin binatang apa saja tidak betah di dekatnya. Salah satunya ya ular ini. Ia akan sangat terganggu jika sudah mencium bau dari akar bunga yang juga sering disebut Marigold ini.

BACA JUGA : Tak Banyak yang Tahu, Inilah 4 Faktor Penyebab Ular Bisa Masuk ke Dalam Rumah

Pasti kalian tidak menyangka kan kalau ada tumbuhan yang bisa mengusir ular? Yap, jadi kalian mulai sekarang tak perlu lagi khawatir jika ada kabar ular masuk ke perkampunganmu. Kalian cukup memilih dan menanam satu di antara tumbuhan di atas. Tapi, perlu diingat ya, Sahabat Boombastis juga perlu untuk menjaga kebersihan dari rumah. Seperti rumput yang tidak boleh terlalu rimbun, rutin membersihkan segala jenis sampah dan lain sebagainya. Supaya ular tidak akan menjadikan rumahmu sebagai tempatnya untuk bersarang.