Pesta Demokrasi dalam bentuk Pemilihan Umum Serentak tahun 2019 akhirnya sampai ujung juga. Penyampain hasil perhitungan surat suara dari seluruh wilayah di Indonesia oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi penandanya. Selain bakal mendapatkan para wakil rakyat baru atau lama menjabat lagi, akhirnya juga diketahui siapa bakal memimpin negara ini selama lima tahun ke depan.

Dan sosok tersebut adalah pasangan pasangan petahana Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin. Mereka menang dengan 55,41 persen atau 85.036.828 suara atas capres-cawapres penantang Prabowo dan Sandiaga Uno yang memperoleh 44,59 persen atau 68.442.493 suara. Meski kabarnya masih akan ada banding ke Mahkamah Konstitusi, namun berkat capaian tersebut Jokowi sudah mendapatkan sejumlah ucapan selamat dari beberapa kepala negara dunia.

Halimah Yacob [Sumber Gambar]
Seperti contohnya adalah presiden negara Singapura yakni Halimah Yacob. Perempuan 64 tahun ini mengutarakan keyakinannya terhadap Indonesia jika dipimpin oleh Jokowi lagi. “saya yakin bahwa Anda akan membangun landasan yang kuat untuk menciptakan suatu masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat Indonesia.” Ujarnya seperti dikutip dari Straits Times. Tidak ketinggalan dengan Halimah, perdana menteri negara tersebut yakni Lee Hsien Long juga memberikan apresiasi ke Jokowi pasca dinyatakan menang KPU.

Mahathir Mohamad [Sumber Gambar]
Setali tiga uang dengan nama tadi, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad juga utarakan beberapa kata di aku media sosialnya, terkait kemenangan mantan Gubernur Jakarta itu di Pilpres 2019. Dilansir Boombastis dari IDNTimes, Mahathir Mohamad mengucapakan selamat atas kemenangan Jokowi dan berharap supaya kerja sama antara dua negara akan tumbuh semakin kuat setelah ini. Besar harapan memang kedua negara bisa bersinergi dalam banyak urusan.

Scott Morrison [Sumber Gambar]
Selain nama-nama tadi, Scott Morrison yang notabene adalah Perdana Menteri Australia juga memberikan apresiasi terhadap kemenangan pria asal Solo tersebut. Lewat akun Twitter-nya pada Selasa (21/5), Scott mengutarakan selamat kepada Jokowi atas terpilihnya anda kembali sebagai presiden Indonesia. Selain itu, pria 51 tersebut juga menantikan ikatan yang lebih selanjutnya dan di seluruh kepentingan-kepentingan bersama kita.

Narendra Modi [Sumber Gambar]
Sosok pemimpin dunia lain yang juga memberikan selamat atas kemenangan Jokowi di Pemilu 2019 adalah Narendra Modi. Perdana Menteri India lewat sosial media  menuliskan. “Selamat @jokowi atas terpilihnya Anda kembali! Sebagai dua negara demokrasi yang besar, kita merasakan kebanggaan kolektif dalam perayaan demokrasi yang sukses. Kami berharap Anda dan masyarakat Indonesia meraih kesuksesan di bawah kepemimpinan Anda yang dinamis,” tulisnya. Hubungan antara Jokowi dengan Narendra Modi.

Masih terkait hal ini, beberapa pemimpin dunia lainnya seperti Vladimir Putin, Donald Trump, hingga presiden Tiongkok Xi Jinping juga memberikan selamat atas pencapaian Jokowi di Pemilu Indonesia tahun 2019. Lebih jauh tentang hal ini, dilansir Boombastis dari Tirto.id, ujar Jokowi  ada 25 kepala negara yang mengucapkan selamat kepadanya.  “Beliau [pemimpin negara] mengucapkan selamat untuk seluruh masyarakat Indonesia dan juga Jokowi-Amin atas keberhasilan pemilu 17 April kemarin,” kata dia dikutip dari laman tersebut.

BACA JUGA: Sosok Mahathir Mohamad, PM Malaysia yang Bisa Menjadi Panutan Bagi Pemimpin RI

Begitulah tadi beberapa ucapan selamat para pemimpin negara dunia terhadap kemenangan Jokowi. Berkaca dari hal tersebut, sepertinya memang betul kalau setelah saling bertarung apresiasi terhadap hasil membuat suasana lebih adem. Selain itu, juga menjadikan orang bisa langsung menatap ke depan.