Ketika Imlek tiba, pasti kita mendengar ucapan Gong Xi Fa Cai seharian penuh. Entah dari saudara, tetangga, atau bahkan di televisi sekalipun. Sehingga kata-kata tersebut sudah terpatri di ingatan kalau setiap ada orang yang merayakan Imlek, kita cukup mengatakan Gong Xi Fa Cai.

Padahal sebenarnya Gong Xi Fa Cai artinya bukan selamat Imlek. Melainkan semoga mendapatkan kekayaan yang berlimpah di awal tahun baru. Nah, tapi jangan cuma tahu Gong Xi aja nih gengs. Ada banyak ucapan yang bisa kita terapkan saat ada kerabat merayakan Imlek. Yuk disimak..

Xin Nian Kuai Le yang dianggap lebih tepat dari Gong Xi Fa Cai

Melihat paragraf sebelumnya, kita tentu bertanya-tanya, ucapan apa yang cocok kita katakan untuk pemeluk Tionghoa. Nah, jawabannya adalah Xin Nian Kuai Le yang artinya adalah selamat tahun baru.

Xin Nian Kuai Le [Sumber Gambar]
Sebenarnya ada beberapa bahasa yang serupa dengan ucapan tadi. Seperti Sun Leen Fai Lok. Namun ucapan satu ini tidak banyak dipakai lantaran termasuk dalam Bahasa Kanton atau tak umum.

Sin Cun Kiong Hi yang biasa dipakai di Negeri Tirai Bambu

Ada lagi ucapan yang kerap digunakan ketika Imlek yaitu Sin Cun Kiong Hi. Tapi, ucapan ini hanya berlaku di luar negeri selain Indonesia. Pasalnya, arti dari perkataan tersebut adalah selamat musim semi.

Sin Cun Kiong Hi [Sumber Gambar]
Di mana pergantian tahun bagi masyarakat Tionghoa selalu ditandai dengan datangnya musim semi. Berbeda jika di Indonesia yang Imleknya selalu disambut dengan musim hujan dan juga angin kencang.

Xin Nian Jin Pu yang selalu jadi harapan pemeluk Agama Tionghoa

Di tahun baru ini, masyarakat yang merayakan Imlek mengharapkan banyak hal. Salah satunya adalah menjadi lebih baik dari sebelumnya di berbagai bidang. Nah, ucapan satu ini cocok untuk kalian ucapkan kepada mereka.

Xin Nian Jin Pu [Sumber Gambar]
Yaitu Xin Nian Jin Pu yang memiliki arti semoga mendapat kemajuan di segala aspek kehidupan. Dengan begitu, mereka pasti akan mengucapkan banyak terima kasih kepada kalian.

Sui Sui Ping An, ucapan yang menjauhkan dari segala marabahaya

Ingin mendapat banyak angpao, kalian bisa ucapkan ini kepada orang yang merayakan Imlek. Eh, enggak kok bercanda aja. Penulis berkata begitu karena ucapan satu ini merupakan salah satu doa yang sangat ingin dikabulkan oleh Tuhan.

Dijauhkan dari segala bahaya [Sumber Gambar]
Yakni Sui Sui Ping An, di mana ucapan ini mempunyai arti supaya dihindarkan dari segala celaka dan marabahaya. Semakin banyak yang mengucapkan, maka besar kemungkinan doa tersebut akan dikabulkan.

Shen Ti Jian Kang, ucapan yang sering kita ucapkan ketika orang berulang tahun

Selain jauh dari celaka dan ingin maju di berbagai aspek hidup, orang yang merayakan Imlek juga mengharapkan ucapan ini dari kalian. Shen Ti Jian Kang yang artinya semoga sehat selalu. Ini yang paling ditunggu-tunggu sih.

Shen Ti Jian Kang [Sumber Gambar]
Pasalnya, percuma jauh dari marabahaya dan mengalami banyak kemajuan namun tubuhnya tidak sehat. Ya, bisa kalian coba ucapkan ketika berkunjung ke kerabat yang merayakan Imlek.

Wan Shi Ru Yi yang memiliki arti tak kalah bagus dari ucapan di atas

Berbagai ucapan yang telah disebutkan di atas, rasanya sudah cukup ya. Eits, tapi tunggu dulu Sahabat Boombastis. Sebab, ada satu ucapan lagi yang bakal melengkapi doa-doa kalian di atas.

Wan Shi Ru Yi [Sumber Gambar]
Yap, itu adalah Wan Shi Ru Yi. Kalau diterjemahkan menjadi Bahasa Indonesia, artinya semoga semua mimpi dan harapanmu bisa terwujud. Jadi jangan lupa untuk mengucapkan doa satu ini kepada mereka ya.

BACA JUGA : Inilah 5 Fakta Unik Tentang Sejarah Perayaan Imlek di Indonesia

Ternyata selain Gong Xi Fa Cai ada banyak kata lain yang bisa kita ucapkan. Semuanya merupakan bentuk doa kita kepada orang yang merayakan Imlek. Ya siapa tahu setelah menyampaikan doa tadi kita bisa mendapat amplop merah, hehehe.