Categories: Trending

5 Mata Uang Tertinggi Nilainya di Dunia ini Bikin Rupiah Seperti Nggak Ada Harganya

Kembali ke masa-masa Orde Baru, Rupiah pernah menjadi mata uang yang paling diperhitungkan di dunia. Percaya atau tidak, di tahun 1970an, $1 pernah dihargai Rp 250 saja. Angka yang sangat fantastis tentu saja. Seandainya bisa dipertahankan hingga hari ini, Indonesia bakal makmur luar biasa. Negara-negara barat mungkin bisa kita libas.

BACA JUGA: 8 Negara Ini Dipercaya Bakal Menguasai Dunia di Masa Depan

Namun, masa kejayaan Rupiah yang pernah menjadi primadona mata uang dunia akhirnya mulai surut seiring bertambahnya tahun. Bahkan di tahun 1998, kenaikannya menggila, terutama di bulan Maret di mana $1 dihargai sampai Rp 16 ribu. Kini Rupiah bisa dibilang lebih baik, meskipun kalau dibandingkan dengan dulu amatlah memperihatinkan.

Ketika mengomparasikan Dolar dan Rupiah rasanya memang ngenes sekali, seakan-akan mata uang kita benar-benar nggak ada harganya. Namun, sepertinya kita harus bersyukur karena hanya fokus melihat perbandingan Rupiah dengan Dolar saja. Pasalnya, masih banyak mata uang lainnya yang lebih tinggi, dan kalau dibandingkan dengan Rupiah, mata uang kebanggaan ini berasa lebih hina lagi.

1. Dinar Kuwait

Memiliki sejuta saja uang dinar Kuwait, kita akan mampu membeli apa pun. Rumah, mobil, selusin iPhone 6 Plus dan lain sebagainya. Dinar Kuwait adalah mata uang paling tinggi nilainya di dunia. Untuk 1 dinar Kuwait, nilainya setara dengan $3,28. Benar-benar gila, kan?

Dinar Kuwait [Image Source]
Penasaran berapa Rupiah sejuta dinar Kuwait? Nilainya sekitar Rp 45 miliar! Bayangkan bagaimana kayanya orang-orang Kuwait yang punya simpanan di bank sampai miliaran dinar itu. Nilai tinggi ini sudah ditetapkan sejak dulu di tahun 60an. Pengaruh tingginya mata uang Kuwait erat kaitannya dengan produksi minyak mereka.

2. Dinar Bahrain

Dinar Bahrain adalah mata uang paling mahal nomor dua di dunia. Satu dinar Bahrain setara dengan $2,65. Kalau dikomparasikan dengan Rupiah, nilainya sekitar Rp 35 ribuan. Biar makin kaget, nilai Rp 1 juta itu hanya sekitar 27 dinar saja. Sungguh fantastis!

Dinar Bahrain [Image Source]
Lagi-lagi, pengaruh tingginya mata uang Bahrain ini lantaran minyak mereka. Memang minyak memegang pengaruh penting dalam fluktuasi mata uang dunia. Rata-rata, negara penghasil minyak selalu memiliki mata uang yang stabil terhadap dolar.

3. Rial Oman

Satu lagi negara Timur Tengah yang mata uangnya gila, Oman. Negara kecil ini terletak di ujung sebelah selatan Saudi Arabia dan juga jadi tetangganya Uni Emirat Arab. Meskipun tergolong negara kecil, tapi tendangannya luar biasa, maksudnya dalam hal currency atau mata uang.

Rial Oman [Image Source]
1 rial Oman dihargai $2,6, hampir-hampir sama dengan dinar-nya Bahrain. Kalau dibandingkan dengan Rupiah, 1 Rial Oman ini seharga Rp 35 ribuan juga. Sebagai komparasi, Arab Saudi yang notabene juga salah satu negara penghasil minyak terbesar, mata uangnya tidak terlalu bagus. Bahkan punya mereka di bawah dolar. Tercatat 1 Rial Arab Saudi bernilai $0.27 saja.

4. Poundsterling

Sudah sejak lama Pounsterling nilainya selalu berada di atas Dolar. Hari ini pun sama, meskipun tentu saja mengalami fluktuasi layaknya mata uang lainnya. 1 pound sendiri nilainya hampir $1,42. Sedangkan kalau dibandingkan dengan Rupiah, nilainya mencapai Rp 19 ribuan.

Pounsterling [Image Source]
Meskipun punya mata uang dengan nilai yang tinggi, faktanya Inggris bukanlah negara yang makmur. Terutama kalau dibandingkan dengan negara lain yang notabene tidak memiliki mata uang dengan nilai tinggi. Dari data yang dilansir IMF tahun lalu, Inggris menempati peringkat ke 23 negara paling kaya. Sebagai perbandingan Singapura yang memiliki mata uang yang beda-beda tipis dengan AS bercokol di peringkat 3 dunia.

5. Dolar Singapura

Miris rasanya melihat mata uang ini masuk dalam daftar membanggakan, lalu berkaca pada diri sendiri. Tapi, fakta memang berkata demikian. Percaya tidak percaya, 1 dolar Singapura nilainya lebih tinggi daripada AS yakni sekitar $0,70. Prestasi yang membanggakan tentu saja, apalagi untuk negara sekecil itu.

Dolar Singapura [Image Source]
Setelah merdeka, Singapura seolah melesat tanpa bisa dihalang-halangi. Hal ini kemudian berimbas pada ekonomi terutama mata uang mereka. Sebenarnya mata uang Singapura ini juga naik turun selama 20 tahun terakhir. Tapi, entah kenapa mereka selalu bisa membuat mata uangnya sendiri selalu lebih tinggi dari AS. Sebagai bahan refleksi, Singapura sebenarnya tidak ada apa-apanya dengan kita soal kekayaan alam. Maka logisnya, kita punya chance alias kesempatan untuk bisa membekuk dolar lebih rendah dari sekarang.

BACA JUGA: 5 Fakta Hidup di Qatar yang Bikin Iri Orang-Orang di Seluruh Dunia

Inilah deretan mata uang dengan nilai paling tinggi di dunia. Bikin ngiri! Entah tahun berapa Rupiah bisa masuk dalam daftar ini. Hal tersebut bukanlah bualan, Rupiah pernah kok melesat di tahun 70an, maka pasti hal tersebut bisa diwujudkan lagi. Terlepas dari nilai Rupiah yang kadang bikin nangis ini, sebenarnya kita patut pula untuk bersyukur lantaran tidak mengalami kejatuhan nilai seperti yang dialami banyak negara. Salah satunya adalah Zimbabwe di mana $1 bisa bernilai sampai triliunan.

Share
Published by
Rizal

Recent Posts

Wah Ratusan KK Warga Desa Wunut Klaten Mendapat THR 400 Ribu dari Pendapatan Desa!

Mendapat tunjangan hari raya (THR) dari perusahaan atau tempat kita bekerja, memang sudah biasa. THR…

4 days ago

Idap Anemia Aplastik Sejak Tahun Lalu, Babe Cabita Hembuskan Napas Terakhirnya

Kabar duka datang dari keluarga besar Stand Up Comedy Indonesia. Priya Prayoga Pratama atau lebih…

2 weeks ago

Kecelakaan Maut KM 58 Tol Cikampek Sebabkan 12 Orang Meninggal Dunia Seketika

Kecelakaan maut terjadi di Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, tepatnya pada Km 58, pada hari…

2 weeks ago

Misteri Kematian Ibu Muda di Gresik, Uang Raib hingga Saksi Ditemukan Meninggal

Misteri masih menyelimuti kematian seorang ibu muda di Gresik bernama Wardatun Toyyibah. Perempuan berusia 28…

4 weeks ago

Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Kasus Korupsi Penambangan Liar Timah di Bangka Belitung

Pernikahan artis Sandra Dewi dan Harvey Moeis sempat menjadi perbincangan publik karena mewah dan bak…

4 weeks ago

Buka Galangan Dana untuk Ibu, Singgih Sahara Salah Gunakan hingga 200 Juta untuk Pribadi

Nama Singgih Sahara, komika asal Semarang, belakangan menjadi sorotan publik lantaran hal yang dilakukannya membuat…

1 month ago