in

Inspirasi Lukisan Nyentrik Truk-truk Pakistan, Bisa Nih Ditiru oleh Orang Indonesia

Transportasi adalah sarana penting yang pastinya membantu mobilisasi masyarakat dari tempat yang satu ke tempat lain. Di Indonesia sendiri, selain kendaraan pribadi, ada angkot, transportasi oline, serta buskota. Sayang, orang-orang kadang tak memilih pergi dengan angkutan tersebut karena fasiltas yang kurang nyaman serta rawan terjadi kejahatan.

Nah, di Pakistan ada Truk pengangkut barang yang penuh warna dan meriah. Truk-truk yang dinamai Jingle Truck ini adalah bukti kreatif dan menjadi ciri khas tersendiri yang jelas tidak dimiliki oleh transportasi di negara manapun.

Jingle Truck di Pakistan [Sumber gambar]
Jika mau kita lihat dari sejarahnya, tradisi dan seni menghias truk ini sudah ada sejak tahun 1920, diperkenalkan oleh pasukan AS yang dikerahkan di Afghanistan. Kala itu, mereka memperkenalkan Bedfords (transportasi truk kecil dengan kap terbuka). Bedfords ini dibuat kabin bundar dan sisi-sisi panel setinggi tujuh kaki yang menjadi truk paling bergengsi dan dapat diandalkan. Kendaraan model ini punya pamor lebih dari satu abad lamanya.

Karena pada masa itu masih banyak orang yang buta huruf, maka di samping hiasan, akan ada logo sebuah perusahaan. Sehingga orang-orang bisa mengenal milik siapa truk tersebut. Namun, lama-kelamaan hias menghias ini menjadi sebuah kompetisi yang mencerminkan kasta para pengemudi truk, semakin ramai hiasan yang ada di truk, semakin kaya para pengemudinya. Terutama pada tahun 1960-an, saat ekonomi Pakistan melonjak drastis.

Sudah ada sejak tahun 1920 [Sumber gambar]
Melansir Vebma.com, sekitar tahun 2005, setiap pengemudi bisa menghabiskan biaya minimal $ 2500, setara dengan rata rata dua tahun gaji pengemudi truk. Mereka membawanya ke bengkel setiap tiga sampai empat tahun untuk pembaharuan ornament yang sudah ada. Kehadiran truk-truk ini juga membuka lowongan pekerjaan baru kepada mereka yang menekuni dunia lukis yang bertugas mempercantik body truk. Ornament yang dihadirkan bisa berupa lukisan murni, gambar anak hingga idola si pemilik truk. Ditambah, kadang ada yang melengkapi kendaraannya dengan gambar tiga dimensi, plus di sisi bawah truk mereka dengan rantai dan lonceng, sehingga menimbulkan suara meriah saat berjalan di jalanan.

Bak Truk Indonesia [Sumber gambar]
Hal ini sebenarnya juga terjadi di Indonesia sih, Sahabat. Menghias bak truk dengan kata-kata mutiara, wajah artis, atau perempuan seksi mungkin sering sekali kamu temukan. Hal ini sebenarnya tak ada salahnya karena bisa menjadi penghibur sekaligus penghilang rasa kantuk para pengemudi yang mungkin berada di belakang atau samping truk. Karena ada kalimat lucu yang kadang bikin tertawa pemakai jalan.

BACA JUGA: 10 Wajah Artis dan Tulisan Kocak di Belakang Truk Ini Dijamin Bikin Senyum-senyum Sendiri

Hanya saja, seni menghias seperti yang dilakukan oleh orang-orang Pakistan mungkin bisa ditiru dan dijadikan inspirasi. Sehingga enggak melulu gambar perempuan seksi atau kata-kata yang kadang membuat gagal fokus saat berkendara. Iya kan?

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Bukan dengan Uang Miliaran, 4 Transfer Unik di Sepak Bola Indonesia Ini Bikin Geleng Kepala

Tak Perlu Ikuti #10YearsChallenge, Dulu Hingga Sekarang Wulan Guritno Wajahnya Enggak Berubah!