Dengan berkembangnya teknologi yang ada sekarang semakin banyak aplikasi yang diciptakan. Salah satu di antaranya adalah aplikasi chatting yang banyak digandrungi anak muda. Maka dari itu, enggak heran kalau di smartphone seseorang pasti terinstal lebih dari satu aplikasi chatting. Lalu yang sudah pasti terinstal di ponsel adalah Whatsapp.

Whatsapp ini banyak digunakan karena ia adalah aplikasi yang paling pertama diciptakan. Selain itu ada alasan lain yaitu sangat ringan dan gampang untuk dimengerti. Nah, aplikasi chatting yang satu ini ternyata punya beberapa rahasia dan enggak banyak orang mengetahui tentang hal tersebut. Hmm.. apa sajakah itu?

1. Bisa atur huruf sesuai keinginan

Terkadang kita sering membutuhkan yang namanya penekanan dalam mengetik teks pada aplikasi chatting. Misalnya aja untuk menjelaskan nama tempat yang harus dicetak tebal supaya mudah untuk dilihat dan diingat. Tapi di beberapa aplikasi tidak menyediakan format penulisan seperti itu sehingga pengguna harus menggunakan cara lain. Tapi, jangan sedih Sahabat Boom karena Whatsapp menyediakan trik khusus supaya tulisan kita bisa dicoret, cetak tebal dan dibuat miring.

Bisa diatur semacam Microsoft Word [Sumber gambar]
Untuk huruf tebal caranya cukup apit tulisan yang ingin diberi format dengan tanda bintang. Contohnya adalah *aku*. Kalau yang ingin bercetak miring caranya hampir sama tapi bedanya yaitu diapit dengan tanda underscore seperti ini –> _aku_. Sedangkan untuk yang bermodel coret caranya diapit dengan tanda ~ seperti berikut –> ~aku~.

2. Jadi tau kapan pesanmu dibaca

Fitur yang satu ini emang khusus untuk orang yang sangat kepo. Karena ini merupakan fitur yang berfungsi untuk mengetahui kapan pesan yang kita kirimkan dibaca oleh penerima. Nah biasanya kalau sudah tau kapan dibaca terus enggak dibalas akhirnya mengakibatkan dia menjadi galau beberapa detik.

Cara cek kapan waktu pesan dibaca [Sumber gambar]
Caranya adalah tekan lama pesan yang ingin diketahui lalu pilih tombol info yang mirip dengan huruf i. Jika sudah, maka akan terlihat waktu dibacanya pesan Sahabat Boom. Tapi fitur ini enggak akan berlaku jika pengaturan laporan dibaca tidak dicentang ya. Kalau tidak dicentang, yang terlihat hanya keterangan sudah dibaca atau belum.

3. Enggak perlu khawatir dengan percakapan yang tak sengaja terhapus

Pasti seseorang memiliki pesan penting yang terdapat pada aplikasi chatting. Entah dengan teman, sahabat, pacar atau yang lainnya. Tapi terkadang kita lupa kalau ada yang penting dan enggak sengaja menghapusnya. Sangat disayangkan banget, belum sempat disimpan tapi sudah hilang duluan. Namun, enggak perlu khawatir Sahabat Boom karena kita bisa kok mengatasi itu dengan jurus jitu yang ada di Whatsapp.

Bisa back up pesan juga [Sumber gambar]
Pertama-tama pilih Setelan kemudian klik menu Chatting. Jika sudah langsung pilih Cadangan Chat atau Chat Backup. Kemudian ada tulisan Cadangkan ke Google Drive atau Back Up to Google Drive lalu pilihlah. Nah, di sana ada beberapa pilihan untuk waktu penyimpanan pesan. Silahkan pilih sesuai kebutuhan ya Sahabat Boom. Dengan begitu kalian enggak perlu khawatir lagi kalau ada pesan penting yang terhapus.

4. Bisa sembunyikan foto profilmu juga lho

Beberapa orang memang malas jika menggunakan foto profil dengan gambar wajahnya sendiri. Itu dikarenakan terkadang banyak orang yang bisa seenaknya mengambil foto profil Sahabat Boom secara diam-diam. Selain itu juga terlalu banyak komentar enggak penting untuk foto kita yang membuat risih.

Bisa sembunyikan foto profil [Sumber gambar]
Untuk itu Whatsapp ternyata sudah membuat pengaturan yang berfungsi menyembunyikan foto profil kita lho Sahabat Boom. Caranya adalah pilih Setelan lalu klik menu Privasi. Kalau sudah, klik bagian Foto Profil dan di situ tersedia beberapa pilihan. Pilih yang sesuai kebutuhhan kalian ya Sahabat Boom.

5. Bosan karena foto dan video dari Whatsapp menumpuk? Bisa diatasi kok

Kekurangan dari aplikasi chatting Whatsapp ini adalah foto dan video yang dikirim ke kita akan selalu menumpuk di bagian galeri handphone. Padahal kita sudah atur sedemikian rupa galeri kita agar terlihat rapi, eh nyatanya nasib berkata lain gara-gara adanya folder foto dan video dari Whatsapp. Memang sih kita bisa membatasinya dengan pengaturan yang tersedia di aplikasi, tapi itu seperti enggak praktis aja.

Cara untuk tidak menyimpan foto dan video dari Whatsapp [Sumber gambar]
Nah, caranya gampang dengan buka File Explorer yang biasanya sudah tersedia di setiap android. Tapi nama dari File Explorer setiap android berbeda-beda ya misalnya untuk Samsung adalah File Saya. Kalau sudah, beralihlah ke folder Whatsapp yang ada di sana setelah itu buat File baru dengan nama .nomedia. Nah, sekarang gambar dan video dari Whatsapp dijamin enggak akan muncul lagi di galeri Sahabat Boom.

Tak disangka kalau aplikasi chatting yang satu ini mempunyai beragam trik khusus yang tersembunyi. Hmm.. dan kabar baiknya sih cara-cara tersebut selain sangat berguna untuk para pemakai juga jarang tersedia di aplikasi lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sahabat Boom ya..